5 Alasan Mengapa Harus Beli Game Original daripada Download Game Bajakan

Matt Haag -Gamer Download Game Bajakan

Apakah kalian pernah berpikir seperti ini: “Beli game ori di mana ya?”, jika demikian, maka selamat, kaian sebenarnya sudah satu langkah mendapatkan identitas gamer sejati. Permasalahan mendasar para gamer di Indonesia mungkin adalah banyaknya pengguna game bajakan dimana-mana, dan mereka enggan membeli game original karena beberapa alasan yang terkadang tidak masuk akal.

Ada beberapa hal yang membuat kita merasa keberatan bila ingin mengubah pola pikir dari memainkan dan download game bajakan menuju ke pengguna game original, diantaranya sebagai berikut:

  1. Boros uang,
  2. Ribet,
  3. Gak paham mau beli di mana.

Pernah ada pikiran seperti di atas? Mungkin pernah, namun internet itu luas, kita seharusnya memanfaatkan internet untuk mencari informasi tentang game original. Maka dari itulah, artikel ini dibuat, dengan tujuan agar para gamer menjadi lebih menghargai para developer game yang bersusah payah membuat game untuk kita nikmati, dengan cara tidak download game bajakan. Langsung saja, ini dia alasan mengapa kalian lebih baik jika membeli game original.

Download Game Bajakan

1. Original Boros Uang?

Mungkin banyak di antara kalian para pembaca yang mengira bahwa membeli game original itu boros uang, nyatanya tidak. Sekarang kita coba hitung pengeluaran para gamer yang “mengkonsumsi” program bajakan. Misalkan ada satu game yang rilis di tahun 2016 ini, dan file size dari game tersebut besar sekali, mencapai 18GB, tentunya si pengguna bajakan tersebut harus mengeluarkan uang untuk membeli kuota bukan? Kuota jaman sekarang itu mahal mas bro, “tetangga sebelah” saja sekarang sudah main FUP.

Belum lagi kalau kamu itu tidak konsisten menamatkan game tersebut, tentu uang kamu yang awalnya untuk membeli kuota dengan tujuan untuk download game tersebut, malah hilang percuma.

Namun bila kita menjadi pemain game ori, tentunya kita ada rasa “sayang” tersendiri ketika kita membeli suatu game. Sehingga tidak mungkin rasanya bila kita menghapus game tersebut saat belum tamat, atau bahkan akan meluangkan lebih banyak waktu sampai menyelesaikan game tersebut, sebelum akhirnya memilih berganti memainkan game lainnya.

Steam Wallet

2. Prosesnya Ribet?

Banyak yang bilang (terutama yang masih awam) bahwa membeli game ori itu ribet. Sebenarnya tidak bila kita ada niat. Membeli game ori itu hanya perlu uang saja kok. Sekarang ini, banyak penjual game ori via Steam yang menawarkan dagangannya dengan sistem pembayaran via pulsa, transfer via ATM, bahkan bisa juga di toko retail seperti Alfamart (dengan mengisi dompet digital Steam Wallet). Hal tersebut dilakukan mungkin karena untuk mempermudah para gamer yang tidak mempunyai kartu kredit, yang selama identik untuk pembayaran transaksi online dengan merchant dari luar negeri.

Setelah kamu membeli game tersebut, tentunya kamu akan di pandu oleh si penjual game untuk step-step berikutnya, mudah bukan?

Membeli Game Steam

3. Menghargai Karya Orang Lain

Ini tentunya alasan paling kuat kenapa kita harus membeli game ori, tentu saja karena kita harus menghargai karya orang lain. Ada orang bilang, bila kita ingin dihargai, belajarlah untuk menghargai orang lain, saya sangat setuju dengan hal seperti itu.

Lagi pula, dengan membeli game ori, tentunya kita memberikan semangat untuk para developer game agar terus berkarya untuk menghasilkan game-game yang keren di bandingkan sebelumnya bukan? Khususnya, dengan game asli buatan developer Indonesia.

4. Rasa Bangga

Nah ini adalah hal yang pasti dirasakan oleh para pengguna game ori. Ketika kita membeli suatu game, dan kita memainkannya, kita tentu akan merasa bangga terhadap diri sendiri. Tapi ingat, rasa bangga tersebut jangan berlebihan ya.

5. Bisa Online

Alasan selanjutnya, adalah bisa online. Ya, bagi kamu yang suka bermain game FPS (seperti Call of Duty, Battlefield, dan lain-lain) pasti tidak bisa merasakan keindahan bermain bersama teman-teman bukan? Tentu saja. Coba deh kamu beli game ori, pasti kamu bisa bermain bersama teman-teman kamu satu kampung, yang juga main game ori tentunya.

Jadi bagaimana? Kapan kalian mulai mau bertransisi dari pengguna download game bajakan menuju pengguna game original?

SHARE
Previous articleProses Produksi Star Wars Episode VIII Dimulai! Siapa yang Kembali? Siapa yang Baru?
Next articleKiamat Doom Terjadi Mei 2016 Ini, Siapkah Kalian Hadapi Serbuan Iblis?
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.