Computer Science Leaders Program, Siap Cetak Technopreneur Handal di Indonesia!

CS Leaders Program

Computer Science Leaders (CS Leaders) Program akhirnya resmi dimulai dengan diperkenalkannya 15 mahasiswa penerima beasiswa tersebut dalam event Welcoming Ceremony yang sudah digelar tanggal 13 Februari 2016 kemarin.

llmu komputer (computer science) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang teknologi komputer dan sistem komputasi. Ilmu komputer secara terus menerus mempelajari dan membandingkan berbagai algoritma, teori, desain, dan konsep untuk mencari solusi yang tepat dan efisien untuk suatu permasalahan di kehidupan nyata. Bidang keilmuan ini juga termasuk dalam STEM (Science, Technology, Engineering or Math), yang merupakan salah satu bidang profesi yang paling cepat pertumbuhannya dan paling dicari saat ini.

CS Leaders Program

Di era teknologi yang terus berkembang pesat ini, negara-negara di dunia termasuk Indonesia membutuhkan banyak ahli ilmu komputer, tidak hanya untuk menjadi pendorong kemajuan negara, tapi juga karena ilmu komputer dan teknologi merupakan salah satu dari 14 sub-sektor yang menjadi fokus pemerintah dalam mengembangkan ekonomi Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari satu dekade ini dimana teknologi merubah pola perilaku orang banyak di seluruh dunia. Hal ini bisa dilihat dari hadirnya berbagai perusahaan teknologi seperti Facebook, Uber, Alibaba, hingga fenomena ojek online seperti Go-Jek.

CS Leaders Program

Hal inilah yang akhirnya juga mendorong Yayasan Nithya Bhaskara Widya untuk menggagas program beasiswa Computer Science Leaders (CS Leaders), yang dibuat untuk menyediakan kesempatan bagi para lulusan SMA yang ingin mengambil jurusan Ilmu Komputer untuk mendapatkan beasiswa dan membantu pembelajaran mereka di bidang Ilmu Komputer. Disponsori oleh Tokopedia, PT. Elang Mahkota Teknologi (EMTEK Group), Astel Group, Monk’s Hill Ventures, dan Eduardo Saverin, program beasiswa CS Leaders memberikan uang biaya kuliah, biaya hidup, biaya riset tugas akhir, dan dukungan lainnya seperti buku dan kesempatan magang juga belajar di luar negeri.

CS Leaders Program

Pada tanggal 13 Februari 2016, Yayasan Nithya Bhaskara Widya mengadakan CS Leaders Welcoming Ceremony untuk menyambut dan memperkenalkan 15 penerima beasiswa CS Leaders yang menimba ilmu di Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung. Di acara ini para undangan berkesempatan untuk mengenal para penerima beasiswa lebih lanjut dengan berinteraksi langsung dengan mereka.

CS Leaders Program

Pada acara Welcoming Ceremony ini juga diadakan panel diskusi menarik dengan topik “Technology As Catalyst For Indonesia’s Socio-Economic Advancement” dengan pembicara Ainun Najib (Founder dari kawalpemilu.com), Mirna Adriani PhD (Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia), dan Ryan Gondokusumo (Founder dari sribu.com, sribulancer.com, dan Halo Diana). Panel ini membahas bagaimana teknologi memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan ekonomi dan masyarakat Indonesia, serta ekosistem technopreneurship di Indonesia.

CS Leaders Program

CS Leaders Program

Dengan diadakannya program beasiswa CS Leaders dan CS Leaders Welcoming Ceremony ini, tim CS Leaders dari Yayasan Nithya Bhaskara Widya berharap untuk meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya pendidikan Ilmu Komputer terutama karena perkembangan teknologi yang sangat pesat memiliki dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat.

CS Leaders Program

Selamat untuk para penerima beasiswa CS Leaders! Semoga ke depannya bisa menjadi technopreneur-technopreneur handal untuk memajukan Indonesia.


SHARE
Previous articlePemenang Point Blank Garena Championship Akan Mewakili Indonesia di Korea!
Next articleMonster Avenue, Perpaduan Board Game, RPG dan CCG Dirilis Secara Global!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.