Huawei Y6, Smartphone Musik Android Berharga 1 Jutaan dengan Speaker Stereo

Huawei-Y6-7

Huawei Honor 4C, Android Octa-Core Terbaik untuk “Fun and Play”

Cara Root Huawei Honor 4C, Android Octa-Core Terbaik untuk “Fun and Play”, Huawei Honor 4C ROOT guide, Huawei Honor 4C update Marshmallow
Baca Juga

Huawei termasuk salah satu pemain Android yang patut diperhitungkan. Mayoritas Android mereka yang dijual di Indonesia memiliki spesifikasi mumpuni, kualitas build quality tinggi, namun dengan harga jual yang terjangkau. Kesan value-for-money pun melekat pada produk smartphone dan tablet Huawei yang sudah kita kenal beredar di Indonesia. Apalagi ditunjang dengan antar muka software EMUI yang begitu ringan dan responsif, saat ini produk smartphone Huawei menjadi pilihan yang worth it bagi gadgeter yang mencari Android dengan desain yang tidak hanya fashionable, namun juga memiliki spesifikasi tinggi untuk menunjang semua aktivitas kerja sekaligus sarana hiburan.

Huawei-Y6-1
Huawei Y6

Huawei Mate S, Android Cantik yang Bakal Merespon Setiap Sentuhan

Huawei Mate S, Android Cantik yang Memahami Sentuhan, spesifikasi Huawei Mate S, gambar Huawei Mate S, benchmark Huawei Mate S, jual Huawei Mate S
Baca Juga

Sebagai perusahaan no. 1 di Tiongkok dan no. 2 di Eropa untuk smartphone berbasis Android, kita tidak heran jika Huawei selalu menjaga kualitas produk mereka berstandar internasional. Seperti beberapa produk terbarunya yang diperkenalkan di Indonesia berikut ini, yaitu Huawei Y6, Huawei Honor 4C dan smartwatch Huawei B0 (Band Zero). Huawei Y6 dan Huawei Honor 4C keduanya merupakan smartphone Android kelas low hingga middle, yang menyasar kebutuhan pengguna akan koneksi data 4G LTE menggunakan produk berkelas yang affordable (melalui Huawei Y6), serta mereka yang mendambakan Android dengan desain mewah dan memiliki kualitas fotografi mobile serta kinerja prosesor yang tinggi (melalui Huawei Honor 4C). Sedangkan jam yangan cerdas Huawei B0, ditujukan untuk pribadi aktif, yang ingin memaksimalkan kemampuan smartphone sekaligus juga sebagai pelacak setiap aktivitas fisik penggunanya.

Huawei-Y6-6

Diantara ketiga produk tersebut, yang paling menarik memang Huawei Honor 4C. Smartphone ini sejatinya diluncurkan Huawei tahun lalu, namun kepopulerannya terus meningkat seiring makin banyaknya pengguna Android yang makin mengenal kualitas Huawei dalam memproduksi smartphone mereka. Kami sudah mengulas mengenai smartphone tersebut dalam artikel sebelumnya.

Selain Honor 4C, Huawei juga memiliki Huawei Y6 sebagai bagian jajaran Android affordable lainnya yang berdesain stylish. Smartphone ini menjadi penerus Huawei Y3 dan Y5 yang hadir tahun lalu. Beberapa kelebihan Android Lollipop ini seperti desainnya yang stylish dan elegan, mampu berjalan di jaringan 4G LTE, kamera dengan diafragma yang lebar, dan keberadaan speaker stereo, yang menjadikannya sebagai salah satu pilihan smartphone musik terbaik di kelas harga 1 jutaan. Dengan Huawei sebagai perusahaan yang inovatif serta perusahaan pertama yang meluncurkan jaringan 4G dan bahkan 5G, Huawei Y6 ini snagat stabil digunakan berselancar di dunia maya menggunakan koneksi 4G.

Huawei-Y6-3
Pilihan warna putih dengan bezel emas ini terlihat elegan!

Di sisi konfigurasi hardware juga sudah cukup mumpuni. Snapdragon 210 yang digunakannya termasuk ke dalam salah satu chipset mobile entry level yang paling banyak digunakan Android dengan harga affordable yang eksis akhir-akhir ini. Salah satu yang menarik darinya, sudah memiliki empat core CPU, dan mendukung koneksi data 4G LTE. Prosesor tersebut dipadukan dengan GPU Adreno 304., dan Jatah RAM 1 atau 2GB.

Huawei-Y6-2

Jika kalian membutuhkan kinerja yang mulus, penulis sarankan memilih yang RAM 2GB, meskipun di sisi antar muka, EMUI-nya Huawei terkenal baik dalam manajemen baterai. Kemudian di sisi layar, Huawei memilih layar IPS dengan resolusi HD, sehingga tidak memberarkan kinerja prosesor. Layar tersebut juga sudah mendukung multitouch ingga 5 titik. Kalian yang hobi fotografi mobile melalui smartphone juga bisa mengandalkan sensor kameranya yang kini dipilih sensor CMOS BSI beresolusi 8-megapixel dengan bukaan lensa lebar, mencapai f/2.0. Keberadaan LED flash pun juga untuk membantu memotret di tempat gelap.

Honor-4C-EMUI-4
Beberapa kelebihan antar muka EMUI milik Huawei. Mulai default storage bisa langsung ke memory eksternal, hingga manajemen baterai yang hebat. Disebut SmartPower 2.5, kalian bisa memantau berapa besar penggunaan baterai dari masing-masing task dan aplikasi yang berjalan.

Sama seperti Honor 4C, Huawei Y6 yang langsung menjalankan OS Android 5.0 Lollipop ini memiliki pengaturan default storage lho gaes! Ada opsi untuk memilih lokasi penyimpanan data-data aplikasi utamanya langsung ke microSD. Opsi tersebut banyak dibuang oleh tipikal smartphone dengan OS Android Lollipop, karena memang Google menstandarkan data aplikasi tersimpan di internal storage sejak OS Lollipop. Dengan opsi tersebut, kalian yang memiliki aplikasi dengan data mencapai ukuran GB, seperti game misalnya, tidak perlu kuatir kehabisan internal storage.

Smartphone Musik
Menarik adalah adanya speaker stereo! Sesuatu yang jarang diberikan vendor smartphone harga di bawah 2 jutaan! Menjadikannya sebagai smartphone musik yang menarik. Oh ya, memang ada dua corong speaker, namun memang suara speakernya yang stereo tersebut hanya keluar dari sisi kiri saja. Sedangkan lubang speaker di sisi kanan hanya sebagai pemanis, dimana mic tersimpan.

Huawei sendiri menjual smartphone musik dengan speaker stereo Huawei Y6 dan Huawei Y6 Premium (RAM 2GB) ini dengan harga Rp. 1,699,000 dan Rp. 1,999,000. Ada pilihan warna hitam dan putih (menggunakan frame berwarna emas). Penulis sih suka yang warna putih, apalagi ada hiasan warna emasnya.

Spesifikasi Huawei Y6

  • Chipset: 32-bit Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210, dengan CPU quad-core 1.1 GHz Cortex-A7
  • GPU: Adreno 304
  • Layar: 5-inchi HD IPS (720 x 1280-pixel / 294ppi)
  • Memory: 1/2GB LPDDR3 RAM
  • Storage: 8GB EMMC, plus slot micro SD hingga 32GB
  • Kamera utama: 8-megapixel dengan bukaan lensa f/2.0. Didukung autofocus, dan LED flash mampu merekam video pada kualitas 720p@30fps
  • Kamera depan: 2-megapixel
  • Baterai: 2,200mAh (removable)
  • OS: Android 5.1 Lollipop, dengan antar muka EMUI 3.1
  • Dimensi: 143.5 x 72.1 x 8.5 mm
  • Berat: 125gram
  • Jaringan: LTE Cat 4 / 3G / 2G (dual Micro SIM)
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b, g, n / micro USB type 2 / Bluetooth 4.1 / A-GPS dengan dukungan GLONASS
  • Audio: Radio FM, speaker stereo
  • Sensor: accelerometer, proximity, compass
  • Warna: Black / White

SHARE
Previous articleUpdate Software PS4 3.50 Terbaru Ini Bikin Kamu Bisa Main Game PS4 di PC!
Next articleExtreme Bike Racing, Game Plus Edukasi Keselamatan dalam Bersepeda!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.