Seperti Inilah Bentuk “ NerveGear ” Sword Art Online Buatan IBM!

nervegear sword art online the beginning - header

Meskipun berbeda dengan yang kita harapkan, paling tidak prototype “NerveGear” yang satu ini memiliki bentuk yang cukup mirip dengan aslinya.

Seperti yang kita ketahui, sekitar satu bulan yang lalu bahwa IBM akan membawa NerveGear dan Sword Art Online ke dunia nyata.  Banyak fans Sword Art Online yang gembira mengetahui bahwa mereka bakalan mendapatkan game baru Sword Art Online dan NerveGear. Sayangnya, terjadi sedikit kesalahpahaman disini. Pertama, pengumuman IBM tersebut tidak mengatakan bahwa mereka bakalan membuat game baru Sword Art Online. Kedua, IBM tidak akan membuat NerveGear yang benar-benar mirip dengan NerveGear dalam Sword Art Online—setidaknya, belum untuk saat ini (keterangan lebih lanjut untuk poin kedua ini kita jelaskan dibawah).

Itu Hanyalah Strategi Marketing VR

Salah satu sumber dari IBM mengkonfirmasikan (via Verge) bahwa  video diatas lebih mengarah kepada marketing  VR terbaru mereka dan bukan pembuatan dari game maupun VR NerveGear seperti dalam seri Sword Art Online. Dilain pihak, Editor in Chief Mogura VR —majalah Jepang yang membahas dunia VR—juga mengkonfirmasikan (via RoadtoVR) bahwa video tersebut adalah video marketing.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa ‘Alpha’ yang kabarnya akan diselenggarakan pada tanggal 18 Maret hingga 20 Maret bukan berarti bahwa game Sword Art Online tengah dikembangkan dan dalam berada dalam fase Alpha, melainkan tes dimana 208 orang pemain akan mendapatkan kesempatan untuk menjajal “NerveGear” yang dibuat oleh IBM.

Oke, Tidak Ada Game SAO Yang Baru. Tadi, Apakah NerveGear Benar-Benar Dibuat?

Cukup membingungkan untuk menjawab pertanyaan yang satu ini. Jika yang kalian maksud adalah NerveGear yang benar-benar seperti dalam seri Sword Art Online, maka jawabannya adalah: “tidak”.

Akan tetapi

IBM benar-benar membuat “NerveGear” (bisa kalian lihat dalam screenshot dibawah). Tentu saja, tidak sama seperti dalam seri Sword Art Online dimana pikiran kita masuk ke dalam game. “NerveGear” buatan IBM yang satu ini dibuat berdasarkan Oculus Rift DK2 dan dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi pergerakan kakimu, dan menggunakan Kinect v2.

nervegear sword art online prototype
“NerveGear” PROTOTYPE

Alat buatan IBM ini sendiri masih berupa prototype dan, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bakalan ada alpha test pada tanggal 18 Maret dan 20 Maret di Tokyo. IBM telah memilih 208 peserta secara acak dari 100.000 lebih orang yang mendaftar. Setiap orang yang menguji alat ini bakalan diberi waktu selama 20 menit untuk menggunakannya.

Sword-Art-Online-The-Beginning_2016_03-16-16_002

Sword-Art-Online-The-Beginning_2016_03-16-16_003

Sword-Art-Online-The-Beginning_2016_03-16-16_004.jpg_600

Sword-Art-Online-The-Beginning_2016_03-16-16_001

Yah, mungkin masih cukup jauh dengan NerveGear-nya Sword Art Online. Tapi paling tidak, teknologi VR sudah ada kemajuan. Alat ini sendiri masih dilabeli prototype dan judul proyeknya masih “The Beginning”. Siapa tahu alat virtual reality ini nantinya benar-benar akan tercipta pada tahun 2022. Yeah, who knows?

Sumber: Verge, RoadtoVR, Gematsu


SHARE
Previous article7 Cheat Game Paling Terkenal yang Pasti Kalian Ingat Hingga Sekarang!
Next articlePemain Bola FIFA Online 3 Indonesia Makin Ganteng Berkat Impact Engine!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.