Nge-Crack Game PC Semakin Susah, Grup Pembajak Terbesar 3DM Pensiun!

crack game pc 3dm pensiun

Membuat crack game PC untuk game-game terbaru saat ini sangat sulit. Karena itu, salah satu grup pembajak game PC terbesar di China dan dunia, 3DM memutuskan pensiun!

Dua Tahun Lagi, Bakal Tidak Ada Game PC Bajakan. Benarkah?

Dalam kurun waktu dua tahun lagi, download game PC bajakan tidak akan ada lagi. Bagaimana, sudah siap bermain game PC original dan beralih ke Steam?
Baca Juga

Usia game PC bajakan diramalkan tinggal dua tahun lagi. Yang meramal pun bukan sembarangan, salah satu forum pembajak game PC terbesar di China bahkan di dunia, 3DM. Penyebabnya, mereka sudah hampir putus asa dalam membuat crack game-game PC terbaru yang dirilis dalam beberapa bulan belakangan, seperti FIFA 16 dan Just Cause 3. Keduanya disebut menggunakan sistem enkripsi dua tingkat bernama Denuvo, yang sampai detik ini tidak bisa dipecahkan 3DM.

Entah karena frustasi tidak bisa membongkar proteksi Denuvo, atau mungkin karena alasan lainnya, sebulan setelah meramalkan hal tersebut 3DM memberikan kabar yang cukup mengejutkan. Mereka mengkonfirmasikan bahwa mereka akan berhenti dari aktivitas pembajakan dan pembuatan crack game PC, paling tidak selama satu tahun ke depan!

Hal ini disampaikan oleh salah satu founder mereka yang lebih dikenal dengan nama Bird Sister atau Phoenix, keputusan pensiun dari dunia game bajakan adalah keputusan mereka setelah melakukan rapat internal. “Kami sudah melakukan rapat internal. Mulai Tahun Baru Imlek, 3DM tidak akan lagi membuat crack untuk game single player apapun,” tulis Bird Sister seperti dikutip dari TorrentFreak.

crack game pc denuvo 3dm pensiun
Bird Sister

Yang pensiun membuat crack hanya 3DM saja. Namun, mereka tetap membuka pintu forum bagi grup-grup hacker dan pembajak game lain di seluruh dunia untuk mem-posting “hasil kerja” mereka di forum tersebut. “Crack-crack yang dibuat oleh grup warez lain akan tetap diposting di forum, dan kami akan membuat persetujuan tertentu akan hal ini,” lanjut Bird Sister.

Bird Sister juga menambahkan, bahwa mereka akan pensiun dari aktivitas pembuatan crack game PC kurang lebih selama satu tahun. Tujuannya untuk melihat, apakah dengan berhentinya aktivitas pembajakan yang mereka lakukan, penjualan game original bisa meningkat atau justru sebaliknya. Tahun depan, mereka akan kembali mengevaluasi hasilnya, dan mungkin saja merevisi keputusan yang sudah mereka ambil. Dengan kata lain, 3DM pasti tidak akan merilis crack game PC untuk satu tahun ke depan, namun setelah itu mungkin saja mereka akan melanjutkan aktivitas mereka kembali.

crack game pc denuvo 3dm pensiun
Rise of the Tomb Raider, versi PC-nya sampai sekarang belum bisa di-crack karena juga pakai Denuvo

Habiskan Angpao! Steam Gelar Pesta Diskon Sambut Tahun Baru Imlek!

Pesta diskonan game PC Steam Lunar New Year Sale bakal memeriahkan Tahun Baru Imlek-mu. Siap menghabiskan angpao untuk beli game-game original di Steam?
Baca Juga

Seperti yang sudah kami informasikan sebelumnya, teknologi Denuvo yang diimplementasikan oleh Square Enix dan EA sudah membuat para hacker dan cracker di seluruh dunia pusing tujuh keliling. 3DM yang notabene adalah grup paling handal dalam aktivitas ini pun sudah frustasi dan putus asa. Jadinya, sampai saat ini belum ada crack yang bisa menembus proteksi dari Denuvo tersebut. Teknologi ini pun sepertinya akan terus digunakan developer dan publisher, termasuk salah satu game PC yang baru saja dirilis Rise of the Tomb Raider yang notabene masih “satu keluarga” dengan Just Cause 3, sama-sama dari Square Enix.

Sinyal game PC bajakan akan menemui ajalnya sudah mulai terdengar kencang saat ini. Jadi sudah saatnya kamu meninggalkan game PC bajakan, dan mulai beralih ke game original sekarang, mumpung saat ini Steam juga masih menggelar pesta diskonan Lunar New Year Sale, dimana hanya dengan Rp 50.000 saja kamu sudah bisa mendapatkan banyak game-game PC original.

Bagaimana pendapat kalian mengenai langkah dari 3DM ini?


SHARE
Previous articleIklan Batman V Superman – Kunjungi Gotham dan Metropolis dengan Turkish Airlines!
Next articleChanning Tatum Hampir Mendapatkan Peran dalam Film Fast & Furious!
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.