5 Tips Menghemat Kuota Internet di HP agar tidak Cepat Habis!

tips menghemat kuota internet HP

Berikut ada tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet di HP agar tidak cepat habis!

Cara Root HP Android Termudah tanpa Menggunakan PC!

Root HP Android bisa dibilang susah-susah gampang. Baca dengan seksama instruksi di dalam ya sebelum nge-root!
Baca Juga

Penggunaan Smartphone yang berfasilitas internet menjadi kebutuhan primer bagi hampir semua kalangan profesi dan usia. Bahkan, ketika jaringan internet pada Smartphone bermasalah atau kuota internet habis, menjadi dilema tersendiri bagi para pengguna Smartphone. Sayangnya, sebagian besar pengguna Smartphone seringnya boros dalam pemakaian kuota internet. Padahal, harga kuota internet tidaklah murah. Terlebih jika kecepatan koneksinya terbilang ‘excellent’. Sudah pasti penggunannya akan semakin sering dan dampaknya adalah penggunaan kuota internet yang semakin boros. Nah, agar penggunaan kuota internet Anda dapat dikontrol dengan baik,  berikut 5 tips menghemat kuota internet untuk Smartphone:


1

Gunakan browser Chrome dibandingkan dengan browser-browser lain


tips menghemat kuota internet HP

Mengapa harus Chrome? Karena dengan menggunakan browser Chrome, Anda dapat memangkas penggunaan kuota internet di Smartphone Anda. Caranya yaitu dengan mengaktifkan fitur Data Saver lalu silahkan pilih menu Setting>Data Saver>ON. Dengan mengaktifkand Data Saver, fitur ini akan mengompres kuota internet Anda hingga 50 persen. Hebat, bukan?


2

Matikan Opsi Sinkronisasi yang tidak dibutuhkan


tips menghemat kuota internet HP

Cara menon-aktifkan opsi sinkronisasi yaitu dengan membuka menu Settings>Accounts>pilih akun yang tidak ingin digunakan. Cara ini cukup ampuh untuk menghemat kuota internet pada Smartphone Anda karena fitur sinkronisasi yang sudah Anda matikan tadi tidak akan lagi tersambung dengan jaringan internet.


3

Matikan Mobile Data saat tidak diperlukan


tips menghemat kuota internet HP

Ada kalanya kita tidak menggunakan kuota internet seperti saat kita akan beristirahat di malam hari atau saat jaringan/ sinyal pada Smartphone Anda terbatas atau bahkan tidak ada sinyal. Cara ini sungguh efektif untuk menghemat kuota internet pada ponsel pintar Anda. Bila perlu, lakukan cara ini secara rutin dan aktifkan peringatan untuk mematikan Mobile Data di malam hari. Cara lainnya yaitu dengan membatasi  penggunaan data internet dengan cara mengaktifkan fitur Data Usage Warning atau Limit System. Kedua fitur ini akan memberi notifikasi kepada Anda ketika Anda memakai paket data terlalu banyak/ melampaui batas. Cara mengaktifkanya cukup mudah. Silahkan masuk ke menu Settings>Data Usage>Cellular Data> Set Cellular Data Limit. Lalu tap agar aktif.


4

Identifikasi aplikasi yang diklaim menyedot banyak kuota data


tips menghemat kuota internet HP
Facebook lite, solusi pengganti Facebook bawaan yang lebih hemat kuota

Aplikasi-aplikasi di dalam Smartphone memang dibuat untuk memberi para penggunanya kemudahan dalam hal apa saja. Hanya saja tak sedikit aplikasi yang ternyata menguras banyak penggunaan data internet. Untuk mengetahui aplikasi mana saja yang menyedot banyak kuota data, Anda bisa lakukan Settings>Data Usage lalu lihat ke bawah hingga Anda menemukan pilihan uninstall aplikasi tersebut. Anda boleh mengganti aplikasi tersebut dengan aplikasi baru dengan fungsi atau manfaat yang serupa dengan aplikasi yang terdahulu namun lebih hemat kuota data.


5

Batasi kuota data pada aplikasi-aplikasi tertentu dan batasi update aplikasi


tips menghemat kuota internet HP

Ada beberapa aplikasi yang memiliki pilihan sinkronisasi dan opsi penggunaan datanya sendiri. Nah, Anda bisa manfaatkan kedua opsi ini. Google Photos, contoh aplikasi yang ingin Anda batasi penggunaan kuota datanya, Anda bisa lakukan pembatasan kuota data dengan cara masuk ke menu Settings> BackUp & Sync lalu lihat opsi penghematan data. Kemudian jika Anda memiliki aplikasi-aplikasi yang diunduh dari Playe, aplikasi-aplikasi tersebut biasanya akan update secara otomatis. Proses update seperti ini tentunya akan memakan kuota data yang tak kecil. Namun tak perlu khawatir, Anda tetap dapat menghemat kuota Anda dengan cara mengaktifkan pilihan WiFi Only. Aplikasi-aplikasi yang update secara otomatis hanya akan update dengan sendirinya ketika Smartphone Anda sedang terhubung dengan WiFi. Cara mengaktifkan opsi ini, cukup pilih menu Settings > Auto-Update Apps > Auto-Update Apps Over WiFi Only. Mudah bukan?


SHARE
Previous articleAyo Berguling-guling Bersama Roll Kitty Roll di Mobile-mu
Next articleWar of the Lions Kembali Berkobar di Arena Dissidia Final Fantasy Arcade