IN.GAME Festival 2016 Bakal Hadir 5 HARI! Daftarkan Dirimu Segera!

in.game festival 2016

Pestanya developer game indie Indonesia, IN.GAME Festival 2016 akan segera digelar. Segera daftarkan game-mu!

Pesta Gamedev Indie Indonesia, IN.GAME Festival 2016 Hadir Lebih Awal!

Punya game hasil Global Game Jam 2016 kemarin? Coba dipercantik lagi dan siapkan untuk mengikuti event ini ya!
Baca Juga

Para developer game Indonesia tidak bisa “bersantai” terlalu lama pasca mengikuti event Global Game Jam (GGJ) 2016. Dua bulan lagi, atau tepatnya pada bulan April 2016, developer game Indonesia akan “berpesta” lewat event Indie Game Festival atau IN.GAME 2016. Gelaran IN.GAME Festival 2016 merupakan yang kali kedua diselenggarakan, setelah tahun lalu diadakan pada bulan Agustus 2015 untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara ini sendiri diinisiasi oleh komunitas developer game Yogyakarta atau yang disebut dengan GameLan, dan didukung oleh beberapa komunitas developer game di kota lain, mulai dari BgDe (Bali), GADAS (Surabaya), GDM (Malang), SMG (Semarang), Salad (Salatiga), GDB (Bandung), dan AGI (Asosiasi Game Indonesia). Festival yang merayakan game sebagai media berekspresi ini akan diselenggarakan selama 5 hari berturut-turut dari tanggal 20 April 2016 hingga 24 April 2016 di Yogyakarta.

IN.GAME Fest 2015, Ini Dia Pestanya Developer Game Indie di Indonesia!

Ajang IN.GAME Fest 2015 benar-benar menjadi ajang pesta bagi para developer game indie di Indonesia. Bagaimana serunya? Simak liputannya!
Baca Juga

“Tahun ini kita mencoba meningkatkan kualitas dan kuantitas acara IN.GAME, diantaranya dengan menambahkan Workshop Day dan menambah slot peserta Expo menjadi dua kali lipat,” jelas Frida Dwi atau yang lebih akrab disapa dengan UB, salah satu panitia IN.GAME Festival 2016. Selain digelar lima hari penuh dan lebih awal, kali ini penyelenggaraannya pun mengambil tempat di tiga tempat. Berbeda dengan tahun lalu yang hanya digelar di satu tempat, Jogja Digital Valley saja.

Beberapa acara yang akan diselenggarakan dalam IN.GAME Festival 2016 adalah Workshop Day, Game Jam, Expo, IN.GAME Talk, dan IN.GAME Award. Workshop Day akan membuka rangkaian IN.GAME Festival pada 20 April 2016. Setidaknya ada tiga workshop yang berkaitan dengan dengan game development telah dipersiapkan oleh panitia berlokasi di STMM MMTC Yogyakarta. Workshop 3D modeling, workshop membuat game tanpa koding dan workshop IoT akan dibawakan oleh para praktisi industri game Indonesia.

Hari kedua hingga keempat akan diselenggarakan Game Jam di Jogja Digital Valley. Game Jam adalah kegiatan kolaborasi membuat game bersama-sama selama 48 jam atau 2 hari. Game Jam terbuka untuk umum tidak dibatasi oleh persyaratan akademis maupun keterampilan. “Game Jam adalah upaya kami untuk memasyarakatkan game development. Siapa saja bisa ikut berkolaborasi membuat game dalam 48 Jam” jelas Gathot Fajar, game developer asal Yogyakarta yang juga aktivis Komunitas Game Developer Jogja.

in.game festival 2016

Penghujung rangkaian IN.GAME Festival adalah expo yang diselenggarakan di Kampus 3 Universitas Atmajaya Yogyakarta pada 24 April 2016. Expo ini akan memamerkan game-game karya game developer indie Indonesia, tidak hanya game digital namun game non digital pun memiliki kesempatan untuk berpameran. Panitia menyediakan setidaknya 50 slot peserta pameran. Tidak hanya pameran, ditengah-tengah acara juga akan diadakan talkshow bersama para game developer yang hadir untuk mengupas seluk-beluk industri dan proses pembuatan game.

in.game festival 2016

Expo akan ditutup dengan pemberian penghargaan kepada game yang terpilih dalam IN.GAME Awards. Ada 7 kategori IN.GAME Awards yang bisa diperebutkan oleh seluruh peserta Expo, yaitu Best Game Art, Best Game Audio, Best Game Narrative, Best Game Play, Most Innovative Game, Audience Choice Award dan sebuah penghargaan baru yaitu Best Boardgame yang akan diberikan kepada game non digital terbaik. Saat ini, pendaftaran untuk Expo sudah dibuka, dan kamu bisa mulai mendaftarkan game karyamu, baik yang sudah jadi ataupun yang baru berbentuk prototype playable melalui tautan di bawah ini.

Pendaftaran Expo

IN.GAME Festival merupakan salah satu upaya dari komunitas game developer Indonesia untuk memasyarakatkan game development serta mensosialisasikan keberadaan pada game developer indie Indonesia beserta karya-karyanya. “Game merupakan salah satu media ekpresi yang mampu memberikan ruang interaksi yang lebih antara kreator dan penikmatnya. Pesan yang disampaikan tidah hanya didengar dan dilihat namun juga mengajak penikmat karya ini untuk berinteraksi didalamnya. Banyak potensi yang bisa digali dari media yang kita sebut game ini. Nilai ekonominya pun bisa dibilang sangat menarik. Di negara maju, Game merupakan salah satu penyumbang pemasukan terbesar di sektor industri kreatif,” jelas UB.

in.game festival 2016

Mengenai kenapa rangkaian acara IN.Game Festival 2016 digelar lebih awal dibandingkan tahun lalu, UB memiliki alasan tersendiri. “Untuk Antisipasi event-event kreatif lain sih. GDG kabarnya bakal digelar di September dan ada Popcon di bulan Agustus. Jadi IN.GAME Festival 2016 kita geser ke semester awal biar tidak bentrok,” ungkap UB. “Dan temen-temen kreator jadi punya waktu yang cukup buat persiapan ikut berbagai macam event,” pungkasnya.

Punya game? Atau ingin ikut berpesta bersama developer game indie lain di Indonesia? Lingkari kalendermu ya!


SHARE
Previous articleSpin Off Cooking Mama Mobile Bertema Puzzle Dirilis!
Next articleTernyata Superhero DC dan Marvel Bisa Fusion!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.