Huawei Honor 4C, Android Octa-Core Terbaik untuk “Fun and Play”

Huawei-Honor-4c-12

Huawei Mate S, Android Cantik yang Bakal Merespon Setiap Sentuhan

Huawei Mate S, Android Cantik yang Memahami Sentuhan, spesifikasi Huawei Mate S, gambar Huawei Mate S, benchmark Huawei Mate S, jual Huawei Mate S
Baca Juga

Huawei termasuk salah satu pemain Android yang patut diperhitungkan. Mayoritas gadget berbasis Android yang dipasarkan di Indonesia memiliki spesifikasi mumpuni, build quality tinggi, namun tersedia dengan harga jual yang terjangkau. Kesan value-for-money pun melekat pada produk smartphone dan tablet asal China yang sudah dikenal beredar di pasaran gadget Indonesia. Apalagi ditunjang dengan antar muka software EMUI yang begitu ringan dan responsif. Saat ini produk smartphone Huawei telah menjadi pilihan yang worth it bagi penggemar gadget yang mencari perangkat berbasis Android dengan desain yang tidak hanya fashionable, namun juga memiliki spesifikasi tinggi, guna menunjang semua aktivitas kerja sekaligus sarana hiburan.

Huawei Band B0 merupakan salah satu wearable device Huawei, masuk jenis smartwatch, namun dengan fungsi yang terfokus sebagai manajemen pengguna yang memantau aktivitas harian mereka. Mulai mengindektifikasi bagaimana aktifitas harian, selama bekerja, hingga selama beristirahat, sampai memberikan feedback secara real-time ketika kalian membutuhkannya.
Huawei Band B0 merupakan salah satu wearable device Huawei, masuk jenis smartwatch, namun dengan fungsi yang terfokus sebagai manajemen pengguna yang memantau aktivitas harian mereka. Mulai mengindektifikasi bagaimana aktifitas harian, selama bekerja, hingga selama beristirahat, sampai memberikan feedback secara real-time ketika kalian membutuhkannya.
Huawei Y6 ini menjadi penerus Huawei Y3 dan Y5 yang hadir tahun lalu. Beberapa kelebihan Android Lollipop ini seperti desainnya yang stylish dan elegan, mampu berjalan di jaringan 4G LTE, kamera dengan diafragma yang lebar, dan keberadaan speaker stereo.
Huawei Y6 ini menjadi penerus Huawei Y3 dan Y5 yang hadir tahun lalu. Beberapa kelebihan Android Lollipop ini seperti desainnya yang stylish dan elegan, mampu berjalan di jaringan 4G LTE, kamera dengan diafragma yang lebar, dan keberadaan speaker stereo.

Sebagai perusahaan no. 1 di Tiongkok dan no. 2 di Eropa, untuk smartphone berbasis Android, kita tidak heran jika Huawei selalu menjaga kualitas produk mereka dengan standar internasional. Seperti beberapa produk terbarunya yang diperkenalkan di Indonesia berikut ini, yaitu Huawei Y6, Huawei Honor 4C dan smartwatch Huawei B0 (Band Zero). Huawei Y6 dan Huawei Honor 4C keduanya merupakan smartphone Android yang menyasar kebutuhan pengguna akan koneksi data 4G LTE, sedangkan jam yangan cerdas Huawei B0.

Huawei Honor 4C, Android terbaik untuk Fun and Play
Huawei Honor 4C, Android terbaik untuk Fun and Play

Diantara ketiga produk tersebut, yang paling menarik memang Huawei Honor 4C. Smartphone ini sejatinya diluncurkan Huawei tahun lalu, namun kepopulerannya terus meningkat seiring makin banyaknya pengguna Android yang makin mengenali kualitas Huawei yang baik. Ditambah dengan desain yang menawan, siapa pun pasti menyukainya karena terlihat elegan, berkat frame metal yang membingkai tiap sisinya. Karena memanfaatkan konsep unibody, smartphone terasa begitu kokoh ketika menggenggamnya. Meskipun kokoh, cangkang belakang tetap bisa dilepas untuk mengakses slot dua kartu SIM dan microSD-nya. Frame metal tersebut mengapit layarnya yang masih memilih material LCD jenis IPS seperti tipikal perangkat Huawei lainnya. Layar mampu menghasilkan image yang jernih berkat resolusi HD 720×1280-pixel yang dihasilkannya. Penempatan layarnya dengan bingkai tipis sekelilingnya, memberi kesan bahwa layar bebas bezel, sehingga menambah kesan mewah.

Huawei-Honor-4c-18

Huawei-Honor-4c-13

Huawei Nexus 6P, Android Marshmallow Paling Gahar dari Google

Huawei Nexus 6P, Android Marshmallow Paling Gahar dari Google, Spesifikasi Nexus 6P, video Nexus 6P, cara root Nexus 6P, benchmark Nexus 6P
Baca Juga

Untuk “mesin” utamanya, spesifikasi Huawei Honor 4C sudah termasuk sangat memadai untuk smartphoneAndroid yang ditawarkan di rentang harga Rp. 2,3 jutaan. Dengan prosesor besutan Huawei sendiri, HiSilicon Kirin 620, chipset yang dibangun secara 64-bit yang memadukan delapan core prosesor Arm Cortex-A53 berkecepatan 1,2 GHz, serta GPU Mali 450MP4 dengan empat core yang kecepatannya 700MHz. Bisa dikatakan, performa Huawei Honor 4C terasa mulus tanpa lag. Ditambah RAM 2GB dan juga antar muka Emotion UI (EMUI) 3.0, turut menunjang pengalaman pengoperasiannya yang ringan. EMUI Huawei terkenal karena manajeman memory-nya yang sangat baik. Dalam keadaan standar, tersedia lebih dari 1GB RAM yang terbebas untuk kalian gunakan. Dengan konfigurasi hardware yang baik ini, kalian yang hobi multitasking atau main game sekalipun tidak perlu khawatir, karena semua game di PlayStore mampu dieksekusi Honor 4C.

Huawei-Honor-4c-16
Jika kamera utamanya sudah tidak perlu diragukan lagi, kalian yang hobi selfie masih bisa mengandalkan kamera selfienya. Adalensa wide angle berukuran 22 mm, sensor dengan besar pixel 1.4, serta dilapisi dengan filter lensa 4 elemen, membuat kamera selfie Honor 4C ini mampu menghasilkan foto selfie yang mengagumkan.

Kekuatan lain Huawei Honor 4C tidak lain kameranya, yang menggunakan sensor IMX214 Exmor RS. Sensor yang diproduksi Sony tersebut sudah terkenal kualitasnya, dan digunakan pada banyak smartphone flagship tahun 2014 – 2015 lalu. Sensor beresolusi efektif 13-megapixel pada rasio 16:9, diagrafma lensa yang lebar mencapai f/2.0 (dengan makin banyaknya cahaya yang masuk berkat “mata” yang lebar tersebut, menghasilkan foto yang lebih terang meskipun pencahayaan minim) dan dipadukan dengan lensa yang berlapis filter 5-elemen. Huawei mampu memaksimalkannya, dan untuk kalian penghobi fotografi mobile akan selalu mendapatkan banyak mengambil gambar yang bagus. Sedangkan kamera sekundernya, memiliki resolusi 5-megapixel, dan menggunakan sensor dari OmniVision OV5648. Kamera berjenis CMOS BSI+ tersebut, meskipun bukaan lensanya hanya f/2.4, tetap dapat menghasilkan foto yang terlihat terang. Berkat lensa berjenis wide-angle 88-derajat, menjadikan viewfinder lensanya snagat lebar, sehingga cocok untuk kalian yang hobi selfie rame-rame.

Spesifikasi Huawei G8 Padukan Kamera Safir ala iPhone 6 dan Mewahnya 90% Casing Metal

Spesifikasi Huawei G8 Memadukan Prosesor Snapdragon dan Mewahnya Casing Metal, gambar Huawei G8, benchmark Huawei G8, harga Huawei G8
Baca Juga

Meskipun Honor 4C diluncurkan dengan OS Android 4.4 KitKat, namun sekarang Anda sudah dapat mng-upgrade menjadi OS Lollipop. Dikabarkan bahwa update OS menjadi Android 6.0 Marshmallow sedang menunggu konfirmasi. Kelebihan lain dari smartphone Huawei 4C adalah antar muka EMUI-nya, yamenawarkan fitur default storage atau lokasi penyimpanan data-data aplikasi utama langsung ke microSD. Opsi tersebut banyak dibuang oleh sebagian besar smartphone dengan OS Android Lollipop, sehingga data aplikasi tersimpan di internal storage. Dengan opsi tersebut, aplikasi dengan data yang mencapai ukuran GB, misalnya game, tidak perlu khawatir kehabisan internal storage lagi. Cukup menyediakan external storage yang memadai melalui microSD, dan aplikasi akan disimpan disitu, tanpa menghabiskan memori internal. Bicara media penyimpanan, Honor 4C juga mendukung ftur USB OTG dan USB Host, dan kalian bisa langsung hubungkan flash disk menggunakan kabel OTG untuk mempermudah pemindahan data.

Desain casing belakangnya juga inovatif, lembut dengan finishing silk art yang cantik.
Desain casing belakangnya juga inovatif, lembut dengan finishing silk art yang cantik.
Huawei-Honor-4c-17
Audio yang diproses dengan dukungan software DTS, dan efek suara 5.1 channel surround, menciptakan pengalaman musik yang mendalam. Huawei juga menyematkan dua mikropon dan teknologi noise reduction untuk mempertahankan kualitas audio, meskipun kalian mendengarkan musik di tengah ruangan yang gaduh.

Beberapa fitur lain yang tak kalah mendukung unsur “Fun and Play” dari Honor 4C adalah adanya dua slot kartu SIM, yang sama-sama dapat terhubung dengan jaringan 3G. Dengan begitu fleksibilitas dan mobilitas Anda jadi lebih mudah. Kapasitas baterainya juga tinggi, sehingga pemakaian yang paling berat pun, smartphone akan tetap dapat bertahan tanpa perlu mengisi ulang baterai selama 5 jam! Kalian penyuka musik, juga bakal terpuaskan dengan kualitas audio Honor 4C. Single speakernya didukung dengan software DTS Sound yang mampu menghasilkan suara yang sangat jernih.

Huwei Honor 4C juga mendukung kontrol menggunakan gesture jari. Seperti ketuk layar 2x untuk mengaktifkan dari kondisi stand-by, goreskan huruf tertentu pada layar untuk mengaktifkan aplikasi tertentu dari kondisi stand-by, sampai gerakan shake atau menggoyangkan smartphone.
Huwei Honor 4C juga mendukung kontrol menggunakan gesture jari. Seperti ketuk layar 2x untuk mengaktifkan dari kondisi stand-by, goreskan huruf tertentu pada layar untuk mengaktifkan aplikasi tertentu dari kondisi stand-by, sampai ada mode pengoperasian satu tangan untuk yang merasa layar 5-inchinya terlalu lebar..
Honor-4C-EMUI-4
Beberapa kelebihan antar muka EMUI milik Huawei. Mulai default storage bisa langsung ke memory eksternal, hingga manajemen baterai yang hebat. Disebut SmartPower 2.5, kalian bisa memantau berapa besar penggunaan baterai dari masing-masing task dan aplikasi yang berjalan. Bahkan mode Ultra Power Saving-nya mampu membuat smartphone ini bertahan sampai 80 jam!

Satu lagi opsi penting yang jarang diperhatikan oleh konsumen, namun hanya Huawei saja yang berani menawarkannya, yaitu garansi 6 bulan ganti unit baru untuk Honor 4C apabila terjadi kerusakan yang tidak diakibatkan oleh kesalahan pengoperasian pengguna. Teryata selain pas untuk “Fun and Play,” Honor 4C yang ditawarkan dengan harga Rp. 2,299,000 ini juga tidak sampai membuat takut seandainya terdapat kerusakan pada unit baru Anda.

Mode Ultra Power Saving menjadikan tampilan smartphone ini sederhana, namun sangat irit baterai. Kalian juga mendapatkan akses pembatasan koneksi WiFi dan seluler untuk setiap aplikasi. Sangat berguna untuk membatasi aplikasi yang tidak diinginkan mengakses koneksi internet.
Mode Ultra Power Saving menjadikan tampilan smartphone ini sederhana, namun sangat irit baterai. Kalian juga mendapatkan akses pembatasan koneksi WiFi dan seluler untuk setiap aplikasi. Sangat berguna untuk membatasi aplikasi yang tidak diinginkan mengakses koneksi internet.
Honor-4C-EMUI-6
Kalian dengan mudah bisa memantai berapa banyak data yang sudah digunakan setiap aplikasi, sampai membatasi aplikasi tertentu hanya bisa terhubung ke internet melalui jaringan WiFi saja. Fitur semacam ini biasanya memaksa kalian harus ngoprek lebih dalam, sampai melakukan ROOT-ing sistemnya. Oh ya, EMUI juga sudah mendukung tema lho! Jika bosan, tinggal unduh.

Spesifikasi Huawei Honor 4C

  • Chipset: 64-bit HiSilicon Kirin 620, dengan CPU octa-core Octa-core 1.2GHz Cortex-A53
  • GPU: Mali-450MP4 dengan kecepatan 700MHz
  • Layar: 5-inchi HD IPS (720 x 1280-pixel / 294ppi)
  • Memory: 2GB LPDDR3 RAM
  • Storage: 8GB EMMC, plus slot micro SD hingga 64GB
  • Kamera utama: 13-megapixel sensor Sony IMX214 Exmor RS, dengan bukaan lensa f/2.0, dan filter lensa 5-elemen. Didukung autofocus, dan LED flash mampu merekam video pada kualitas 1080p@30fps
  • Kamera depan: 5-megapixel sensor OmniVision OV5648 CMOS BSI+, lensa wide-angle 88-derajat, dengan bukaan lensa f/2.4, dan filter lensa 4-elemen. Merekam video pada kualitas 720p@30fps
  • Baterai: 2,550mAh (non-removable)
  • OS: Android 4.4 KitKat dengan antar muka EMUI 3.0, sudah tersedia update ke Android 5.0 Lollipop dengan antar muka EMUI 3.1, dan direncanakan mendapatkan update Android 6.0 Marshmallow
  • Dimensi: 143.3 x 71.9 x 8.8 mm
  • Berat: 162gram
  • Jaringan: 3G / 2G (dual Micro SIM)
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b, g, n / micro USB type 2 / USB OTG / USB Host / Bluetooth 4.1 / A-GPS dengan dukungan GLONASS
  • Audio: Radio FM, speaker dengan pemrosesan software DTS
  • Sensor: accelerometer, proximity, compass, gyro
  • Warna: Black / White / Gold


SHARE
Previous articleGame PC Ori Murah! Empat Game Star Wars Harganya Cuma Rp 14 Ribuan!
Next articleKisah Boneka Si Unyil akan Tayang Dalam Bentuk 3D!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.