5 Hal Penting Sebelum Melakukan Pemasangan Indiehome

Pemasangan Indiehome

Hati-hati gan! Ada lima hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan pemasangan Indiehome dari Telkom.

Mulai pertengahan tahun 2015 silam, Telkom mulai gencar memamerkan program paket pemasangan Indiehome (paket telepon rumah, internet, dan juga TV cable). Dari promo yang mereka lakukan memang sangat menggiurkan, dengan hanya mengeluarkan kocek yang tidak begitu mahal dibanding dengan program Speedy sebelumnya. Kamu bisa menikmati kecepatan internet yang cukup kencang. Selain itu sistem internet dari Indiehome menggunakan kabel Fiber Optic yang hingga saat ini termasuk mahal harganya, juga TV Cable USeeTV yang berisi 99 channel (termasuk HBO, Fox Movies) yang juga terdapat sistem recorded (kamu bisa melihat tayangan lalu hingga 7 hari kebelakang). Semua biasa pemasangan Indihome baik kabel fiber optic, modem, dan kabel telepon semuanya gratis. Tentu saja promo pemasangan Indiehome ini sangat menarik, hingga berat kamu lewatkan bukan? Namun ternyata, ada lima hal yang harus kamu waspadai sebelum melakukan pemasangan Indiehome di rumah kamu..

1

Harga paket yang berubah-ubah dan tidak jelas

Pemasangan Indiehome

Promo pemasangan Indiehome awalnya sangat murah di tahun 2015 lalu. Untuk pemasangan 10 Mbps hanya dibandrol 300 ribuan rupiah per bulannya. Sedangkan untuk 20 Mbps dibandrol 600 ribuan rupiah saja. Namun tanpa pemberitahuan lebih lanjut, pihak Telkom memberikan harga yang jauh diatas harga promosi tahun lalu. Lalu untuk pemasangan telepon, beberapa kasus terjadi si pemakai dipaksa untuk membayar tagihan bulanan sesuai dengan promo Indiehome, padahal si pemakai hanya melakukan pemasangan telepon dan tidak mengikuti program Indiehome.

Pemasangan Indiehome

2

Kalau mau berhenti berlangganan, telepon juga dicabut

Pemasangan Indiehome

Dari awal pemasangan Indiehome ini memang sudah termasuk dengan nomor telepon rumah. Walaupun kamu memakai nomor telepon rumah yang lama, jika kamu berhenti berlangganan Indiehome, Telkom juga akan mencabut nomor telepon rumah tersebut. Jadi mau tidak mau, kamu harus mengurus nomor telepon rumah lagi jika kamu nekad untuk berhenti dari promo Indiehome yang sudah kamu lakukan. Mungkin hal ini dikarenakan pemasangan kabel fiber optic, modem, dan kabel-kabel lain tersebut mahal harganya. Jadi kita tidak bisa seenaknya memasang dan berhenti begitu saja.

Pemasangan Indiehome

3

Channel USeeTV berkurang dan penerapan promo-promo tanpa adanya pemberitahuan

Pemasangan Indiehome

Awalnya Indiehome memberikan 99 channel pilihan dalam USeeTV semenjak tahun 2015 lalu. Namun tanpa adanya pemberitahuan lebih lanjut, channel yang ada di USeeTV berkurang hingga 43 channel yang tersisa. Dan Channel yang hilang pun merupakan channel premium semacam HBO, Fox, Fox Crime, dan sebagainya. Beberapa akun pelanggan yang sudah melakukan pemasangan Indiehome juga banyak yang protes. Ada pun yang mencoba bertanya langsung via telepon, mereka justru ditawarkan program channel premium USeeTV dengan tambahan biaya. Selain itu, pihak Telkom juga langsung menerapkan promo terbaru mereka tanpa persetujuan pelanggannya, salah satunya adalah promo Telkom Mania dengan tambahan biaya sebesar 88 ribu rupiah. Hal ini juga tidak dirasakan oleh satu dua orang saja.

Pemasangan Indiehome

Pemasangan Indiehome

4

Ternyata internet Indiehome tidak unlimited!

Pemasangan Indiehome

Dengan adanya penerapan FUP (Fair Usage Policy), para pengguna Indiehome fiber akan dibatasi penggunaannya sebesar 300 GB per bulannya. Jika pengguna memakai kuota lebih dari 300 GB, maka kecepatan internet pengguna akan berkurang sebesar 25%-nya. Misalnya jika pengguna menggunakan paket 100 Mbps, maka jika pengguna sudah menggunakan kuota lebih dari 300 GB, maka kecepatan internetnya akan berkurang menjadi 7,5 Mbps. Hal ini sebenarnya cukup adil, dan membatasi para pengguna hardcore yang terlalu sering mengunduh film atau game. Namun beberapa pengguna protes dan bersatu melayangkan petisi untuk meningkatkan kuota atau justru menghapus sistem FUP ini. Selain itu, internet Indiehome pun tidak stabil, sering kali putus dan lambat.

5

CS Telkom Care dan 147 kurang paham soal promosi Indiehome dan kurang care

Pemasangan Indiehome

Mulai dari tahun 2015 sudah terlihat bahwa CS Telkom Care dan 147 kurang paham soal promosi dan pemasangan Indihome. Banyak dari mereka hanya bilang “daerah bapak belum bisa dilakukan pemasangan fiber.” Padahal sebenarnya salah satu tetangganya sudah dipasang kabel fiber optic. Beberapa komplain yang dilayangkan konsumen juga kurang ditanggapi dengan baik.

Pemasangan Indiehome

Dan itulah lima hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan pemasangan Indiehome. Yah, sebenarnya memang bukan 100% salah Telkom. Melalui petisi dan berbagai komplain dari pengguna Indiehome, pihak Telkom akhirnya mau menanggapi. Berikut utaran dari Jemy Confido selaku VP Consumer Marketing dan Sales Telkom:

Pemasangan Indiehome

Semoga saja kedepannya Telkom mampu membenahi program Indiehome, agar semakin memudahkan masyarakat untuk bisa berkomunikasi dan memakai internet dengan harga yang bersahabat. Dan bagaimana menurut pengalaman pembaca sendiri mengenai pemasangan Indiehome? Apakah kamu juga mengalami masalah diatas?


SHARE
Previous articleTernyata Penyebab Civil War di Captain America adalah… Facebook Friends Day!
Next article10 Deadpool Fourth Wall Tergokil yang Gak Masuk Akal!
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.