Stardew Valley Guide: Panduan Tahun Pertama

Stardew Valley Guide: Panduan tahun pertama untuk bertani, mengumpulkan tanaman liar, merakit alat-alat, bersahabat dengan warga, dan banyak lagi!

Stardew Valley Guide featured image

Kamu bisa bikin pertanian yang efisien dengan Stardew Valley Guide ini!

Stardew Valley Guide – Stardew Valley adalah game PC yang baru rilis 2 minggu lalu di Steam dan sudah mendulang rating “overwhelmingly positive“. Developernya, ConcernedApe, adalah penggemar berat Harvest Moon yang berhasil seorang diri membuat Harvest Moon versinya sendiri. Bahkan, meskipun berbeda platform, dapat dikatakan kepopuleran Stardew Valley jauh mengalahkan Story of Seasons.

Story of Seasons, Harvest Moon Versi Orisinal Ini Akhirnya Bakal Dirilis Awal Maret

Bukan berarti Harvest Moon: The Lost Valley itu KW lho ya, namun Story of Seasons yang masih pertahankan banyak ciri khas Harvest Moon jadul!
Baca Juga

Jalan cerita Stardew Valley kurang lebih sama dengan Harvest Moon: pemain mendapatkan warisan lahan pertanian untuk digarap hingga menjadi petani yang sukses dan akrab dengan warga Pelican Town. Bagaimana definisi sukses dan akrab sesungguhnya terserah citizen sebagai pemain. Apakah citizen ingin mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya, membangun lahan terindah, membantu Pelican Town menjadi kota yang lebih baik? Apakah citizen ingin berumah tangga saja atau berteman dengan semua warga?

Apa pun rencana citizen, Duniaku punya Stardew Valley Guide untuk tahun pertama citizen di Stardew Valley. Tujuan jangka panjangnya adalah membangun pertanian yang efisien sehingga kita dapat leluasa menjelajahi berbagai hal lain pada tahun kedua.

Stardew Valley Guide
Lahan yang jarang dibersihkan lama-lama menjadi seperti hutan

Spring Tahun Pertama

Tentu saja ini masa tersulit secara keuangan. Citizen perlu mengumpulkan modal sebanyak-banyaknya, hanya berbekal segelintir fasilitas pertanian. Untuk panduan harga item di Stardew Valley, citizen dapat memeriksa stardewvalleywiki. Hal yang perlu diingat adalah karakter kita harus tidur sebelum jam 2 pagi. Di mana pun kita berada, kita pasti ketiduran kalau belum mencapai kasur pada jam 2 pagi. Keesokan harinya kita akan mendapatkan tagihan pengobatan dan uang kita berkurang.

Membersihkan Lahan

Saat membersihkan lahan, gunakan kapak untuk menebang pohon (perlu 15 kali). Dari penebangan pohon, kumpulkan sap, acorn seed, pine seed, dan maple seed untuk dijual. Kalau sudah punya 50 wood, buatlah chest (klik E, cari crafting); ini sangat bermanfaat untuk menampung barang-barang. Jangan jual wood dan fiber. Wood bermanfaat untuk membuat bangunan dan crafting, sementara fiber dapat digunakan untuk membuat scarecrow. Juga simpan stone dan coal karena dijual pun harganya tidak seberapa, lebih baik dikumpulkan untuk crafting.

Stardew Valley Guide
Sebagian alat hasil crafting

Bertani

Di Stardew Valley kita bisa bercocok tanam dengan formasi 3×3 tanpa khawatir tanaman di pusat tidak tersiram. Kita bisa melewati tanaman yang sudah tumbuh tinggi sekalipun, kecuali segelintir tanaman merambat seperti Grape yang menggunakan kayu. Sebaiknya lahan dibuat dekat dengan kolam agar mudah mengisi ulang penyiram air.

Seperti disarankan oleh IGN, menabunglah untuk membeli strawberry seed di Egg Festival (13 Spring). Pada akhir Spring, simpan dua atau tiga stroberi di chest untuk diubah menjadi biji dengan seed maker yang bisa kita craft nanti. Jadi pada Spring tahun kedua kita bisa menanam Stroberi tanpa menunggu Egg Festival.

Stardew Valley Guide
Isi salah satu chest pada awal tahun kedua

Memungut (Foraging)

Banyak tanaman tumbuh secara acak di Stardew Valley, biasanya di lahan kosong, yang dapat kita pungut. Periksa juga pantai karena di sana ada kerang atau karang yang juga bisa dipungut. Hasilnya dapat kita jual atau berikan kepada NPC (sebagian besar wanita suka bunga) karena kita belum mampu memberikan hadiah berupa hasil tani kita. Pada pertengahan Spring dan Fall, semak-semak dapat berwarna merah (Spring) atau biru (Fall), tekan x di dekat semak-semak itu untuk mendapatkan banyak berry. Harga berry murah, jadi simpan saja berry di tas untuk diberikan kepada NPC (hanya sebagian orang suka) atau kita makan sendiri untuk menambah tenaga. Setiap awal musim pada tahun pertama, kumpulkan masing-masing satu jenis tanaman liar untuk dibawa ke Community Center.

Stardew Valley Guide
Kalau melihat cacing, gunakan hoe/pacul. Kita akan mendapatkan sesuatu.

Community Center

Pertama kali kita ke Community Center, kita akan melihat penampakan makhluk gaib. Pergilah ke ruangan di sebelah kiri dan baca semacam pelat bersinar di sana. Kunjungi penyihir di sebelah barat hutan di bawah lahan pertanian kita; dia akan membantu kita membaca pelat itu. Isi pelat itu adalah quest untuk mengumpulkan macam-macam item (tanaman liar, hasil pertanian, hasil ternak, ikan, dll) yang dibagi dalam berbagai bundle. Forage bundle adalah yang termudah dan perlu kita lakukan setiap awal bulan untuk mendapatkan reward modal biji-bijian. Isi juga bundle crop setiap musim, walapun kita sangat memerlukan uang saat ini, karena kita akan mendapatkan reward yang bermanfaat seperti akses ke tempat baru atau kendaraan.

Stardew Valley Guide

Lanjut ke Halaman Kedua untuk Stardew Valley Guide lainnya!

1
2

SHARE
Previous articleNovel Naruto Bakal Terbit di Indonesia!?
Next articleDungeon Monster RPG: Game Dungeon Crawler Pertama Untuk Mobile
Meskipun menyandang nama musik, Melody Violine lebih senang menulis daripada bermain musik. Itulah mengapa ia memutuskan untuk kuliah di Program Studi Indonesia FIB UI hingga lulus pada tahun 2009. Selain menjadi kontributor Duniaku, ia menerjemahkan novel-novel dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, termasuk di antaranya adalah adaptasi novel Assassin's Creed (Oliver Bowden).