Final Fantasy XV Ceritakan Kembali Dongeng Pangeran Ganteng Menjadi Kodok!

Final-Fantasy-XV-15

Resmi! Tanggal Rilis Final Fantasy XV Baru Dipastikan Tahun 2016 Nanti!

Siapa bilang Final Fantasy XV akan dirilis tahun depan? Yang benar, tanggal rilisnya baru akan dipastikan tahun depan... ! Ah, Square Enix memang jago PHP!
Baca Juga

Square Enix masih belum puas mem-PHP berkepanjangan para gamer penggemar Final Fantasy. Agustus 2015 lalu mereka mengatakan bakal memberikan kepastian kapan Final Fantasy XV dirilis. Namun nyatanya? Nol besar! Hanya saja mereka mengawali awal tahun 2016 dengan sebuah janji release date lainnya, serta akhir Januari 2016 kemarin dengan sesi presentasi streaming Active Time Report terbaru yang membawa beberapa hal baru.

Sebelumnya, Square Enix juga sempat kembali menyinggung mengenai Altissia, kota masif berbasis Venezia dunia nyata yang pertama kali mereka kenalkan akhir Agustus 2015 lalu. Salah satu kota penting Final Fantasy XV tersebut memiliki berbagai lokasi, seperti kafe, restoran, pusat perbelanjaan perlengkapan pasar (karena memang kota ini dikelilingi perairan), serta banyak lokasi yang membuatnya menjadi sangat luas, lengkap dengan beragam karakter unik.

Kalian bisa saja tersesat di sana karena jalanannya yang berliku. Tersedia gondola juga (jadi ingat sarana transportasi yang sama dalam Final Fantasy VII) untuk menikmati pemandangan kota ini! Kita juga mengetahui jika Square Enix bakal menerapkan semacam warp point untuk membantu karakter langsung teleport ke lokasi yang tinggi. Fitur ini nantinya berkaitan dengan sistem pertarungannya, dengan menempatkan beberapa warp point, karakter bisa bertarung sampai di udara melawan musuh yang terbang, atau boss yang ukurannya jauh lebih besar dari mereka.

Kemudian masih berhubungan dengan sistem battle-nya, kalian bebas berganti mode pertarungan selama permainan, untuk mengakomodir tipikal pemain yang lebih suka pertarungan frontal penuh strategi, atau gaya bertarung yang santai dalam menyerang. Dengan demikian kalian bisa nyaman dengan gaya bertarung sendiri.

Final-Fantasy-XV-3

Berlanjut 30 Januari 2016 kemarin, Square Enix menggelar presentasi Active Time Report. Dan kembali, selama ATR ini mereka menjanjikan bakal mengumumkan jadwal rilisnya yang akan digelar melalui sebuah event akhir Maret 2016 mendatang. Semoga saja beneran ya, bukan PHP lagi untuk game yang dikembangkan untuk PlayStation 4 dan Xbox One ini. Adapun beberapa hal baru yang kami temui selama ATR antara lain sebagai berikut:

Salah satu screenshot barunya memperlihatkan Noctis bertarung melawan Magitek Armor... ada hubungan apa dengan Final Fantasy VI?
Salah satu screenshot barunya memperlihatkan Noctis bertarung melawan Magitek Armor… ada hubungan apa dengan Final Fantasy VI?

Final Fantasy XV Active Time Report

Ada dua disiplin ilmu sihir dalam dunia Final Fantasy XV, elemental magic dan ring magic. Ring magic baru bisa digunakan setelah mencapai titik tertentu di tengah cerita, serta hanya oleh pemegang royal ring milik Lucis, yang diwariskan kepada keturunannya. Disebutkan salah satu jenisnya adalah Light magic.

Elemental magic terdiri dari Fire, Blizzard, dan Thunder. Salah satu contohnya sihir api yang dilancarkan Noctis pada Magitek di atas. Serangannya memiliki efek yang bervariasi, berdasarkan kondisi cuaca dan lingkungan. Misalnya, obyek tertentu, termasuk padang rumput, bisa terbakar ketika karakter menggunakan sihir Fire. Kuat, namun dengan efek area yang berisiko juga membakar rekan kalian sendiri.

Ketika menggunakan Thunder selama hujan, maka efek kerusakan dan jangkauannya bertambah. Atau jika kalian melancarkan Blizzard di dekat area berair, maka genangan tersebut membeku, berimbas pada gerakan monster (dan karakter tentunya) melambat ketika berada di atas es. Bahkan monster bisa membeku dan tewas jika berada di dalam air membeku.

Selama ATR Square Enix melalui sutradara Hajime Tabata juga menjelaskan bagaimana karakter bakal menggunakan aksi stealth / mengendap-endap selama menyusup ke dalam markas musuh.
Selama ATR Square Enix melalui sutradara Hajime Tabata juga menjelaskan bagaimana karakter bakal menggunakan aksi stealth / mengendap-endap selama menyusup ke dalam markas musuh.

Elemental magic digambarkan sebagai item. Bukan semacam sihir berbasis item Final Fantasy jadul yang bebas dibeli di toko penyihir, namun Elements eksis pada banyak lokasi di dunia, dan merupakan jenis tenaga dalam dunia Final Fantasy XV yang bisa kalian kumpulkan, untuk membuat sihir dan menyimpannya sebagai bagian penting inventory. Mereka kemudian juga bisa dipasang sebagai item bersama senjata, dan digunakan selama bertarung.

Jangan sembarangan main api di sini...
Jangan sembarangan main api di sini…

Tujuan mengenalkan sistem sihir baru dalam Final Fantasy XV ini adalah untuk mendorong kalian jenis sihir tertentu di lokasi yang berbeda, dan melihat atau menemukan apa efeknya. Juga disinggung jika sihir Toad kembali di sini, dan musuh bisa saja mengubah Noctis menjadi katak. Bisa ngebayangin, bagaimana jika seorang pangeran ganteng seperti Noctis menjadi seekor katak…

Jangan ketinggalan dengan informasi mengenai Final Fantasy XV, buka kembali ulasan kami sebelumnya:


SHARE
Previous articleTerbukti! Batman Ternyata Ada dalam Serial Arrow!
Next articleSatu Lagi Cewek Cantik Seksi Bertambah, Pasti Buat Kalian Pengen Mainin FF15!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.