Awas Gan! Dilarang Selfie Saat Gerhana Matahari! Ini Alasannya

Gerhana-Matahari-Total-9-Ma

Mungkin kamu sering mendengar istilah “Selfie berujung bencana”. Mengabadikan portrait diri dalam suatu situasi memang tidak salah, namun ketika hal tersebut kamu lakukan saat sedang berkendara atau di momen yang tidak tepat hal tersebut dapat menjadi bencana untuk kamu yang melakukannya. Nah untuk kamu yang besok tepatnya tanggal 9 Maret 2016 akan melihat Gerhana Matahari ingat dilarang Selfie saat gerhana! Kenapa dilarang? Simak ulasannya disini

Gerhana-Bulan-1

Beberapa hari ini gerhana matahari mungkin sedang hype di Indonesia. Bagaimana tidak Indonesia menjadi negara satu-satunya yang dapat menikmati Gerhana Matahari Total. Gerhana Matahari total adala peristiwa di mana posisi Bulan, Matahari dan Bumi sejajar berada pada garis lurus. Kamu tentunya sudah mempelajari ini saat Sekolah Menengah Pertama.

Nah, Saat peristiwa itu terjadi maka Bulan akan melintas diantara Matahari dan Bumi. Hal tersebut tntu akan menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi akan terhalang untuk beberapa waktu.

Peristiwa yang jarang sekali terjadi ini tentu sangat sayang apabila terlewatkan untuk diabadikan. Namun hal tersebut sangat tidak disarankan.


1

Dapat Merusak Lensa


Sebelum Membeli Handphone - Bujet

Moedji Raharto seorang peneliti Astronomi Observatorium Bosscha mengatakan bahwa “Foto dengan menggunakan ponsel dapat membahayakan kamera, Setidaknya harus ada pelapis yang dapat meredam cahaya”

Jika kamu berfoto Selfie dengan mengarahkan kamera ponsel ke arah Matahari sebenarnya yang akan kamu dapatkan hanyalah gambar siluet. Untuk mengambil foto Gerhana Matahari yang berkualitas dibutuhkan kamera dengan lensa Tele yang panjang.


2

Dilarang Melihat Gerhana dengan Mata Telanjang


Gerhana-Matahari-9-Maret

Jika kamu merasa belum puas dengan berfoto Selfie mungkin kamu akan tertarik mengambil gambar Gerhana Matahari. Ingat saat kamu hendak mengambil gambar jangan pernag melihat Gerhana Matahari dengan mata telanjang. Mengapa? Hal tersebut (Cahaya Matahari) dapat  membahayakan retina mata kamu. Mungkin setelah kamu mengabadikan gambar atau melihat Gerhana Matahari kamu akan merasa tidak apa apa tapi dampak tersebut akan kamu rasakan beberapa hari kemudian. Efek sinar Matahari dapat membakar titik pusat di bagian retina dan memberikan efek “After Image” hal tersebut akan membuat kamu kesulitan melihat sekitar.


3

Wajib Menggunakan Kacamata


Gerhana Matahari

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya. Jika kamu ingin melihat Gerhana Matahari kamu harus menggunakan kacamata khusus yang nantinya akan berfungsi melindungi mata kamu dari paparan sinar Matahari. Jika kamu berniat melihat Gerhana Matahari dengan perantara Smartphone yang kamu miliki “Tetap” kamu diwajibkan menggunakan kacamata pelindung.


4

Lindungi Kamera dengan Lensa “Astrosolar”


gerhana (1)

Masih penasaran ingin berseflie atau mengabadikan Gerhana Matahari? Mungkin kamu harus menlindungi lensa kamera kamu dengan menggunakan lensa Astrosolar. Lensa tersebut dapat melindungi kamera kamu dengan mengurangi sinar yang datang dari kamera dan tentunya dapat mempertajam gambar Gerhana Matahari yang kamu ambil.

Itulah beberapa mengapa dilarang Selfie saat Gerhana Matahari. Selain dapat merusak retina mata, Selfie tanpa perlengkapan khusus juga dapat merusak lensa kamera kamu. Bagaimana apa kamu tertarik untuk ber-selfie saat Gerhana Matahari? Bagaimana pendapatmu mengenai fenomena ini? Berikan komentar mu di kolom komentar yah!

SHARE
Previous article10 Game RPG Android Terbaik Tahun 2015-2016!
Next articleTewas di Batman v Superman, Commissioner Gordon Justru Berlaga di Justice League
Penikmat musik rock dan band-band di era 90 an. Memiliki hobi bermain game Action hingga RPG, menonton series, movie, anime, dan seorang Game Theorist. Salah satu fans berat DC dan marvel.