Lima Hari Jelang Berakhir, Kampanye Kickstarter ChemCaper Sukses Capai Target!

kampanye kickstarter chemcaper

Kabar gembira datang dari proyek kolaborasi developer Malaysia – Indonesia dalam ChemCaper: Act I – Petticles in Peril. Lima hari jelang kampanye Kickstarter ChemCaper berakhir, game yang dikembangkan oleh Ace EdVenture (Malaysia) dan Artoncode (Indonesia) ini akhirnya berhasil mencapai, bahkan melebihi target yang dicanangkan!

Kampanye Kickstarter dan Greenlight ChemCaper Dimulai, Inilah RPG Edukasi Kimia Pertama di Dunia!

ChemCaper, RPG edukasi Kimia pertama di dunia ini sudah memulai kampanye Kickstarter dan Steam Greenlight-nya! Ayo kita dukung kampanyenya!
Baca Juga

ChemCaper berhasil mencapai target US $50,000 atau sekitar Rp 700 juta yang dicanangkan dengan sisa lima hari sebelum kampanyenya berakhir. Saat artikel ini ditulis, ChemCaper sudah mengumpulkan US $51,333 dari total 868 backer yang mendukung kampanye Kickstarter game ini. Selain di Kickstarter, kampanye Steam Greenlight dari game ini pun juga sukses, dimana game ini berhasil mendapatkan status Greenlit dari Steam hanya dalam waktu 10 hari saja sejak pertama kali kampanyenya digelar. Dengan status Greenlit ini, tentu saja versi PC dari ChemCaper nantinya akan dirilis via Steam.

Pertama kali kami mendengar berita mengenai ChemCaper adalah saat konferensi pers yang dilakukan Ace EdVenture bersama dengan Artoncode Indonesia di Indonesia Game Show (IGS) 2014 lalu. Pada saat itu, Ace EdVenture mengkonfirmasikan bahwa mereka tengah mengembangkan sebuah game edukasi kimia berjudul ChemQuest, dengan bantuan Artoncode Indonesia. Lambat laun, ChemQuest pun akhirnya berubah judul menjadi ChemCaper, dan mulai aktif dipamerkan di berbagai event, mulai dari Game Developer Conference 2015 hingga Tokyo Game Show 2015 lalu.

kampanye kickstarter chemcaper

Dengan mengusung gameplay edukasi kimia yang dibalut dengan RPG, ChemCaper pun sukses mendapatkan dukungan dari banyak pihak, seperti HeadUp Games (developer dari Limbo), Obsidian Entertainment (developer Pillars of Eternity), Indieformer dan Geekdad. Bukan hanya itu, selama masa kampanye Kickstarter yang dimulai pada pertengahan Januari 2016 kemarin, ChemCaper juga mendapatkan banyak achievement menarik, seperti dipilih menjadi salah satu “Project We Love” oleh tim Kickstarter hanya dalam waktu 36 jam sejak memulai kampanye, dan terpilih menjadi satu diantara 5 proyek Kickstarter pilihan di bulan Januari.

Untuk Artoncode Indonesia sendiri, ChemCaper ini menandai kesuksesan kedua mereka dalam kampanye Kickstarter dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Sebelumnya, mereka juga meraih kesuksesan dalam kampanye Kickstarter Winterflame: The Other Side dengan mendapatkan total Rp 750 juta.

kampanye kickstarter chemcaper

Kampanye Kickstarter ChemCaper ini sendiri adalah untuk versi PC-nya. Sedangkan untuk versi mobile, rencananya ChemCaper: Act I – Petticles in Peril akan dirilis pada bulan Maret 2016 mendatang bersamaan dengan perhelatan Game Developer Conference (GDC) 2016. Nantinya, para backer akan mendapatkan versi mobile ini secara gratis saat dirilis untuk iOS dan Android. Versi PC yang dikampanyekan dalam Kickstarter ini sendiri rencananya akan dirilis pada kuartal pertama tahun 2017 mendatang.

Seperti apa sih ChemCaper ini? Dengan tagline sebagai RPG edukasi Kimia pertama di dunia, ChemCaper tampak ingin menggabungkan unsur-unsur dari gameplay RPG dengan mata pelajaran Kimia yang sangat kental. ChemCaper sendiri dimainkan seperti tipikal RPG. Kamu akan bertualang, bertarung melawan boss(menggunakan sistem turn-based Active Time Battle ala Final Fantasy), menaikkan level, dan mendapatkan skill yang akan membantu dalam memulihkan dunia Reac Ta yang menjadi setting dari game ini.

Nuansa pelajaran Kimia benar-benar terasa di setiap aspek dari game ini. Contohnya saja, dunia dari ChemCaper sendiri dibuat menyerupai model dari tabel periodik, yang mungkin akan sangat membantumu dalam menghafal tabel tersebut. Selain itu, ada juga berbagai mini game seperti membuat ramuan yang dijanjikan bisa membuatmu belajar mengenai berbagai reaksi kimia yang ada di bumi ini, dengan cara yang lebih menyenangkan tentunya.

kampanye kickstarter chemcaper

Kamu masih bisa mendukung kampanye Kickstarter dari ChemCaper mengingat masih ada lima hari tersisa sebelum kampanyenya berakhir. Untuk menjadi backer, kamu cukup kunjungi halaman resmi Kickstarter-nya melalui widget di bawah ini.


SHARE
Previous articlePrihatin Dengan Kondisi Sumatera, Leonardo DiCaprio Ingin ‘Blusukan’ Ke Indonesia
Next articleJepang Buat Anime Untuk Atasi Kemacetan Jakarta!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.