Artoncode-Agate Bentuk Koalisi Triple A, Siap Bangun Ekosistem Industri Game Indonesia!

koalisi triple A Artoncode Agate Studio

Dua studio papan atas Indonesia, Agate Studio (Bandung) dan Artoncode Indonesia (Jakarta) membentuk sebuah koalisi baru bernama Triple A atau Artoncode Agate Alliance! Kontribusi apa yang akan diberikan aliansi ini untuk memajukan industri game Indonesia?

koalisi triple A Artoncode Agate Studio

Gelaran Game Developer Conference (GDC) 2016 yang diselenggarakan di San Francisco tanggal 14 hingga 18 Maret 2016 ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh developer Indonesia yang ikut serta. Contohnya saja, beberapa hari lalu kami sudah memberikan informasi mengenai Tinker Games, yang memberikan update baru untuk Legrand Legacy, JRPG untuk PC yang tengah mereka kembangkan.

Nah, kali ini berita lain datang dari duo studio Indonesia lainnya, Agate Studio asal Bandung dan Artoncode Indonesia asal Jakarta. Rupanya, gelaran GDC 2016 ini mereka manfaatkan untuk membentuk sebuah aliansi baru yang mereka beri nama dengan Triple A/AAA yang merupakan singkatan dari Artoncode Agate Alliance!

Perbincangan hingga penandatangan koalisi ini dilakukan oleh Indra Gunawan (CEO Artoncode Indonesia) dengan Arief Widhiyasa (CEO Agate Studio) di sela-sela kesibukan mereka mengikuti GDC 2016. Kedua studio ini memang sudah banyak makan asam garam di industri game Indonesia dengan segudang prestasi mereka. Agate studio pernah bekerjasama dengan beberapa studio papan atas dunia seperti Square Enix dan Chillingo. Sedangkan Artoncode Indonesia sendiri merupakan studio yang banyak meraih penghargaan dan juga merupakan Platinum Partner dari Bandai Namco.

Tujuan dari aliansi ini tidak lain adalah untuk membangun ekosistem industri game di Indonesia menuju kemampuan untuk memproduksi game dengan kualitas AAA. “Saat ini di Indonesia belum ada studio yang mampu membuat game dengan kualitas AAA,” ujar Indra Gunawan selaku CEO dari Artoncode Indonesia seperti dikutip dari pernyataan resminya. “Hal ini karena kapasitas dan ekosistemnya belum terbentuk,” lanjutnya.

Koalisi triple A agate-artoncode
Arief Widhiyasa, CEO dari Agate Studio (kiri) bersama dengan Indra Gunawan, CEO dari Artoncode Indonesia

Legrand Legacy, Ini Dia JRPG PC Baru dari Tinker Games!

Dengan gaya grafis kombinasi 3D dan 2,5D serta sistem pertarungan turn based, Legrand Legacy layak jadi salah satu game Indonesia yang ditunggu kehadirannya!
Baca Juga

Melihat kondisi ekosistem industri game di Indonesia, koalisi Triple A akan memulai dengan membangun sebuah yayasan pendidikan untuk Game di Indonesia. Arief Widhiyasa menyatakan bahwa tanpa adanya pendidikan yang benar untuk keperluan industri game, maka industri game di Indonesia tidak akan berkembang. Apalagi untuk mewujudkan game dengan kualitas AAA.

Untuk materi pendidikannya, koalisi Triple A ini rencananya akan bekerjasama dengan pendidik game dari luar negeri yang sudah terbukti berhasil menghasilkan talenta-talenta yang dapat membuat game AAA. “Kami menginginkan kurikulum pendidikan yang terbaik, baik dari praktisi maupun pakar di seluruh dunia. Indonesia layak mendapatkannya,” lanjut Indra.

Bukan hanya akan membangun yayasan pendidikan game, koalisi Triple A ini juga tidak menutup kemungkinan untuk berkolaborasi dalam mebuat game, atau mengerjakan proyek game dari dalam maupun luar negeri. Keputusan untuk membentuk aliansi ini juga diperkuat dengan keputusan Badan Ekonomi Kreatif yang ingin mendukung perkembangan industri game Indonesia.

Selamat datang koalisi Triple A, dan selamat bekerja! Semoga ke depan bisa bermunculan talenta-talenta baru di Indonesia yang bisa membuat game-game AAA!