Gak Cuman Like This, Facebook Kini Tambah Tombol yang Bikin Baper!

fb

Sekarang kamu bisa kasih ekspresi lain selain Like This di Facebook!

Setiap hari, sudah lazim jika kita mengecek akun sosial media kita, salah satunya melalui sosial media Facebook. Berbagai kabar, berita, dan opini bersebaran di News Feed tiap detiknya. Ada hal menarik, dan ada juga yang tidak menarik minat kita. Jika kita tertarik pada suatu postingan, biasanya kita ekspresikan melalui komentar, share, atau melalui tombol “like this” yang disediakan Facebook. Namun tentu saja tidak semua postingan terasa pas jika diberi tombol like this. Misalnya, bayangkan jika temanmu memberi kabar duka mengenai seseorang yang baru saja meninggal dunia. Apakah ekspresi “like this” cocok untuk mengungkapkan rasa simpati kita?

Hal ini menjadi masukan bagi Facebook. Dengan menyadari kebutuhan fesbuker untuk mengekspresikan perasaan mereka pada sebuah postingan selain dengan like this, akhirnya Facebook pun menambahkan variasi tombol ekspresi tersebut!

Mulai hari ini kita bisa mengupdate Facebook kita untuk memunculkan sebuah fitur “baru”. Konon Facebook telah mendengarkan kritik dan saran sehingga menyadari bahwa fesbuker perlu lebih banyak cara untuk mengungkapkan sesuatu yang kita lihat di News Feed. Oleh karena itu Facebook merilis tombol reaksi lainnya, sebagai perpanjangan fitur tombol like this.

Gak Cuman Like This, Facebook Kini Tambah Tombol yang Bikin Baper!

ekspresi mana yang paling kamu suka?

Abaikan

Jadi sekarang selain like, ada tambahan tombol reaksi lainnya yaitu Love, Haha, Wow, Sad atau Angry.

Jika memakai mobile phone, fitur ekspresi ini akan muncul jika pilihan like ditahan beberapa saat. Sedangkan pada versi desktop PC, pilihan reaksi ini akan muncul jika pilihan like disorot beberapa saat dan memunculkan menu popup baru.

Tapi untuk apa ya sebenarnya tombol reaksi ini? Dan ini bahkan tidak terdengar inovatif, mengingat Path juga sejak awal memiliki tombol reaksi yang berbeda -tentunya setidaknya kelebihan Facebook adalah tombol like this nya.

Coba kita ulas masing-masing fungsinya.

like this

Like

Fitur yang melekat pada ciri khas Facebook. Tombol like this ini bisa diartikan kita sepakat atau suka dengan postingan seseorang

FB love

Love

Nah loh, sekarang ada pilihan love? Apa bedanya dengan ekspresi like? Apakah jika me-love postingan bisa dikatakan lebih “serius” dibandingkan like? Apa bisa menjadi kode serius kalau me-love postingan gebetan? Sepertinya reaksi love ini bakalan bikin baper fesbuker sejagad!

FB haha

Haha

Ini mungkin fungsinya sudah jelas. Jika ada postingan lucu, ekspresi ini cukup pas daripada sekadar like this. Tapi bisa saja kalau kamu mau ngetawain nasib temenmu yang ngenes.

FB yay

Yay

Gunakan ini untuk mengekspresikan rasa senang. Daripada tombol like this, Yay memiliki rasa simpati yang lebih dalam.

FB wow

Wow

Ini mungkin ekspresi paling absurd. Lebih kepada ekspresi terkejut, jadi jika ada postingan yang mengejutkanmu, ini adalah ekspresi paling pas. Misalnya tiba-tiba foto temanmu terlihat gendut.

FB sad

Sad

Gunakan ini untuk mengekspresikan duka. Daripada tombol like this, Sad memiliki rasa simpati yang lebih dalam.

FB angry

Angry

Agak rancu juga dengan pilihan angry. Apa jika ada postingan yang menyebalkan lalu kita berekspresi angry? Atau misalnya saja status gebetan jadian dengan orang lain, lalu bisa diekspresikan angry?

Sayangnya hingga kini Facebook tidak memfasilitasi ekspresi yang paling diinginkan fesbuker. Ya, kemana tombol dislike? Apakah tombol ekspresi yang baru ini bisa mewakili perasaan para fesbuker?


SHARE
Previous articleTrailer Daredevil Part II – Aksi Keren Daredevil & Elektra!
Next articleAkhirnya, Pemeran Iron Fist Telah Terpilih!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.