Spesifikasi Galaxy A9 Buktikan Jika Samsung Ga Cuma Bisa Buat Android yang Nanggung!

Spesifikasi Galaxy A9 1

Samsung, salah satu vendor ternama di dunia yang sudah merilis ratusan smartphone yang berkualitas tinggi (namun terkadang harganya selangit) baru-baru ini mereka merilis jajaran smartphone terbarunya di seri A, yang mengajukan beberapa anggota, termasuk penerus seri lama (yang diperbarui dikit-dikit saja fiturnya), dan juga ada yang baru. Satu seri yang cukup menyita perhatian adalah Samsung Galaxy A9, penerus seri Galaxy A8. Smartphone tersebut memiliki tubuh yang terlihat menawan, cakep dan terlihat keren.

Sekilas, mungkin kalian akan merasa model Samsung Galaxy A9 ini sama seperti smartphone Galaxy A Samsung sebelumnya, lengkap dengan keempat ujung tubuhnya yang sedikit menonjol. Namun tentu saja, ada beberapa perbedaan yang tentunya menonjol di smartphone yang satu ini, selain layarnya yang memang pantas masuk ke ranah tablet, dan tentu saja, harganya, yang pasti bakal ditawarkan lebih mahal dibandingkan seri Galaxy A8 Samsung saat ini yang masih menduduki puncak seri A termahal (dijual sekitar Rp. 6,5 jutaan ketika pertama kali dirilis).

Namun kita jangan melihat dari harganya saja, kita juga harus melihat dari spesifikasi yang ditawarkan oleh Samsung untuk Samsung Galaxy A9 ini. Dan berikut adalah spesifikasi Galaxy A9.

Spesifikasi Galaxy A9 2

Spesifikasi Samsung SM-A9000 Galaxy A9

  • Chipset: Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652
  • Prosesor: 64-bit Quad-core 1.8 GHz Cortex-A72 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 510
  • Memory: 3GB RAM
  • Operation System: Android Lollipop 5.1.1 dengan TouchWiz UI (direncanakan mendapatkan upgrade ke versi 6.0 Marshmallow)
  • Memori Internal: 32GB
  • Memori Eksternal: MicroSD (hingga 128GB)
  • Layar: 6-inchi Super AMOLED Full HD 1080 x 1920 pixel dengan kerapatan pixel 367-ppi, perlindungan dari Gorilla Glass 4
  • Dimensi: 161.7 x 80.9 x 7.4 mm, panel belakang juga berpelindung Gorilla Glass 4
  • Berat: 200 gram
  • Kamera Utama: 13-megapixel, dengan bukaan lensa f/1.9, autofocus, LED flash, OIS Optical Image Stabilizer, ukuran sensor 1/3″ dan memiliki ukuran pizel 1.12 µm yang besar, merekam video hingga resolusi Full HD
  • Kamera Sekunder: 8 MP, f/1.9, merekam video hingga resolusi Full HD
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (dual-band, WiFi Direct, hotspot), Bluetooth v4.1 (dengan A2DP EDR LE), GPS dengan A-GPS (mendukung GLONASS/Beidou), NFC, microUSB v2.0 mendukung USB OTG dan USB Host
  • Sensor: Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Jaringan: Dual SIM mendukung kecepatan 4G LTE
  • Baterai: 4000 mAh yan mendukung fitur fast charging
  • Opsi Lain: Ada Radio FM (sesuatu yang sudah kerap dibuang di dalam Android Samsung akhir-akhir ini)

Bagaimana? Kalian pasti sudah bisa melihat apa saja keunggulan Galaxy A9 ini dari list spesifikasinya di atas. Mulai dari layarnya yang sudah menggunakan material Super AMOLED, terkenal dingin dan memiliki kontras warna tinggi, serta tetap jelas digunakan di luar ruangan. Dimensi layarnya juga sangat lebar, untuk multimedia, dan juga main game pasti sangat nyaman. Kemudian chipset-nya juga yang terbaru dari Qualcomm, didukung GPU baru yang sepertinya cukup memadai untuk menjalankan game-game papan atas.

Spesifikasi Galaxy A9 3

Kita juga tidak bisa berpaling pada kameranya, dengan diafragma yang sangat lebar, dipastikan kalian mendapatkan hasil foto yang bagus di kondisi ruangan minim cahaya. Apalagi ada OIS di sana, yang membantu selama melakukan pemotretan tanpa tripot agar tidak ngeblur, termasuk juga ketika mengambil foto dalam kondisi minim cahaya agar hasilnya pun tetap tajam. Oh ya, kita juga mempertimbangkan kapasitas baterainya yang cukup besar, terutama untuk ukuran smartphone Samsung.

Dan sensor sidik jarinya, yang sebelumnya hanya dimiliki Galaxy Samsung papan atas seperti Galaxy Note 5 dan juga keluarga Galaxy S6, kini bisa kalian dapatkan dalam seri A ini. Tidak heran jika Samsung pede meyakinkan kita jika Android terbaru mereka ini dipastikan bakal mendapatkan update Android 6.0 Marshmallow, yang memang mengoptimalkan fitur keamanan sidik jari yang terintegrasi dengan sistem Android.

Namun seperti yang kami tuliskan tadi, bahwa harga Samsung Galaxy A9 ini lumayan tinggi ketika dijual nanti. Samsung sudah memastikan harga resminya sekitar Rp. 7 jutaan dengan pilihan warna Gold, Pink Gold dan White. Tunggu dulu, harga tersebut masih lebih terjangkau dibandingkan varian kelas atas Samsung lainnya, namun dari sisi spesifikasi, Galaxy A9 ini sudah termasuk worth it lho!


SHARE
Previous articleMau Selingkuh Aman? Nih, Panduan Membuat Akun Instagram Samaran dalam Satu Hape!
Next articleInilah Daftar Cameo dan Easter Egg Deadpool!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.