10 Hal dari Spesifikasi Xiaomi Mi5 yang Perlu Kalian Ketahui!

Xiaomi-Mi5-3

Xiaomi Pecundangi Samsung! Redmi Note 3 Lebih Unggul dari Galaxy Note 5

Yang bakal bikin kalian shock adalah ketika mengetahui bahwa ternyata Xiaomi justru menggunakan senjatanya Samsung sendiri untuk memenangkan pertarungan ini! Lho, kok bisa? Senjata apakah itu?
Baca Juga

Ternyata Xiaomi batal mengumumkan flagship mereka, Xiaomi Mi5 akhir Januar 2016 lalu, dan kini mereka menggunakan momen Mobile World Congress 2016 atau MWC 2016 sebagai ajang pertarungan frontal dengan Samsung yang juga bakal mengenalkan Galaxy S7, serta LG dengan LG G5. Kurang seminggu saja sebelum MWC 2016 berlangsung, dan kita kembali mendapatkan informasi baru sehubungan dengan Xiaomi tergahar tersebut, yang kami kompilasikan berikut ini:

1. Sebelumnya, kita sempat dibuat heboh oleh Xiaomi yang merilis Redmi Note 3 berselang beberapa bulan saja setelah Redmi Note 2, dan kini spesifikasi Xiaomi Mi5 juga mengundang decak kagum karena mengajukan konfigurasi hardware tertinggi di tengah keluarga smartphone Xiaomi. Kita sudah mengetahui jika chipset terkencang Qualcomm, Snapdragon 820 dengan prosesor octa-core 2.5 GHz 64-bit digunakan di sini. Kinerja silicon tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi, karena dari banyak data benchmark AnTuTu, Android yang masih dalam tahap pengujian dan tercatat menggunakan chipset tersebut berhasil mencetak nilai mengagumkan, mencapai angka lebih dari 100 ribuan, bahkan sampai 140 ribuan! Namun seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, mengingat Qualcomm masih belum bisa memenuhi permintaan Snapdragon 820 dalam jumlah besar, maka produk yang memilih Snapdragon 820 pun harus rela menunggu sampai kuartal pertama 2016 ini kemunculannya.

Spesifikasi Xiaomi Mi5

iPhone 7? Galaxy S7? Bukan, Ini Xiaomi Mi5, Android Cakep yang Ga Jual Mahal!

Jika pakai Xiaomi Mi5 ini sudah membuat kalian berasa menggunakan iPhone 6, buat apa bayar lebih mahal dengan membeli Galaxy S6?
Baca Juga
2. Kita juga sudah mengetahui jika spesifikasi Xiaomi Mi5 nantinya ditawarkan dalam dua varian storage, 16GB sebagai standar, dan yang tertinggi 64GB. Keduanya sudah dibekingi oleh modul memory 4GB RAM.

3. Ada sensor sidik jari yang ditempatkan di bawah kamera (seperti pada Redmi Note 3). Sensor tersebut sepertinya sudah menjadi standar di tengah smartphone asal China akhir-akhir ini.

4. Selain itu ada kamera utama 16-megapixel dengan dua LED flash yang didukung oleh fokus laser, kamera selfie 13-megapixel, layar dengan bidang 5.2-inchi resolusi Quad HD 2560 x 1440-pixel, kerapatan pixelnya 565-ppi, juga didukung teknologi Force Touch seperti yang diterapkan Apple untuk iPhone 6s dan iPhone 6s Plus, langsung menjalankan Android 6.0 Marshmallow, dan baterai berkapasitas besar yang non-removeable berkapasitas 3,600-mAh.

Spesifikasi Xiaomi Mi5
Sensor sidik jarinya berada di belakang, seperti Redmi Note 3!

5. Bicara kameranya, kemarin Hugo Barra, Global VP Xiaomi membagikan satu foto di akun Facebook-nya, yang diambil menggunakan Xiaomi Mi 5. Barra merasa puas dengan hasilnya, sehingga dia membagikan foto tersebut, sampai pada foto resolusi aslinya (melalu fotum MIUI) yang diambil hanya menggunakan mode HDR. Ukuran file foto 16-megapixel-nya sangat besar, mencapai 11MB, dan bisa kalian unduh di sini! Gambar di bawah merupakan resolusi yang diperkecil, dan juga sudah kami zoom. Ternyata detailnya masih terjaga.

Xiaomi-Mi5-5

6. Sama seperti Redmi Note 2 dan Redmi Note 3, serta juga Mi4C dan Redmi 3, Xiaomi Mi5 ini memiliki port infra merah / IR blaster, khusus untuk kalian yang doyan usil nge-remote perangkat elektronik menggunakan aplikasi remote-nya Xiaomi. Konektivitas lainnya yang terlihat melalui salah satu screenshot tampilan home screen-nya adalah NFC.

7. Oh ya, bakal ada opsi dual SIM, atau, setidaknya hanya ada satu varian, yang memang sudah mendukung dua slot kartu SIM. Sama seperti Xiaomi Mi4 dan Mi3 sebelumnya, tidak akan ada slot microSD di sini.

Dual SIM dan NFC, confirmed!
Dual SIM dan NFC, confirmed!

8. Menjamin kenyamanan kalian selama mengoperasikan smartphone bermesin Snapdragon 820, yang logikanya pasti membutuhkan asupan tenagat baterai lebih, maka Xiaomi Mi5 ini juga mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0, yang membantu kalian dalam mengisi kembali baterai smartphone ini dengan cepat.

9. Xiaomi juga bakal membuat casing Mi5 ini sama seperti Redmi Note 3, menggunakan cangkang metal unibody, dan perkiraan harganya nanti berkisar pada Rp. 5,5 jutaan dengan pilihan warna hitam, putih, emas (warna yang baru digunakan untuk Redmi 3 dan Redmi Note 3) serta juga merah muda (warna yang baru digunakan untuk Redmi Note 2). Masih cukup terjangkau untuk ukuran Android dengan prosesor setangguh Snapdragon 820, yang mana Android dari produsen lainnya dengan chipset sama bisa saja dijual dengan harga 2x lipatnya!

Spesifikasi Xiaomi Mi5
Yang emas dan merah muda biasanya dijual lebih mahal di Indonesia!

10. Selain itu, mungkin kalian berpikir, kenapa bentuknya seperti iPhone, ya… Namun memang setahun belakangan, makin banyak saja smartphone Android China yang mengajukan desain mirip iPhone 6, lengkap dengan tubuh metal unibody, serta selamat dari gugatan Apple dan bebas beredar di pasaran. Seperti Lenovo S90 Sisley dan Meizu M1 note, atau yang baru-baru ini dikonfirmasikan, HTC One A9.

Xiaomi-Mi5-2

Xiaomi-Mi5-4


SHARE
Previous articleReview Gravity Falls: Weirdmaggedon Part III – Take Back the Falls
Next articleConfirmed! Samsung Galaxy S7 Anti Air, Siap Membantai Xperia Z5!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.