Zoya Jilbab Pertama Bersertifikasi Halal, Gimana Nasib Jilbab Lainnya?

Lah memangnya ada Jilbab yang haram?

duniaku

Zoya Jilbab pertama yang bersertifikasi halal. Memangnya ada Jilbab haram?

Alhamdulillah sebuah kabar gembira hadir di dunia busana muslim. Brand busana muslim Zoya mengumumkan bahwa koleksi kerudungnya telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hal ini diumumkan melalui sosial media seperti Instagram, dimana brand yang berada di bawah naungan PT Shafco tersebut mengunggah foto yang menampilkan tulisan dengan judul ‘Kerudung Bersertifikat Halal Pertama di Indonesia’ dan Laudya Chynthia Bella sebagai brand ambassador-nya. Dengan sertifikasi dari MUI ini, berarti Zoya jilbab pertama yang bersertifikat halal.

[embedly url=”https://www.instagram.com/p/BAOKHvCAFgx/”]

Bisa dilihat dalam caption postingan tersebut, akun resmi Zoya jilbab bernama @zoyalovers itu menulis, “Alhamdulillah Zoya mendapatkan sertifikat dari MUI sebagai kerudung halal pertama di Indonesia.”

Dalam postingan tersebut, pihak Zoya juga menjelaskan adanya kain yang halal dan ada juga kain yang haram. Kain yang haram dijelaskan bahwa jika kain itu menggunakan bahan tekstil (emulsifer) gelatin babi. Sedangkan Zoya jilbab yang menggunakan emulsifer tumbuhan dan diperkuat dengan sertfifikat halal dari MUI. Padahal produk jilbab lainnya belum ada sertifikasi halalnya.

zoya jilbab (1) zoya jilbab (1)

Dengan sertifikasi halal ini, Zoya jilbab pun pulai mengasungkan sertifikasi halal ini di berbagai media promosi mereka. Tagline utamanya menjadi: “Zoya. Cantik. Nyaman. Halal.” Selain pada akun instagram, terlihat juga logo halal dalam banner iklan di media sosial. Bahkan dalam sebuah papan reklame, terdapat caption “Yakin Hijab yang Kita Gunakan Halal?”

[embedly url=”https://www.instagram.com/p/BAMOwREgFsn/”]

Persoalan ‘jilbab halal’ ini menimbulkan reaksi di media sosial. Contohnya lewat Twitter, tidak sedikit yang mempertanyakan apakah memakai jilbab yang mengantongi sertifikasi halal menjadi sebuah keharusan bagi muslimah yang berhijab.

https://twitter.com/pemudamerah/status/694715218878865409

Sedangkan meme-meme mengenai jilbab halal pun mulai bermunculan. Gak nanggung-nanggung hingga melibatkan Nazgul dan Kylo Ren segala!

zoya jilbab (3)

Ya, gak ada yang bilang kalo para Nazgul itu cantik, sih…

zoya jilbab (2)

Kalaupun Kylo Ren mengenakan jilbab halal, toh percuma juga karena ia sudah terlalu jauh terjerumus ke dalam sisi gelap the Force.

Kalau kain jilbab saja ada sertifikasi halal-nya, berarti produk busana lainnya seperti baju, bra, celana dalam, jaket, apa perlu juga disertifikasi halal? Apa selama ini pakaian yang kita kenakan diragukan kehalalannya?

Padahal ada yang lebih urgensi untuk mendapatkan sertifikasi halal terutama bagi konsumen muslim di Indonesia. Misalnya saja sertifikasi halal untuk makanan ringan, makanan di berbagai restoran waralaba, dan lainnya.

 

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial ...kalo katanya Ivan Lanin