Bukan Cuma Sword Art Online, GTA 5 Virtual Reality Juga Bakal Jadi Nyata!

gta 5 virtual reality

Mimpi Jadi Nyata Gaes! Dunia Virtual Reality Sword Art Online Segera Terwujud!

Ini bukan mimpi! Anime Virtual Reality Sword Art Online bakal segera dapatkan perangkat Virtual Reality-nya sendiri! Dunia Virtual Reality SAO selangkah menjadi kenyataan!
Baca Juga

Kemarin, kita mendapatkan kabar dari IBM yang tengah berusaha untuk mewujudkan dunia virtual reality Sword Art Online. Dengan menggunakan teknologi IBM tersebut, nantinya kita bisa benar-benar “masuk” dan bermain di dunia tersebut secara virtual reality. Nah, jika kamu bukan penggemar anime Sword Art Online, kali ini Grand Theft Auto 5 pun bakal segera mengimplementasikan hal serupa. Yap, dengan menggunakan GTA 5 virtual reality ini, nantinya kamu bisa benar-benar masuk dan berpetualang di Los Santos!

Bukan, GTA 5 Virtual Reality ini bukan update resmi yang diberikan oleh Rockstar Games, melainkan hanyalah sebuah proyek mod dari seorang gamer bernama Joseph Delgado. Dalam mod yang dikembangkannya ini, dia menambahkan sensor hand tracking (sistem pendeteksi pergerakan tangan) agar kamu bisa melakukan semua aktivitas di Los Santos dengan menggerakkan tubuh, tanpa kontroler. Tentunya, game nanti akan diproyeksikan ke mata menggunakan berbagai alat virtual reality yang sudah beredar di pasaran.

GTA 5 Virtual Reality Demo

Brutal? Memang iya. Dengan menggunakan teknologi virtual reality ini, kamu bisa benar-benar merasakan bagaimana rasanya melakukan kegiatan kriminal langsung di depan mata dan menggunakan tangan sendiri. Sebagai contoh di video awal yang di-posting Delgado, dimana dia mendemonstrasikan bagaimana mod ini bekerja lewat sebuah adegan ketika kamu menembak kepala seseorang. Benar-benar langsung di depan mata pemain!

Yang menarik, modder GTA 5 virtual reality ini justru merasa “bersalah” dengan mengembangkan mod ini, karena dia menganggap mod ini benar-benar bisa membuat pemain merasa bersalah setelah melakukan tindakan kriminal di Los Santos. Sama dengan yang mereka rasakan jika melakukan tindakan kriminal di dunia nyata. “Saya tidak benar-benar yakin dengan apa yang saya kerjakan,” tulis Delgado seperti dikutip dari pernyataan resminya. “Saya merasa ngeri saat membuat ini. Kamu akan merasa bersalah sungguhan. Itu yang saya rasakan saat menembak seseorang di GTA 5 virtual reality ini,” lanjutnya.

GTA 5 Virtual Reality
Bakal lebih nyata dibandingkan mode first person yang ada di GTA 5 saat ini

Lebih lanjut, Delgado juga memberikan sedikit perhatian mengenai bagaimana virtual reality bisa membuat adegan kriminal di sebuah game terasa sangat nyata. Dia menganggap, penggunaan teknologi ini harus mendapatkan perhatian lebih, karena ditakutkan orang yang memainkan virtual reality ini menjadi ketagihan dan ingin mencoba “bagaimana rasanya” jika di dunia nyata. Iya sih, jika kamu melakukan tindakan kriminal di sebuah game, hanya karaktermu di dalam game saja yang dihukum. Tetapi kalau di dunia nyata, konsekuensinya tentu jauh lebih mengerikan.

Sebelum ada mod ini, GTA 5 versi current gen sudah menambahkan mode first person yang sebenarnya juga sudah membawa tingkat kriminalitas di game ini setingkat lebih tinggi. Dan semakin menegaskan bahwa game ini memang untuk dewasa, bukan untuk anak-anak.

gta 5 virtual reality

Bagi kamu yang tertarik mengikuti perkembangan mod ini, kamu bisa langsung mengunjungi website resminya.


SHARE
Previous article10 Kartu Clash Royale yang Sering Dipakai Top Player
Next articleRupanya Ini Peran Martin Freeman di Civil War!
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.