Konami Pelit, DLC Euro 2016 untuk PES 2016 Gak Komplit!

Game Euro 2016

Game EURO 2016 tahun ini akan hadir dalam bentuk DLC untuk PES 2016. Tapi ternyata, kontennya tidak komplit!

Tinggal menghitung bulan lagi, pagelaran sepak bola terbesar di Eropa, EURO 2016 akan segera digelar. Tentu momen empat tahun sekali ini jadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemar sepak bola, di luar Piala Dunia yang juga digelar empat tahun sekali. Termasuk penggila game sepak bola, yang pasti akan menikmati game EURO 2016 khusus, yang berisi tim dan daftar pemain di EURO 2016, termasuk stadionnya.

Namun ada yang berbeda di EURO 2016 kali ini. Game khusus untuk EURO 2016 tidak lagi akan dirilis oleh EA Sports lewat bendera serial FIFA-nya. Lisensi untuk mengembangkan game EURO 2016 kini sudah dimiliki oleh PES Productions dan Konami. Artinya? Game EURO 2016 akan dibangun dengan basis PES 2016, seri yang selama ini jadi saingat berat FIFA di ranah game sepak bola.

Kabar baik? Ternyata tidak!

Game EURO 2016

Peralihan lisensi dari EA Sports ke Konami rupanya membuat beberapa perbedaan untuk game EURO 2016. Pertama, game ini tidak akan dirilis secara standalone, alias hanya akan berubah DLC saja. Yap, Konami sudah mengkonfirmasikan bahwa DLC EURO 2016 akan bisa didapatkan gratis bagi pemilik PES 2016. DLC EURO 2016 ini akan menyajikan konten yang otentik untuk dinikmati oleh para penggila bola sembari menunggu pertandingan EURO 2016 di televisi.

Sebenarnya tidak masalah sih hanya sekedar merilis DLC. Toh, gamer hanya perlu sebuah konten yang mirip dengan atmosfer pertandingan EURO 2016 aslinya. Yang penting roster tim dan pemain lengkap sesuai dengan yang didaftarkan ke FIFA, plus bermain di stadion-stadion yang digunakan oleh EURO 2016.

Namun justru di sinilah masalah terjadi. Rupanya, Konami tidak merilis DLC EURO 2016 ini secara komplit! Bayangkan saja, di DLC ini hanya ada 15 timnas saja yang otentik, mulai dari roster hingga jersey dan aksesorisnya. Padahal, di EURO 2016 nanti ada 24 timnas yang bertanding. Sisanya? Seperti kebiasaan PES, timnas yang lain tetap muncul tapi tidak menyertakan atribut yang otentik.

Game EURO 2016
Stade de France, satu-satunya stadion yang ada di DLC EURO 2016

Beberapa timnas yang tidak muncul memang timnas kelas dua di Eropa, seperti Rusia, Swiss dan Swedia. Namun tetap saja, ini menjadi salah satu hal yang cukup ironis, karena tentu saja mengurangi sisi keotentikannya. Bahkan, ada satu timnas besar, Belgia yang tidak ada di dalam daftar 15 timnas yang otentik di DLC ini!

Ternyata tidak berhenti di situ saja. Bagi kamu yang ingin mencicipi stadion-stadion di Prancis (host EURO 2016) di DLC ini tampaknya harus gigit jari. PES Productions dan Konami hanya menyertakan SATU stadion saja, yaitu Stade de France di DLC ini. Ironis sekali bukan?

Dan lebih ironis lagi, Konami menyebutkan bahwa hanya PES-lah yang menyajikan atmosfer dan pengalaman EURO 2016 yang otentik. Lah, dari daftar timnas dan juga stadion saja tidak komplit, bagaimana mau menyajikan sebuah pengalaman EURO 2016 yang otentik untuk gamer-nya?

Sayangnya, hanya ini yang bisa kamu mainkan untuk ikut dalam euforia EURO 2016. Kelebihan dari DLC ini mungkin hanya satu, gratis. Yap, kamu tidak perlu merogoh kocek sepeser pun untuk mendapatkan DLC ini. Belum dikonfirmasikan bagaimana nasib sembilan tim dan stadion lain yang masih belum otentik di DLC ini. Apakah nantinya akan hadir dalam update selanjutnya, ataukah akan tetap seperti ini sampai EURO 2016 dimulai.

Sebagai tambahan, EURO 2016 akan diselenggarakan pada tanggal 10 Juni hingga 10 Juli di 10 kota di Prancis. DLC EURO 2016 ini akan bisa didapatkan gratis untuk para pemilik PES 2016 di semua platform pada tanggal 24 Maret 2016 mendatang. Bagi yang belum punya PES 2016, kamu bisa membeli bundel game beserta DLC ini di dalamnya pada tanggal 21 April 2016 Namun sayang, bundel game dan DLC ini hanya tersedia untuk PS3 dan PS4 saja.

Bagaimana menurut pendapat kalian? Konami dan PES Productions pelit yah…

Sumber


SHARE
Previous articleHTC Desire Terbaru Kian Lengkap dengan Speaker BoomSound untuk Penggemar Musik
Next articleAkhirnya, Kalian Bisa Pesan “NerveGear” Canggih Ini! Awas Shock dengan Harga HTC Vive!
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.