Gerhana Matahari Total Indonesia Pasti Terlewatkan Karena 7 Hal Ini

Gerhana-Matahari-9-Maret

10 Video Game Ini Menggunakan Bulan Sebagai Setting Utama

Gerhana Bulan, Mitos Gerhana Bulan, Foto Gerhana Bulan, Gerhana Bulan Total, Gerhana Bulan Berdarah, Gerhana Bulan Darah, Shalat Gerhana Bulan.
Baca Juga

Untuk pertama kalinya di abad 21, dunia akan mengalami yang namanya gerhana matahari total. Gerhana matahari sendiri adalah posisi ketika bulan berada antara matahari dan bumi, sehingga cahaya matahari yang seharusnya menyinari bumi tertutup oleh bulan. Beruntungnya Indonesia, karena Indonesia satu-satunya negara yang memiliki kesempatan untuk melihat gerhana matahari dari daratan. 12 provinsi di Indonesia diproyeksikan siap menikmati fenomena alam yang langka ini. Ya, kamu perlu excited mengetahui fakta tersebut. Tapi rasa penasaran kamu terhadap gerhana matahari total bisa aja kandas seketika karena beberapa hal ini.

Berikut beberapa hal yang pasti bisa menggagalkan kemungkinan kalian melihat Gerhana Matahari Total Indonesia.

  1. Cuaca
Gerhana Matahari Total Indonesia
Gerhananya tertutup hujan

Pada bulan Maret, Indonesia sedang mengalami musim penghujan. Jadi gak menutup kemungkinan pas 9 maret nanti atau lebih tepatnya saat gerhana matahari terjadi, awan-awan gelap bergerombol di langit sehingga menghalangi pemadangan kamu untuk melihat fenomena gerhana matahari yang langka. Kalo kaya gini, yaudah deh mending nonton di tv aja. Atau gak nunggu gerhana matahari selanjutnya yang diprediksi terjadi tahun 2023.

  1. Bangun Kesiangan

bangun siang

Tanggal 9 Maret nanti, bertepatan juga dengan tanggal merah untuk memperingati hari raya nyepi. Biasanya kan orang Indonesia kalo tau lagi libur, bawaannya pengen males-malesan di kasur aja. Mungkin aja nih pas gerhana matahari yang notabene terjadinya pagi hari, kamu malah lagi asik-asik tidur di kasur sambil mimpiin mantan kamu. Bukannya ngeliat gerhana matahari, tapi kamu malah baper berkepanjangan.

  1. Gak Di Tempat Strategis
Gerhana Matahari Total Indonesia
Tempat yaang strategis melihat gerhana matahari (credit to Detikcom)

Udah dijelasin kalo gerhana matahari tuh cuma ada di 12 provinsi di Indonesia yaitu Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesa Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku. Nah kalo kamu sekarang tinggal di luar daerah yang disebut tadi, kecil kemungkinan bisa kebagian melihat fenomena gerhana matahari total. Kecuali nonton di TV.

  1. Gak Punya Alat Khusus
Gerhana Matahari Total Indonesia
Kaca mata anti silau

Oke anggap kamu tuh tinggal di 12 provinsi yang tadi disebut, tapi kamu belum otomatis bisa ngeliat gerhana matahari gitu aja. Sebab untuk melihat gerhana matahari sangat berbahaya jika hanya dengan mata telanjang. Makanya diperlukan alat khusus seperti Kaca mata hitam berfilter yang mampu meredam 100.000 kali silau matahari.

  1. Ada Urusan Yang Lebih Penting
Gerhana Matahari Total Indonesia
Ngurusin kerjaan (credit to Nytimescom)

Ceritanya kamu udah punya kaca mata hitam yang mampu meredam 100.000 kali silau matahari terus kamu juga berada di tempat yang strategis untuk melihat gerhana matahari total, sayangnya ternyata pada saat itu, kamu punya urusan yang lebih penting ketimbang nontonin gerhana matahari. Meski gerhana matahari adalah fenomena langka, tapi urusan kamu jauh lebih penting karena menyangkut masa depan kamu. Ya yaudah deh, mau gimana lagi. Terpaksa harus nunggu gerhana matahari selanjutnya.

  1. Lupa
Gerhana Matahari Total Indonesia
Lupa gak nonton gerhana matahari

Lupa adalah sifat dasar seorang manusia. Namun tingkat kepikunan tiap orang beda-beda. Nah orang yang tingkat lupanya udah ada di high level, bisa jadi pas gerhana matahari dia lupa kalo ada gerhana matahari. Yah sayang sekali.

  1. Emang Engga Tau
Gerhana Matahari Total Indonesia
Gak tau tuh

Kali aja nih ada orang yang engga tau kalo tanggal 9 Maret nanti akan terjadi gerhana matahari di Indonesia. Jadinya dia cuek aja gitu dan engga peduli juga sama orang-orang yang belakangan tiba-tiba ribet sendiri.


SHARE
Previous articlePemeran Ksatria Baja Hitam, Tetsuo Kurata Bakal Hadir di Jakarta Toys and Comic Fair 2017!
Next articleIngin Jago Bikin Game VR? Ikuti Unity Roadshow Ini, Gratis!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca