Romancing SaGa 2, ‘Mbahnya’ Final Fantasy Bisa Dimainkan Lagi di Android dan iOS!

Romancing-SaGa-2-2

Romancing SaGa 2 Bangkit Kembali di PS Vita dan Mobile

Setelah 12 tahun sukses, Romancing SaGa 2 hadir kembali di PS Vita, Android, dan juga iOS!! Plus akan ada Class dan Dungeon baru di dalamnya.
Baca Juga

Pertengahan Desember 2015 lalu, Square Enix mengumumkan bahwa mereka akan merilis ulang salah satu game klasiknya yang termasuk memorable (khususnya, untuk penggemar serial Seiken Densetsu dan SaGa), yaitu Romancing SaGa 2. Port terbaru ini ditujukan untuk PlayStation Vita, serta mobile untuk OS Android serta iOS. Romancing SaGa 2 sendiri merupakan game asli Super Famicom (Super NES) yang hadir tahun 1993 silam. Cukup populer dan memiliki fanbase tersendiri, namun tidak berhasil memberinya tiket hijrah ke Barat. Nintendo juga sempat memberikannya sebagai salah satu pilihan game digital untuk Virtual Console Wii dan Wii U pada tahun 2010 dan 2014 lalu. Versi Java-nya juga ada lho, dirilis akhir tahun 2011 lalu, namun sama seperti versi Virtual Console, itu pun hanya untuk Jepang. Kini kita bisa berharap pada port terbarunya ini, karena platform yang digunakan lebih universal, Android dan iOS. Versi port ini masih menggunakan sprite karakter dari seri orisinalnya tersebut, namun semua background dan juga grafis saat bertempur digarap ulang dengan kualitas yang jauh lebih baik. Class dan dungeon baru dari versi port untuk ponsel pertamanya juga dikembalikan di sini. Update lainnya, kontrolnya disesuaikan untuk masing-masing platform. Square Enix sempat mengaku kesulitan dalam membuat versi PS Vita-nya, namun kabar terakhir, mereka mampu memenuhi target dan bakal merilis ketiga versinya bersamaan.

Romancing-SaGa-2-12

Romancing SaGa 2 akan hadir untuk PS Vita, iOS, dan Android di Jepang pada 24 Maret 2016ini, dan ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 260 ribuan. Sepeti apa port terbarunya ini? Lihat saja melalui trailer pertamanya di bawah:

Romancing SaGa 2 Android, iOS, PS Vita

Romancing SaGa 2 sendiri sebenarnya merupakan judul ke lima dari serial SaGa, dan termasuk salah satu dari trilogi kedua dari versi Super NES-nya. Kamu akan bermain sebagai kaisar dari Barene, sebuah kerajaan yang terletak di ujung barat laut Avalon (nama dunia di seri SaGa). Karakter pertamamu adalah Raja Leon hingga nantinya digantikan dengan anaknya yang bernama Gellard, satu-satunya penerus raja Leon. Lalu setelah Gellard lengser, kamu bisa memilih siapa yang akan meneruskan kerajaanmu serta mendapatkan kemampuan yang dimiliki Gellard. Pada setiap generasi, kamu bisa memilih empat ahli waris sendiri. Siapa saja ahli waris yang terpilih itu berdasarkan pada pilihanmu  (pilihan kepada siapa kamu bersekutu atau siapa saja yang pernah kamu tolong) di generasi sebelumnya.

Romancing-SaGa-2-11 Romancing-SaGa-2-8

Sedangkan untuk antagonis utama di Romanching SaGa 2 sendiri disebut Seven Heroes. Sebelumnya mereka dikenal sebagai pahlawan yang berani dan berhasil menyelamatkan dunia dari kejahatan yang mengerikan. Sejak saat itu ketujuh pahlawan ini menghilang tanpa jejak. Ada pepatah Seven Heroes bakal kembali ke dunia untuk menyelamatkan dari mara bahaya lagi. Setelah sekian tahun mereka benar kembali, namun mereka datang sebagai iblis yang justru akan menguasai Avalon dengan prajurit mereka. Disinilah petualanganmu dimulai, pertarungan selama generasi ke generasi tak bisa terelakan lagi. Sepertinya kompleks ya sistem dan kisahnya, dan itulah yang khas dari serial SaGa. Tidak heran jika serial ini lebih populer di negara asalnya.

Romancing-SaGa-2-10 Romancing-SaGa-2-7

Salah satu yang menarik dari Romancing SaGa 2 adalah kalian juga perlu mengatur sumber dana kerajaan Avalon. Karena pengembangan equipment dan spell baru, serta pendirian layanan baru di Avalon membutuhkan dana. Kalian bisa mengetahui seberapa besar arus dana yang dimiliki kerajaan dari Treasurer di ruang tahta kerajaan. Aspek ekonomi lainnya, ada figur yang berperan sebagai akuntan di kerajaan. Accountant ini bertugas memberikan informasi berapa banyak uang yang kalian dapatkan dari setiap pertarungan. Jika kalian berhasil menguasai lebih banyak daratan di Map, maka cadangan dana di kerajaan akan terus bertambah. Figur lainnya dalam istana adalah Chancellor, dimana kalian bisa mengetahui masalah apa dan dimana harus memecahkannya. Menyelesaikan masalah tersebut membuka jalur untuk kalian melanjutkan ke generasi karakter selanjutnya. Kalian juga bisa berkonsutasi denga Formation Soldier, yang memberi saran terbaik bagaimana menyusun fomasi karakter selama pertarungan.

Romancing-SaGa-2-9 Romancing-SaGa-2-6

Romancing SaGa sendiri awalnya dikenal dengan judul The Final Fantasy Legend di Amerika. Namun karena seri ini berkembang dengan menghadirkan banyak sekuel, maka judulnya sendiri diambil dari bahasa jepang-nya yaitu Makai Tōshi SaGa.

Romancing-SaGa-2-5 Romancing-SaGa-2-4 Romancing-SaGa-2-3


SHARE
Previous article7 Alasan Kenapa Dora Banyak Nanya
Next articleSelamat Datang Masa Depan! CryEngine V Pastikan Perkuat Alat Virtual Reality
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.