Survei: Akun Instagram Bikin Online Shop Tambah Laris!

Akun Instagram Online Shop

Selain Facebook, Instagram rupanya juga menjadi salah satu media sosial yang manjur untuk berjualan secara online. Siap membuka akun Instagram untuk berjualan?

Update Instagram Bikin Kalian Ga Perlu Repot Nge-Crop Foto!

Yang hobi selfie ga perlu bingung hapus foto teman jika ga muat dalam tampilan mengotaknya Instagram!
Baca Juga

Dengan populasi yang sangat besar, tentu Indonesia juga memiliki jumlah pengguna internet yang sangat besar pula. Termasuk dalam hal jumlah pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Jumlah pengguna media sosial ini setiap tahun di Indonesia selalu meningkat. Bahkan eMarketer memprediksikan, tahun ini ada kurang lebih 82 juta orang di Indonesia yang menggunakan media sosial setidaknya sekali dalam sebulan. Angka ini meningkat dari jumlah 72,3 juta pengguna tahun 2015 lalu. Artinya, lebih dari sepertiga masyarakat Indonesia adalah orang yang sangat doyan menggunakan media sosial.

Berbicara mengenai Instagram, di Indonesia sendiri media sosial ini mungkin masih kalah populer dibandingkan dua media sosial lain, seperti Facebook dan Twitter. Dari survei yang dilakukan oleh We Are Social, hanya 10% dari responden yang menggunakan media sosial setidaknya satu kali dalam sebulan. Namun, dengan angka yang cukup kecil ini, rupanya Instagram justru menjadi salah satu media promosi untuk jual beli online paling “manjur”. Tidak percaya?

Dua Akun Instagram

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh JakPat, ternyata lebih dari setengah pengguna Instagram di Indonesia mem-follow akun online shop. Dari hasil survei tersebut, sebanyak 56,2% responden mengatakan “Ya” saat ditanya apakah mereka mem-follow akun online shop di Instagram. Mayoritas, mereka mem-follow akun online shop yang berjualan pakaian dan aksesorisnya. Berikut adalah data lengkap hasil survei dari JakPat seperti dikutip dari CAMIA.

Akun Instagram Online Shop

Responden dalam survei ini sebagian besar adalah anak muda, yang berusia antara 18 hingga 35 tahun. Artinya, online shop yang berjualan pakaian dan aksesoris sebaiknya mulai saat ini mulai berpikir untuk menggunakan Instagram sebagai salah satu media promosinya. Selain pakaian dan aksesoris, ternyata online shop kategori gadget juga mendapatkan keuntungan dari Instagram, dan meletakkan mereka di posisi ketiga akun Instagram online shop paling banyak di-follow.

Satu lagi alasanmu untuk coba untuk mempromosikan online shop di Instagram. JakPat juga mengungkapkan dalam survei tersebut, bahwa hampir 7 dari 10 orang yang menggunakan Instagram rupanya rutin membuka akun mereka, minimal sekali dalam seminggu. Yap, meskipun pengguna Instagram masih kecil di Indonesia, namun mereka rupanya termasuk yang paling “loyal” dan konsisten dalam update foto, atau hanya sekedar berbelanja dan mencari kebutuhan mereka di media sosial yang kini sudah dibeli Facebook tersebut.

Meskipun Facebook, Twitter dan Instagram jumlah penggunanya cukup besar, namun angka ketiganya tidak sebesar pengguna BBM. Jika menggabungkan user media sosial dengan aplikasi instant messaging, BBM masih unggul dengan angka 19% dari total responden survei yang dilakukan oleh We Are Social.

akun instagram online shop

Bagaimana, setelah mencermati data-data ini, apakah kamu sudah memutuskan untuk menggunakan Instagram sebagai salah satu media promosi online shop-mu?


SHARE
Previous articleFitur Galaxy S7: Puaskan Mobile Gamer, Kualitas Grafisnya Setara PS4!
Next articleStudi Mengatakan Anime dan Manga Bisa Membuat Pintar Anak!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.