Lima Hari Jelang Berakhir, Kampanye Kickstarter ChemCaper Sukses Capai Target!

Lima hari sebelum kampanye berakhir, game ini sudah meraup Rp 700 juta di Kickstarter!

Lima Hari Jelang Berakhir, Kampanye Kickstarter ChemCaper Sukses Capai Target!

Lima Hari Jelang Berakhir, Kampanye Kickstarter ChemCaper Sukses Capai Target!

Kabar gembira datang dari proyek kolaborasi developer Malaysia - Indonesia dalam ChemCaper: Act I - Petticles in Peril. Lima hari jelang kampanye Kickstarter ChemCaper berakhir, game yang dikembangkan oleh Ace EdVenture (Malaysia) dan Artoncode (Indonesia) ini akhirnya berhasil mencapai, bahkan melebihi target yang dicanangkan!

[read_more id="237283"]

ChemCaper berhasil mencapai target US $50,000 atau sekitar Rp 700 juta yang dicanangkan dengan sisa lima hari sebelum kampanyenya berakhir. Saat artikel ini ditulis, ChemCaper sudah mengumpulkan US $51,333 dari total 868 backer yang mendukung kampanye Kickstarter game ini. Selain di Kickstarter, kampanye Steam Greenlight dari game ini pun juga sukses, dimana game ini berhasil mendapatkan status Greenlit dari Steam hanya dalam waktu 10 hari saja sejak pertama kali kampanyenya digelar. Dengan status Greenlit ini, tentu saja versi PC dari ChemCaper nantinya akan dirilis via Steam.

Pertama kali kami mendengar berita mengenai ChemCaper adalah saat konferensi pers yang dilakukan Ace EdVenture bersama dengan Artoncode Indonesia di Indonesia Game Show (IGS) 2014 lalu. Pada saat itu, Ace EdVenture mengkonfirmasikan bahwa mereka tengah mengembangkan sebuah Lima Hari Jelang Berakhir, Kampanye Kickstarter ChemCaper Sukses Capai Target!

Dengan mengusung gameplay edukasi kimia yang dibalut dengan RPG, ChemCaper pun sukses mendapatkan dukungan dari banyak pihak, seperti HeadUp Games (developer dari Limbo), Obsidian Entertainment (developer Pillars of Eternity), Indieformer dan Geekdad. Bukan hanya itu, selama masa kampanye Kickstarter yang dimulai pada pertengahan Januari 2016 kemarin, ChemCaper juga mendapatkan banyak achievement menarik, seperti dipilih menjadi salah satu "Project We Love" oleh tim Kickstarter hanya dalam waktu 36 jam sejak memulai kampanye, dan terpilih menjadi satu diantara Lima Hari Jelang Berakhir, Kampanye Kickstarter ChemCaper Sukses Capai Target!

Kampanye Kickstarter ChemCaper ini sendiri adalah untuk versi PC-nya. Sedangkan untuk versi mobile, rencananya ChemCaper: Act I - Petticles in Peril akan dirilis pada bulan Maret 2016 mendatang bersamaan dengan perhelatan Game Developer Conference (GDC) 2016. Nantinya, para backer akan mendapatkan versi mobile ini secara gratis saat dirilis untuk iOS dan Android. Versi PC yang dikampanyekan dalam Kickstarter ini sendiri rencananya akan dirilis pada kuartal pertama tahun 2017 mendatang.

Seperti apa sih ChemCaper ini? Dengan tagline sebagai RPG edukasi Kimia pertama di dunia, ChemCaper tampak ingin menggabungkan unsur-unsur dari gameplay RPG dengan mata pelajaran Kimia yang sangat kental. ChemCaper sendiri dimainkan seperti tipikal RPG. Kamu akan bertualang, bertarung melawan boss(menggunakan sistem turn-based Active Time Battle ala Final Fantasy), menaikkan level, dan mendapatkan skill yang akan membantu dalam memulihkan dunia Reac Ta yang menjadi setting dari game ini.

Nuansa pelajaran Kimia benar-benar terasa di setiap aspek dari game ini. Contohnya saja, dunia dari ChemCaper sendiri dibuat menyerupai model dari tabel periodik, yang mungkin akan sangat membantumu dalam menghafal tabel tersebut. Selain itu, ada juga berbagai mini game seperti membuat ramuan yang dijanjikan bisa membuatmu belajar mengenai berbagai reaksi kimia yang ada di bumi ini, dengan cara yang lebih menyenangkan tentunya.

Lima Hari Jelang Berakhir, Kampanye Kickstarter ChemCaper Sukses Capai Target!

Kamu masih bisa mendukung kampanye Kickstarter dari ChemCaper mengingat masih ada lima hari tersisa sebelum kampanyenya berakhir. Untuk menjadi backer, kamu cukup kunjungi halaman resmi Kickstarter-nya melalui widget di bawah ini.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU