Grafik Ini Tunjukan Berapa Lama Hunter x Hunter Hiatus!

lama hunter x hunter hiatus - thumbs

Seberapa lama Hunter x Hunter Hiatus? Tabel ini akan menunjukan jawabannya…

Inilah 10 Anime Dengan Filler Terbanyak!

Manakah anime dengan filler terbanyak? Apakah itu Naruto, One Piece, atau Bleach? Inilah daftar 10 anime dengan filler terbanyak!
Baca Juga

Yoshihiro Togashi, kreator dari manga Hunter x Hunter, dikenal dengan konsistensinya dalam hiatus. Tercatat, semenjak tahun 2014 lalu Hunter x Hunter telah mulai kembali hiatus dimana chapter terbaru Hunter x Hunter sama sekali tak rilis selam setahun penuh di tahun 2015. Sebelum hiatus di tahun 2014, Togashi juga pernah hiatus mulai bulan Maret 2012 hingga Juni 2014. Dengan banyaknya hiatus tersebut, kamu pasti bertanya-tanya “seberapa lama Hunter x Hunter hiatus?”

Seorang netizen telah menghitung lama Hunter x Hunter hiatus. Dia mengumpulkan data dari setiap hiatus Togashi dan menampilkannya dalam berbagai format, termasuk grafik yang menunjukan perilisan chapter Hunter x Hunter di majalah Weekly Shounen Jump mulai tahun 1998 hingga 2016. Berikut ini adalah grafik hiatus rilisnya Hunter x Hunter di majalah Weekly Shounen Jump dimana warna biru adalah rilisnya chapter baru:

lama hunter x hunter hiatus - grafik 1

Lebih detil lagi, grafik ini menunjukan perilisan dari chapter dari arc yang ada. Beberapa masa hiatus terpanjang adalah saat story memasuki arc Chimera Ant. Lucunya, kotak berwarna abu-abu dalam grafik dibawah ini diberi nama Great Hiatus Arc:

lama hunter x hunter hiatus - grafik 2

Lama hiatus Hunter x Hunter kali ini sepertinya bakalan mengalahkan rekor hiatus sebelumnya. Sampai saat tulisan ini dibuat, Hunter x Hunter telah absen sebanyak 73 volume Weekly Shounen Jump/73 minggu sementara rekor sebelumnya adalah 79 volume/79 minggu. Dilain pihak, rekor rilisnya Hunter x Hunter secara konsisten di majalah Weekly Shounen Jump sangatlah sedikit jika dibandingkan dengan masa hiatus-nya: 30 volume/30 minggu! Dari 865 volume majalah Weekly Shounen Jump yang terbit semenjak manga Hunter x Hunter debut, hanya Hunter x Hunter hanya terbit di 351 volume sementara 514 sisanya hiatus:

lama hunter x hunter hiatus - grafik 3

Berikut ini beberapa grafik lain yang menunjukan lama hiatus Hunter x Hunter, mulai dari hiatus terlama:

lama hunter x hunter hiatus - grafik 4

Banyaknya chapter yang dirilis per tahun-nya:

lama hunter x hunter hiatus - grafik 5

Dan persentase hiatus-nya per tahun:

lama hunter x hunter hiatus - grafik 6

Kamu bisa melihat grafik selengkapnya melalui website Hiatus-Hiatus ini.

Alasan hiatus-nya Togashi ini dikabarkan karena penyakit punggungnya, tetapi alasan sebenarnya mengapa Togashi sering hiatus tidak pernah jelas—beberapa fans bahkan mengatakan Togashi melarikan diri karena tak kuat dengan jam kerja Weekly Shounen Jump yang sangat berat dan ketat.

Sumber: Hiatus-Hiatus


SHARE
Previous articleStudi Mengatakan Anime dan Manga Bisa Membuat Pintar Anak!
Next articleTrailer Daredevil Part II – Aksi Keren Daredevil & Elektra!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.