Batavian Studio Tutup, Pengembangan Grimm Odds Dibatalkan

batavian studio tutup

Kabar mengejutkan datang dari industri game Indonesia. Batavian Studio, salah satu studio game paling menjanjikan di Indonesia secara tiba-tiba ditutup, dan pengembangan Grimm Odds pun dibatalkan. Apa yang menyebabkan Batavian Studio tutup?

10 Game Indonesia Paling Ditunggu di 2016

Ada banyak game Indonesia yang disiapkan untuk dirilis pada 2016. Apa saja game Indonesia paling ditunggu di 2016? Berikut 10 game pilihan Duniaku!
Baca Juga

Batavian Studio. Nama studio yang satu ini memang belum lama terdengar di industri game Indonesia, tepatnya kurang lebih baru satu tahun. Nama Batavian Studio terus melejit setelah dalam GDG Prime 2015 lalu di Bandung, dimana mereka memamerkan game AAA yang tengah dikembangkannya, Grimm Odds sekaligus membuka lowongan bagi para developer Indonesia untuk bergabung. Bahkan Grimm Odds yang ber-genre FPS adventure dengan bumbu survival ini pun kami tasbihkan menjadi salah satu game Indonesia paling menjanjikan yang siap dirilis tahun 2016 ini juga.

Sayang, sekarang semuanya hanya kenangan belaka. Batavian Studio yang baru terbentuk kurang lebih satu tahun setengah ini secara mengejutkan ditutup, yang menyebabkan pengembangan Grimm Odds dibatalkan. Apa yang sudah terjadi?

Kabar Batavian Studio tutup ini disampaikan Marketing Manager Batavian Studio dengan inisial IT dalam posting blog terakhir mereka. Dalam posting berjudul One Final Post tersebut, IT mengungkapkan bahwa Batavian Studio tutup per tanggal 13 Januari 2016 karena sebuah peristiwa yang tidak mereka duga-duga sebelumnya. Sayang, IT tidak membeberkan secara detail apa peristiwa tersebut, namun dia menyebut peristiwa tersebut dengan sebuah peristiwa dan masalah yang benar-benar mengejutkan studio mereka. Saat kami menelusuri halaman resminya, domain Batavian Studio pun juga sudah menghilang. Hanya menyisakan domain blog dan juga Grimm Odds saja.

batavian studio tutup

Masih dalam posting yang sama, IT sendiri mengungkapkan bahwa sebelum ditutup mereka sudah menyelesaikan sebuah versi terbaru Grimm Odds yang akhirnya mereka tunjukkan ke beberapa pakar industri game dunia. Bahkan, mereka dikabarkan bakal segera mendapatkan publishing deal dari salah satu publisher game AAA untuk Grimm Odds ini. Namun sayang, adanya masalah dan peristiwa yang mengejutkan ini membuat mereka harus mengubur mimpi-mimpi mereka tersebut.

Di akhir posting-nya, IT juga mengungkapkan bahwa sebenarnya Batavian Studio memiliki tim dengan potensi yang hebat di Indonesia. Dan mungkin saja, dalam beberapa waktu yang akan datang, Grimm Odds akan dibangkitkan kembali oleh tim yang sama -entah masih mengusung nama Batavian Studios kembali, atau dengan nama tim yang baru. Berikut adalah sedikit kutipan dari pernyataan resmi penutupan Batavian Studio ini.

… As of January 13, 2016, Batavian Studio is closed and in the interest of our own standards of professionalism, we shall not go into detail regarding the events that transpired – except to say that we were caught entirely by surprise.

To my dear former colleagues from the studio, I hope you read this and know that I have spent every day since I started there in awe. I was in awe at the scale of what we were trying to do, and moreover, I was in awe that it was actually happening. Your talents made the game great while your openness and chemistry turned our studio into a real gem.

To our fans in Indonesia and around the world, I’m sorry that I cannot not make the press release that was intended a few weeks from now. I’ve spent so much of the past year trying to downplay what we were doing to avoid over promising and hyping Grimm Odds – but to hell with it.

Grimm Odds, is an amazing game, and it is something that everyone involved can be proud of. The team that created it are the best that has ever been assembled in Indonesia, and we were mere days away from signing a AAA publishing deal – and who knows, the team may yet reassemble again soon.

Batavian Studio Tutup

Kabar yang sangat disayangkan mengingat game ini memiliki potensi yang sangat hebat untuk meramaikan industri game, bukan hanya di Indonesia akan tetapi di dunia dengan didukung nama-nama besar di balik layarnya. Semoga kabar Batavian Studio tutup ini tidak serta merta “mengubur” Grimm Odds untuk selamanya, dan game ini bisa dibangkitkan suatu saat nanti…

Selamat jalan, Batavian Studio


SHARE
Previous articleKamen Rider Battride Genesis Perkenalkan 10 Heisei Rider Playable-nya
Next articleNikmati Petualangan Roguelike Futuristik Dalam Space Grunts
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.