7 Kejanggalan dalam Kemunculan SpiderMan di Civil War [UPDATE]

spidey

Kemunculan SpiderMan di Civil War justru menimbulkan tanda tanya besar!

Akhirnya hal yang dinanti tiba. Kemunculan SpiderMan di Civil War terungkap bertepatan dengan perilisan trailer ke-2 dari film Captain America: Civil War.

Tentunya ini merupakan strategi pemasaran yang jitu dari Marvel Studio. Karena dengan kemunculan SpiderMan di Civil War menimbulkan kejutan yang mengguncang dunia.

7 Kejanggalan dalam Kemunculan SpiderMan di Civil War [UPDATE]

Berasa ada yang aneh gak sih pada Spider-Man?

Abaikan

Yang menarik tentu saja adalah melihat bagaimana Marvel Studio menyajikan debut Spidey. Dia bukan sekedar diperlihatkan bertarung, bergelayutan, atau bercanda. Dia memulai debutnya dengan mencuri tameng Cap dan menjerat tangan prajurit super itu dengan jaringnya. Itu mungkin adalah debut terbaik yang bisa dipikirkan oleh tim Marvel untuk menampilkan kemampuan superhero populer ini.

Namun kemunculan SpiderMan di Civil War ini justru menimbulkan kejanggalan. Jika diperhatikan, ada beberapa hal yang tidak wajar dan tidak pas pada Spider-Man untuk berada di Civil War!

Kejanggalan kemunculan SpiderMan di Civil War antara lain adalah:


1

Terlalu Muda


Pemilihan Tom Holland sebagai Spider-Man -apakah ia menjadi Peter Parker sebenarnya belum konfirmasi juga- membuat ia menjadi casting termuda di antara superhero Marvel Cinematic Universe. Tentunya ini mengundang pertanyaan, apakah superhero semuda ia sudah cukup “matang” untuk bertarung di antara perseteruan antara Iron Man dan Captain America ini? Satu hal, ia masih menjadi rookie -kemunculannya sendiri hanya desas-desus di Ant-Man- sehingga tentunya Spider-Man muda ini dipertanyakan apakah ia cukup berpengalaman untuk bertarung dengan para superhero veteran lainnya?

Aktor Pemeran Spider-Man - Tom Holland

Superhero rookie di Civil War memang bukan Spider-Man sendirian. Sebut saja Scarlet Witch, Falcon, Ant-Man, hingga Vision -yang secara teknis bahkan baru lahir saat Age of Ultron-. Namun mereka telah memiliki pengalaman di lapangan walau beberapa saat. Bagaimana dengan Spider-Man? Apakah ia sudah cukup umur untuk berperang di antara para superhero?


2

Desain Kostum yang Old School


Kemunculan SpiderMan di Civil War juga memunculkan perdebatan tersendiri dalam hal kostumnya. Spider-Man versi Sony, baik Tobey Maguire dan Andrew Garfield memiliki desain kostum yang modern -dan mengilap- sehingga, ya, bisa dikatakan keren. Sedangkan desain kostum Spider-Man Tom Holland justru bernuansa old school. Sebut saja mulai dari desain “mata” Spider-Man yang kecil, warna yang cukup cerah, hingga tekstur jaring yang tidak mengilap.

spiderman (1)

Memang setidaknya Marvel Cinematic Universe memberikan aksen garis hitam/ gelap dalam beberapa bagian kostumnya. Namun apakah ini sudah membuat Spider-Man tampak keren?

spiderman (2)

Kalau kalian bertanya pada saya, saya pribadi cukup puas. Mengingat ini adalah masa perkenalan dari Spider-Man, toh seperti biasanya Marvel pasti mengembangkan desain kostumnya seiring perjalanan waktu.


3

Matanya kok bisa gerak?


Kalau ini adalah sebuah kostum, mengapa mata Spider-Man bisa mengecil dan membesar? Jika dijawab secara teknis, tentunya ini adalah teknologi CGI seperti halnya mata Deadpool -secara teknis, Civil War digarap lebih dulu daripada Deadpool jadi kurang tepat kalau dibilang meniru Deadpool- Tapi secara logis, tentunya aneh bagaimana bisa mata Spider-Man membesar dan mengecil seperti itu.

spiderman (1)

Tentunya karena ini dunia film, logika seperti itu tidak terlalu penting. Dengan mata Spider-Man yang bisa membesar dan mengecil, tentu selain kesan komikal, Spider-Man versi Marvel Cinematic Universe lebih ekspresif dibandingkan dengan, katakanlah, versi Sony.


4

Jaring Mekanis, atau Jaring Organis?


Ada perbedaan antara cara Spider-Man menembakkan jaringnya pada versi Tobey Maguire dengan Andrew Garfield. Tobey mengalami versi baru dimana Spider-Man bisa menembakkan jaring secara alami, sedangkan Andrew menembakkan jaring dengan bantuan web shooter, sebagaimana Spider-Man kontemporer.

Marvel's Captain America: Civil War Spider-Man/Peter Parker (Tom Holland) Photo Credit: Film Frame © Marvel 2016

Bagaimana dengan versi Tom Holland? Jika melihat dengan teliti, di bagian pinggangnya terdapat utility belt. Kemungkinan belt ini digunakan untuk menyimpan peluru jaring milik Spider-Man Tom Holland. Maka dari itu besar kemungkinan Spider-Man versi Tom adalah penembak jaring mekanis dengan web shooter.

Marvel's Captain America- Civil War - Trailer 2.mp4_snapshot_02.16_[2016.03.15_21.43.00]

Dari sisi sini pun terlihat jelas bahwa Spider-Man memang menggunakan web shooter berwarna hitam.

1
2

SHARE
Previous articleKecanduan Football Manager? Pastinya Kamu Memiliki 7 Sifat Ini
Next articleMonster Age, Ini Jadinya Jika Summoners War Berpadu dengan Pokémon!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.