10 Pelajaran Hidup dari Game Harvest Moon Ini Bisa Buat Hidupmu Menjadi Lebih Baik!

Return-to-PopoloCrois-5 Harvest Moon terbaru

Pangeran Ini Rela Turun Tahta dan Bercocok Tanam di Game Harvest Moon!

Harvest Moon terbaru yang bisa kalian mainkan dimana saja, kapan saja ini mengajukan seorang pangeran yang rela membaur dengan rakyat jelata, bercocok tanam, bahkan mencari putri pendamping kerajaannya!
Baca Juga

Selama Tokyo Game Show 2014 lalu, Marvelous, developer yang dikenal melalui serial Harvest Moon, mengkonfirmasikan satu game Harvest Moon yang tidak biasa. Berjudul Return to PoPoLoCrois: A Story of Seasons Fairytale, atau juga dikenal sebagai PopoloCrois Bokujou Monogatari (Farm Story) di Jepang. Tidak ada identitas Harvest Moon terbaru (Bokujou Monogatari) jika diterjemahkan nantinya, mengingat Natsume yang mengambil alih hak atas nama Harvest Moon di Barat. Meskipun sekadar spin-off, atau game sampingan dari serial Harvest Moon, namun game yang sudah dirilis kemarin 1 Maret 2016 di Amerika Utara tersebut memiliki banyak esensi yang sudah kita kenali dari sebuah Harvest Moon, serial game legendaris yang banyak memberi nilai positif pada para pemainnya, melalui aktivitas mengatur perkebunan, peternakan, sampai interaksi sosial dengan sesamanya. Jauh dari kata kekerasan atau kebiasaan remaja masa kini. Kalian para orang tua yang mencari permainan yang mengajarkan banyak hal baik di dalamnya, kami merekomendasikan Harvest Moon.

Return-to-PopoloCrois-12 Harvest Moon terbaru

Return-to-PopoloCrois-2

Return to PoPoLoCrois sendiri walaupun tidak sepenuhnya sebuah Harvest Moon, namun serial game PopoloCrois merupakan salah satu serial RPG eksklusif Jepang yang cukup dikenal karena temanya yang sangat lembut, desain karakternya yang imut-imut, dunia yang colorfull, serta temanya, yang memperlihatkan persahabatan dan perasaan cinta dan kasih sayang, tanpa mempedulikan latar belakang antar sesama manusia. Walaupun ada adegan pertarungan melawan monster di sana, namun itu hanya sekadar selingan, karena memang PoPoLoCrois sendiri dikenal sebagai RPG dengan setting kerajaan abad pertengahan, serta pertarungan melawan monster merupakan elemen wajib dalam sebuah RPG.

Return-to-PopoloCrois-16

Dari Harvest Moon, fitur yang kalian rasakan seperti memelihara binatang, dan menumbuhkan tanaman di peternakan yang dikelola karakter. Memang unsur dari Harvest Moon tersebut tidak terlalu memegang peranan di sini, namun jelas kalian menikmatinya untuk mendapatkan item yang berguna, dan hanya bisa didapatkan dengan bercocok tanam.

Harvestmoon : Back to Nature – My Farm

Kembali pada Harvest Moon, serial ini memulai debutnya di tahun 1996 silam untuk konsol Super Nintendo, dan saat itu masih dikembangkan developer Acmcus. Kepopulerannya dimulai ketika tahun 2000 silam, melalui dveeloper Victor dan diterbitkan oleh Natsume untuk PlayStation One. Harvest Moon: Back to Nature yang dirilis untuk PlayStation tersebut begitu populer di Indonesia. Bahkan ada versi khusus dengan bahasa Indonesia, dengan banyak modifikasian gameplay. Sangat mengejutkan memang, karena Harvest Moon ini termasuk kategori game yang tidak mainstream, yaitu berjenis simulasi kehidupan diselingi aktivitas bercocok tanam. Seri yang memiliki judul asli Bokujou Monogatari di Jepang ini bisa sangat populer karena memang seru untuk dimainkan dan digemari oleh gamer baik lelaki ataupun perempuan.

Pelajaran-Hidup-dari Game Harvest Moon (11)

History of – HARVEST MOON (1996-2015)

Ranch Paradise, Harvest Moon dengan Cita Rasa Indonesia!

Penggemar Harvest Moon bakal menemukan nuansa yang mereka sukai dari serial tersebut dalam Ranch Paradise, cross over simulasi berkebun / bertani, dengan genre romance dating simulation.
Baca Juga
[clearboth]

Bagi kalian yang mungkin belum mengenal Harvest Moon: Back to Nature, game ini menempatkan kalian pada posisi seorang pemuda bernama Jack, yang mewarisi perkebunan dan peternakan milik mendiang kakeknya di sebuah kota kecil bernama Mineral Town. Warisan yang terbengkalai ini telah ditinggal cukup lama dalam keadaan berantakan, dan kamu sebagai pewaris diberi kesempatan oleh walikota Mineral Town untuk memperbaikinya ke kejayaan semula. Semua ini harus bisa kamu capai dalam waktu tiga tahun saja, dan jika sampai kamu tidak bisa memenuhi syarat-syarat yang diminta, kamu akan disuruh meninggalkan kota tersebut.

Pelajaran-Hidup-dari Game Harvest Moon (4)

Seperti yang kami sebutkan di atas, Harvest Moon merupakan serial game yang dipadati banyak unsur hidup positif. Tidak herak jika populer di kalangan berbagai gamer, terutama mereka yang menggemari tipikal permainan dengan tema tentang membangun sebuah pertanian. Banyak juga yang menganggap Harvest Moon ini adalah sebuah simulasi kehidupan yang terbaik? Kok bisa? Nih, kami kompilasikan berbagai pelajaran hidup dari game Harvest Moon yang bisa kalian temukan selama memainkannya.

1

Mengajarkan Perjuangan dari Nol


Return-to-PopoloCrois-5

Ya, dengan menggambarkan seorang anak laki-laki yang harus berjuang hampir dari nol untuk tetap mempertahankan dirinya, mencapai kesuksesan dan memiliki sebuah keluarga, pelajaran hidup dari game Harvest Moon tersebut bisa menginspirasi siapa pun yang bernasib sama seperti sang karakter agar tidak mudah menyerah.

Lanjut ke halaman 2…

1
2
3
4
5

SHARE
Previous articleDawn of Aden, Ini Lho Game Mobile Lineage II yang Sebenarnya!
Next articleGame PC Ori Murah! Empat Game Star Wars Harganya Cuma Rp 14 Ribuan!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.