Survei: Smart TV adalah Perangkat Pintar Paling Banyak Digunakan di Rumah Tangga!

internet of things smart TV

Semakin modern, semakin banyak pula device “pintar” yang ada di sekeliling kita. Menurut survei, selain handphone dan tablet, smart TV ternyata merupakan salah satu yang banyak digunakan!

Survei: Sepertiga Pengguna Smartphone Ternyata Doyan Chatting!

Untuk apa sebagian besar waktu pengguna smartphone atau tablet dihabiskan setiap harinya? Ternyata instant messaging alias aplikasi chatting masih nomor 1!
Baca Juga

Di masa dewasa ini, bukan hanya handphone atau tablet saja yang “pintar”. Banyak smart device lain yang juga banyak digunakan di rumah tangga, yang merupakan bagian dari Internet of Things (IoT) device, alias device yang terkoneksi ke internet dan bisa melakukan lebih banyak hal dibandingkan hanya sekedar fungsi utamanya saja. Namun, apa sih device rumah tangga pintar lain yang banyak digunakan selain smartphone dan tablet?

Menurut hasil survei, Smart TV menduduki peringkat pertama dalam hal device IoT yang banyak digunakan. Survei ini dilakukan oleh Tencent Penguin Intelligence di China, dan hasilnya lebih dari sepertiga (dua dari lima atau 36,6%) responden mengaku punya Smart TV untuk berselancar di internet, atau memiliki set top box untuk mengkoneksikan TV mereka ke jaringan internet.

internet of things smart tv

Di tempat kedua, ada Smart Band yang hanya dimiliki kurang dari sepersepuluh responden, jumlah yang sangat jauh dibandingkan Smart TV di atas. Seperti yang kamu lihat dalam grafik di atas, Android dan Apple Smart Watch berada di urutan tiga dan empat, mengindikasikan bahwa masih banyak orang yang belum menganggap SmartWatch sebagai sebuah device pintar yang penting untuk dimiliki.

Survei ini diperkuat oleh ramalan yang dibuat oleh Beijing All View Cloud Data Technology Company. Menurut ramalan tersebut, di tahun 2020 di China nanti penetrasi Smart TV akan semakin merajalela, mencapai 93% dari total perangkat rumah tangga yang dipakai. Berturut-turut di tempat kedua, ketiga dan keempat ada AC pintar (55% dari total perangkat), mesin cuci pintar (45%) dan kulkas pintar (38%).

internet of things smart tv

Hasil survei mengenai penggunaan device IoT di China ini memang sebanding lurus dengan penjualan para produsennya. Diramalkan oleh iiMedia Research, akhir 2015 kemarin total penjualan device IoT ini mencapai US $121,30 Miliar (sekitar Rp 1.657 triliun!), atau meingkat 21,9% dari hasil penjualan tahun sebelumnya. Data-data ini tentu menarik, dan memperlihatkan bahwa semakin modern kehidupan masyarakat, maka semakin tinggi pula kebutuhan akan device pintar untuk membantu aktivitas mereka sehari-hari. Tentu di masa yang akan datang, akan semakin banyak dan inovatif pula device-device pintar yang akan hadir di pasaran.

internet of things smart tv

Bagaimana denganmu? Apakah di rumahmu saat ini sudah ada salah satu dari device IoT di atas? Share di kolom komentar ya!


SHARE
Previous articleSekuel Fantastic Four Segera Dibuat! Chris Evans Bakal Kembali?
Next articleTerbukti! Batman Ternyata Ada dalam Serial Arrow!
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.