Berhasil Bobol Denuvo, Grup Pembajak 3DM Batal Istirahat?

grup pembajak 3DM Denuvo

Awalnya mengumumkan bakal istirahat paling tidak setahun, nyatanya grup pembajak game PC terbesar, 3DM mengungkapkan bahwa mereka bisa membobol Denuvo. Benarkah?

Nge-Crack Game PC Semakin Susah, Grup Pembajak Terbesar 3DM Pensiun!

Grup pembajak terbesar aja sudah menyerah. Sepertinya ramalan kiamat game PC bajakan dua tahun lagi akan jadi kenyataan!
Baca Juga

Awal Februari 2016 lalu sempat dikabarkan bahwa salah satu grup pembajak game terbesar di dunia, 3DM berhenti sejenak dari aktivitas bajak-membajak. Alasan dari mereka sih, mereka ingin melihat apa dampak dari break-nya mereka dari membajak game PC ini terhadap penjualan game original. Namun faktanya, banyak gamer yang memprediksikan bahwa 3DM hiatus karena sudah “lelah” dalam membajak game-game PC yang semakin sulit. Mereka tidak bisa membobol proteksi game-game terbaru, apalagi yang menggunakan teknologi Denuvo seperti game-game dari Square Enix.

Hal ini pun semakin mempertegas pendapat mereka sebelumnya, bahwa dua tahun lagi game PC bajakan tidak akan ada lagi di internet. Namun belum genap satu bulan sejak mereka memutuskan untuk hiatus, muncul kabar bahwa ternyata mereka masih beraktivitas untuk membajak game PC. Yang paling baru, bahkan minggu lalu mereka mengkonfirmasikan bahwa mereka sudah bisa membobol proteksi Denuvo yang ada di Rise of the Tomb Raider!

grup pembajak 3DM Denuvo
Rise of the Tomb Raider sudah bisa dibajak. Berarti Denuvo bukan solusi proteksi yang bagus?

Dua Tahun Lagi, Bakal Tidak Ada Game PC Bajakan. Benarkah?

Kiamat untuk website download game PC gratis dan Torrent. Sudah siap beralih ke game original?
Baca Juga

Yap, konfirmasi ini seolah membuat mereka menelan ludah mereka sendiri. Dalam pernyataan resmi yang disampaikan -lagi-lagi oleh juru bicara mereka Bird Sister, mereka mengungkapkan bahwa mereka sudah berhasil menembus proteksi dari Denuvo, yang selama ini membuat mereka kesulitan untuk membajak game-game Square Enix dan EA seperti Just Cause 3, Rise of the Tomb Raider dan FIFA 16!

“Dalam waktu dekat, 3DM akan mengumumkan bahwa kami sudah menemukan solusi untuk membuka enkripsi Denuvo yang digunakan oleh beberapa game seperti FIFA 16, Just Cause 3 dan Rise of the Tomb Raider,” ungkap Bird Sister seperti dikutip dari Torrentfreak. “Kami membuat pengumuman ini karena banyak gamer percaya bahwa kami meninggalkan dunia pembajakan game karena problem teknis, tetapi kami akan membuktikan bahwa bukan itu masalahnya. Kami belum dibuat bingung oleh proteksi tersebut,” lanjut Bird Sister.

crack game pc denuvo 3dm pensiun
Bird Sister

Membaca pernyataan dari Bird Sister ini, sepertinya mereka ingin membantah rumor yang beredar sebelumnya, bahwa mereka berhenti membajak karena sudah dibuat pusing tujuh keliling saat menghadapi Denuvo. Mereka benar-benar berhenti beraktivitas karena hal lain, yaitu untuk melihat bagaimana respon pasar game seperti yang mereka sampaikan sebelumnya. Jadi, konfirmasi ini seolah menegaskan bahwa ‘kami tidak kesulitan kok untuk membobol Denuvo’, dan akan segera membeberkan buktinya dalam waktu dekat.

Sayangnya, sampai artikel ini ditulis Bird Sister belum mengkonfirmasikan bagaimana mereka akan mendistribusikan ‘hasil kerja’ mereka ini. Namun Bird Sister mengungkapkan bahwa hasil pembajakan Denuvo ini tidak akan mereka distribusikan di bawah bendera rilis resmi 3DM. Namun yang pasti, apa yang diumumkan oleh 3DM ini tidak serta merta membuat mereka kembali dari hiatus mereka. Mereka masih akan tetap ‘beristirahat’ tidak akan merilis crack game PC sampai setidaknya satu tahun ke depan sambil melihat perkembangan terbaru industri game PC.

grup pembajak 3DM Denuvo

Apa yang diumumkan oleh 3DM ini (yang menyebutkan bahwa Denuvo bisa dibobol) sejalan dengan pernyataan dari Denuvo sendiri. Mereka mengatakan, bahwa sistem proteksi ini bukan mustahil untuk dibobol, hanya saja lebih sulit dari sistem proteksi kebanyakan. Tujuan mereka merilis teknologi ini sebenarnya hanyalah untuk memberikan waktu kepada developer dan publisher untuk “bernafas”, jadi tidak ada versi bajakan yang keluar bersamaan dengan versi originalnya.

Bagaimana menurut pendapat kalian? Apakah aktivitas 3DM ini justru menjadi pertanda bahwa mereka tidak jadi hiatus selama 1 tahun dan kembali lebih cepat?


SHARE
Previous articleBeli LG G5, Kalian Bakal Dapat Bonus “Si Cantik” Bersuara Merdu yang Satu Ini!
Next articleIni Flagship Terbaik! Samsung Galaxy S7 Siap Menjadi Jawara Smartphone 2016!
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.