Pesta Gamedev Indie Indonesia, IN.GAME Festival 2016 Hadir Lebih Awal!

IN.GAME Festival 2016

Tahun 2016 bakal “padat” dengan event-event game industri. Usai Global Game Jam 2016, dua bulan lagi siap-siap untuk menghadiri IN.GAME Festival 2016!

IN.GAME Fest 2015, Ini Dia Pestanya Developer Game Indie di Indonesia!

Ajang IN.GAME Fest 2015 benar-benar menjadi ajang pesta bagi para developer game indie di Indonesia. Bagaimana serunya? Simak liputannya!
Baca Juga

Tahun 2015 lalu, developer game indie di Indonesia punya ajang untuk “berpesta” yang baru selain Game Developers Gathering (GDG). Dipelopori oleh komunitas developer game Yogyakarta yang biasa dikenal dengan GameLan dan mendapatkan dukungan dari komunitas developer game indie dari berbagai kota lain seperti Surabaya, Bandung, Malang dan Bali, lahirlah IN.GAME Festival yang rencananya juga akan digelar setiap setahun sekali. IN.GAME Festival ini memiliki format yang sedikit berbeda dibandingkan GDG, dimana event ini benar-benar merupakan tempat bagi developer game indie untuk berpesta, saling memainkan game satu dengan yang lain, dan juga diwarnai dengan game jam.

Tahun lalu, IN.GAME diselenggarakan bersamaan untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia, tepatnya mulai tanggal 13 Agustus hingga 16 Agustus 2015. Dibuka dengan expo selama satu hari penuh, IN.GAME lantas dilanjutkan dengan game jam selama 48 penuh di tiga hari selanjutnya. Untuk tahun ini, rupanya IN.GAME Festival 2016 akan hadir lebih awal, tepatnya di bulan April 2016 mendatang!

Yap, melalui salah satu posting di akun Facebook mereka, IN.GAME Festival 2016 akan digelar pada tanggal 21 hingga 24 April 2016 mendatang masih di Yogyakarta. Sayangnya, sampai saat ini masih belum ada kepastian di mana venue pasti untuk event ini, apakah masih sama di Jogja Digital Valley (JDV) seperti tahun lalu, atau bertempat di venue yang lebih besar. Pun dengan bagaimana format acaranya nanti, apakah masih sama dengan tahun lalu dimana ada sesi expo, sharing dan juga game jam, ataukah ada format baru dalam acara tahun ini.

IN.GAME Festival 2106
Suasana expo IN.GAME tahun 2015 lalu

Tahun lalu, total ada kurang lebih 25 booth dari developer game indie yang meramaikan arena showcase expo yang digelar di hari pertama. Masing-masing studio memamerkan hasil karya mereka, baik yang sudah dirilis di pasar, maupun yang masih dalam bentuk prototipe. Selain berisi developer-developer indie yang sudah senior, IN.GAME tahun lalu juga menjadi ajang unjuk gigi bagi developer yang masih baru berkecimpung di industri game, bahkan ada juga yang masih berstatus sebagai mahasiswa.

IN.GAME Festival 2016

Saat artikel ini ditulis, pendaftaran untuk IN.GAME Festival 2016 masih belum dibuka. Bagi kamu yang kemarin sudah menghasilkan game lewat Global Game Jam 2016, masih ada waktu untuk mempercantik game buatanmu, dan daftarkan game tersebut di IN.GAME Festival 2016. Siapa tahu, game-mu nanti menjadi salah satu game yang berhak tampil di IN.GAME Expo nantinya! Untuk sementara, simak dulu keseruan IN.GAME tahun lalu lewat dua video yang sudah dirilis panitia IN.GAME berikut ini.


SHARE
Previous articleSekuel Inside Out, Ya atau Tidak?
Next articleEkspansi Terbaru The Elder Scrolls Online Ini akan ‘Mengajarkan’ Kamu Mencuri!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.