Sebentar Lagi, Gamer Xbox One dan PS4 Bisa Main Game Bareng!

xbox one dan ps4

Rivalitas Xbox One dan PS4 seperti air dengan minyak. Tidak bisa akur sedikitpun. Tapi, sebentar lagi keduanya bakal “berdamai” lho, dan pemilik Xbox One dan PS4 bisa main bareng!

PS4 vs Xbox One: Mengapa Lebih Banyak Gamer Memilih PS4 dibanding Xbox One?

PS4 vs Xbox One. Mengapa sih lebih banyak gamer yang memilih PS4 dibanding Xbox One? Hasil surveri berikut ini akan menjawabnya!
Baca Juga

Tidak bisa dipungkiri, rivalitas Microsoft dan Sony dalam perang game konsol ibarat air dengan minyak. Tidak bisa “akur” sedikitpun, dan selalu berkompetisi untuk menjadi yang terbaik di setiap generasinya. Tak terkecuali dengan Xbox One dan PS4 ini, dimana Sony mungkin bisa menepuk dada karena PS4-nya terjual lebih banyak. Bukan hanya rivalitas dalam hal produk, dalam hal memanjakan para gamer-nya pun keduanya tidak bisa disatukan. Gamer Xbox One hanya bisa bermain bersama gamer Xbox One lainnya (melalui Xbox Live) dan begitu pula dengan gamer PS4, hanya bisa main bareng dengan sesama pemilik PS4 (melalui PSN).

Yang jadi “penengah” rivalitas ini selalu adalah PC. Dengan menggunakan fitur cross platform play, gamer Xbox One bisa bermain bersama dengan gamer PC yang menggunakan Windows 10 dengan game-game Windows 10 Xbox Live Games. Sedangkan Sony? Dulu mereka pernah mengimplementasikan fitur cross platform play antara PS2 dengan PC saat merilis Final Fantasy XI.

Pernah membayangkan dan bermimpi, memainkan sebuah game dimana kamu bisa bermain bersama teman-teman lain, tanpa harus “dibatasi” oleh konsol atau network PC yang mereka gunakan? Jadi gamer Xbox One dan PS4 bisa main bersama? Tidak perlu bermimpi lagi, karena sebentar lagi hal tersebut akan terwujud!

xbox one dan ps4
Tanpa perang, dunia tentu lebih damai kan?

Yap, dalam salah satu sesi di Game Developer Conference (GDC) 2016 yang sudah dimulai tanggal 14 Maret 2016 kemarin di San Francisco, Microsoft melalui Director dari ID@Xbox Chris Charla mengkonfirmasikan beberapa fitur menarik di ID@Xbox yang bisa diimplementasikan ke game-game yang dikembangkan developer indie. Salah satu yang paling menarik adalah implementasi fitur cross-network play, dimana nantinya game yang dirilis oleh developer tersebut bisa dimainkan secara multiplayer bersama-sama oleh pemain tanpa memandang konsol atau platform yang mereka miliki!

This means players on Xbox One and Windows 10 using Xbox Live will be able to play with players on different online multiplayer networks – including other console and PC networks. – Chris charla

Artinya, pemilik game A di Xbox One nantinya bisa bermain bersama dengan pemilik game yang sama di PS4, atau di platform PC selain Xbox Live Games, katakanlah Steam atau GoG. Game pertama yang akan mengimplementasikan fitur keren ini rencananya adalah game yang dikembangkan oleh Psyonix, Rocket League. Nantinya, gamer Rocket League di Xbox One bisa bermain bersama dengan gamer Rocket League di PC di Steam. Rocket League sendiri awalnya dirilis untuk PC tahun 2015 lalu, dan tahun ini versi Xbox One-nya akan hadir lengkap dengan fitur cross-network play ini.

xbox one dan ps4

Microsoft tidak mengharuskan developer untuk mengimplementasikan fitur ini. Jika mereka tertarik, mereka bisa mengimplementasikannya dalam game yang dikembangkan. Fitur ini juga jadi opsional untuk gamer, dimana jika mereka hanya ingin bermain dengan teman satu platform saja, maka opsi ini bisa dinonaktifkan.

Bagaimana tanggapan Sony atas pengumuman Microsoft yang cukup mengejutkan ini? “PlayStation sudah mendukung cross-platform play dengan PC di beberapa judul yang dimulai dengan Final Fantasy XI di PS2 dan PC pada 2002 lalu,” tulis Sony dalam pernyataan resminya. “Kami akan sangat senang jika bisa berdiskusi dengan siapapun publisher atau developer yang tertarik dengan cross platform play ini,” lanjut pernyataan tersebut.

xbox one dan ps4

Yang menarik, baik Microsoft atau Sony tampak masih “malu-malu” menyebutkan nama kompetitor mereka dalam pernyataan yang dikeluarkan masing-masing. Microsoft menyebut PS4 sebagai “other consoles”, sedangkan Sony malah tidak menyebut sama sekali konsol lain dalam fitur cross platform ini. Yah, semoga saja ini menjadi pertanda bahwa kedua kompetitor ini bisa “berdamai”. Jika kedua raksasa konsol ini berdamai, tentu gamer yang diuntungkan karena bisa bermain bersama-sama, tidak peduli konsol apa yang mereka miliki. Dunia tentu lebih indah jika tanpa perang bukan? :D

Bagaimana menurut pendapat kalian dengan adanya kemungkinan gamer Xbox One dan PS4 bisa main game bareng ini?