5 Alasan Mengapa Tree of Savior Bisa Sukses di Indonesia!

Tree of Savior Indonesia

Tree of Savior akan meramainkan industri game online di Indonesia. Inilah 5 alasan yang membuat game besutan IMC Games ini bisa sukses di Indonesia.

Impresi Mendalam Duniaku untuk Exclusive Test Tree of Savior Indonesia

Exclusive Test Tree of Savior mampu membantu publisher untuk membenahi segala kekurangan di Test Server selanjutnya. Apa saja kelebihan dan kekurangan uji coba kali ini? Simak dulu impresi mendalam Duniaku berikut ini!
Baca Juga

Dari sekian banyak game online terbaru yang akan dirilis di Indonesia tahun 2016 ini, Tree of Savior bisa dibilang adalah salah satu yang paling menjanjikan. Betapa tidak, game ini sendiri datang dari kreator asli Ragnarok Online Hakkyu Kim, yang sejauh ini bisa dibilang merupakan game online paling sukses di Indonesia. Bukan hanya itu saja, sambutan yang sangat meriah dari gamer Indonesia saat game ini memasuki fase Closed Beta Test (CBT) dan Exclusive Test tahun 2015 lalu bisa jadi patokan game ini bisa sukses nantinya.

Hanya itu saja? Tentu tidak. Setidaknya ada lima alasan lain yang membuat Tree of Savior ini bisa sukses di Indonesia. Sebelum memulai alasan pertama, mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana sih status Tree of Savior Indonesia sendiri saat ini? Dalam salah satu posting di akun Facebook resmi Tree of Savior Indonesia, Gemscool mengungkapkan bahwa mereka saat ini tengah sibuk dengan penyempurnaan translasi dan pendataan patch terbaru Tree of Savior untuk digunakan dalam CBT 2 dan OBT.

Kapan CBT 2 atau OBT dimulai? Saat dikonfirmasi oleh Duniaku, Gemscool mengungkapkan belum bisa mengkonfirmasikan tanggal pastinya. Namun, mereka berharap bisa segera menggelar fase CBT 2, setidaknya bulan depan. Nah, kira-kira apa saja alasan yang bisa membuat Tree of Savior bisa sukses di Indonesia? Berikut ulasannya.


1

Nostalgia Gamer MMORPG Senior


Tree of Savior Indonesia

Datang dari kreator Ragnarok Online, yang notabene merupakan game online tersukses di Indonesia di 2000-an, bahkan sampai saat ini masih membuka layanannya setelah lebih dari satu dekade. Gameplay dan juga gaya grafisnya pun isometris ala RO, yang membuat banyak pemain serasa nostalgia kala memainkan Tree of Savior. Bahkan, banyak yang menganggap inilah “sekuel” RO yang sebenarnya dari tangan dingin yang sama.

Semua elemen yang dibutuhkan untuk “bernostalgia” pun terpenuhi di game ini. Jadi jangan heran jika game ini nantinya bakal meledak, dan dimainkan banyak gamer Indonesia. Paling tidak, game ini bisa menarik para penggemar RO untuk memainkan game ini, dan juga gamer MMORPG senior kebanyakan, yang sebelumnya sudah merasakan masa-masa “emas” game online seperti RO, Xian dan sebagainya.


2

Gemscool Pasti Sangat All Out dalam Menyiapkannya


tree of savior indonesia

Dari sejak pertama kali mengkonfirmasikan bahwa Tree of Savior adalah game terbaru mereka hingga menyelesaikan Exclusive Test, Gemscool sangat habis-habisan (all out) dalam menyiapkan game ini. Banyak event berhadiah digelar, semakin intens berdialog dengan komunitas, hingga layanan yang baik dari sisi teknis adalah beberapa diantaranya. Jika dalam masa persiapan saja Gemscool sudah all out, maka bisa dipastikan nanti saat dirilis mereka akan lebih all out lagi.

Dan jangan lupa, bagaimana “all out”-nya Gemscool bisa dilihat sejak pertama kali membeli lisensi game ini. Seperti yang kita tahu, Indonesia adalah negara pertama yang sudah memiliki publisher resmi untuk Tree of Savior, bahkan sebelum server SEA-nya ada. Bahkan nantinya gamer di Indonesia bisa memilih untuk bermain melawan gamer-gamer di Asia Tenggara lainnya lewat server yang disediakan.


3

Dapat Sambutan Baik di Dunia Internasional


Tree of Savior Indonesia
Saat berkampanye di Steam Greenlight

Sejak membuka layanan di negara asalnya, Korea, game besutan IMC Games ini sudah mendapat sambutan yang sangat meriah. Untuk CBT pertamanya saja di Korea, game ini mencatat ada kurang lebih 90.000 gamer yang ikut serta. Belum lagi kampanye Steam Greenlight yang digelar, dimana hanya dalam waktu tidak sampai satu hari (cuma 10 jam!) game ini sudah mendapatkan puluhan ribu dukungan dan akhirnya di-greenlit oleh Steam.

Antusiasme ini juga yang akhirnya menular ke gamer Indonesia, dimana sejak dua kali layanannya dibuka (untuk CBT pertama dan Exclusive Test), semua key yang dibagikan oleh Gemscool ludes, tidak ada yang tersisa. Otomatis, selama dua kali tes tersebut, server Tree of Savior Indonesia pun tidak pernah sepi. Hal ini menjadikan game ini sebagai salah satu game online yang paling ditunggu, bukan cuma di Indonesia melainkan di dunia.


4

Indonesia Vakum Game Online PC yang Bagus di 2016


Tree of Savior Indonesia

Daftar Game Online Terbaru 2016 yang Dirilis di Indonesia

Mulai dari MMORPG hingga FPS siap meramaikan industri game tanah air di tahun 2016 ini!
Baca Juga

Saat ini, bisa dibilang game online PC Indonesia masih sepi. Game-game baru yang dirilis di awal tahun ini belum ada yang menjadi blockbuster, alias benar-benar “meledak” di pasaran. Tentu kehadiran Tree of Savior bisa menjadi oase di tengah keringnya game online PC berkualitas tersebut.

Bicara mengenai saingan terberat Tree of Savior di industri game online PC Indonesia, mungkin kita bisa menyebutkan dua nama. Pertama ada CLOSERS yang rencananya akan dirilis oleh Megaxus, dan Kingdom Under Fire II yang statusnya sampai saat ini masih “digantung” oleh Qeon. Namun baik CLOSERS maupun Kingdom Under Fire II masih belum mengkonfirmasikan jadwal rilisnya. Jadi jika Tree of Savior bisa “curi start” rilis lebih dulu, tentu gamer yang sudah dahaga akan game online PC berkualitas akan menengok game ini.


5

Gemscool Sudah Kenyang Pengalaman di Industri Game Online


Tree of Savior Indonesia
Suasana saat event Pre Launch tahun lalu

Bisa dibilang, Gemscool adalah salah satu publisher yang sudah kenyang pengalaman di industri game online. Mulai dari game shooter seperti Point Blank hingga MMORPG seperti Dragon Nest sudah pernah dibawa ke puncak kesuksesan oleh Gemscool. Tentu, ini menjadi modal yang baik bagi Gemscool untuk merilis Tree of Savior. Paling tidak, mereka sudah tahu bagaimana selera para gamer Indonesia dan bagaimana cara untuk mengelola komunitas gamer mereka dengan baik.

Itulah lima alasan mengapa Tree of Savior bisa sukses di Indonesia. Ada alasan lain? Silahkan share pendapatmu di kolom komentar ya!


SHARE
Previous articleTernyata Superhero DC dan Marvel Bisa Fusion!
Next articleIni Dia Daftar Pekerjaan Sampingan Superhero!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.