Inilah Sepuluh Dubber Indonesia Yang Harus Kamu Tahu!

Semenjak tahun 90’an, banyak sekali anime dan kartun yang masuk ke Indonesia dan diisi suaranya oleh para dubber Indonesia. Kira-kira, bagaimanakah sosok mereka? Inilah 10 dubber Indonesia yang harus kamu ketahui!

Jika kita berbicara tentang kartun atau anime, mungkin tak akan lepas dari sosok dubber. Dubber di Indonesia sendiri mulai dikenal luas sejak tahun 90an, tepatnya saat industri pertelevisian Indonesia dibanjiri oleh film-film produksi luar negeri seperti kartun, dokumenter dan film. Sampai saat ini pun, peran seorang dubber masih sangat penting, apalagi jika itu anime, kartun dan film tersebut memiliki pangsa pasar utamanya adalah anak-anak. Mungkin kamu penasaran, siapa sih sosok dibalik suaranya Naruto, Tsubasa, Doraemon atau tokoh kartun lainnya? Nah duniaku mau ngasih info nih tentang deretan dubber Indonesia yang harus kamu ketahui.


1

Ade Kurniawan


Dubber Indonesia

Kamu pasti sudah nggak asing dengan tokoh kartun berbadan kotak dan berwarna kuning. Yep, Spongebob. Tapi kamu tahu nggak siapa pengisi suara tokoh kartun yang punya ketawa khas itu? Ade Kurniawan-lah orang yang berjasa mengisi suara Spongebob sehingga familiar di telinga kamu. Pria kelahiran Jakarta 22 Oktober 1974 ini mengalawi karir dubbernya sejak tahun 1995 bersama Ony Syahrial. Nggak cuma mengisi suara Spongebob, Ade Kurniawan juga sempat mengisi suara beberapa tokoh kartun lain seperti Soujiro Seta di anime Samurai X.


2

Ian Saybani


Dubber Indonesia

Yang satu ini adalah pengisi suara dari Uchiha Sasuke dan Hatake Kakashi. Pantes aja ya Sasuke dan Kakashi suaranya mirip-mirip. Selain mengisi suara di anime Naruto, Ian Saybani juga turut mengisi suara di kartun P-Man dan BEN 10. Ssst, ternyata Ian Saybani nggak hanya bekerja sebagai dubber lho, ia juga berprofesi sebagai announcer di Iradio Jakarta.


3

Nurhasanah (Doraemon)


Dubber Indonesia

Tahu nggak kamu kalau pengisi suara Doraemon adalah seorang ibu-ibu? Yap, bu Nurhasanah-lah yang selama lebih dari 15 tahun telah mengisi suara tokoh Doraemon. Ucapan ‘baling-baling bambu’ pun sampai sekarang menjadi trademark seorang Bu Nurhasanah setiap kali dia diminta untuk mempraktekan suara Doraemon di acara talk show.


4

Kamal Nasuti


Kamal nasuti

Nah, kalo Kamal Nasuti ini adalah pengisi suaranya Gaara (Naruto) dan Takeshi (Pokemon). Salah satu dubber Indonesia ini mengawali karir dubbernya sejak tahun 1995.


5

Jumali Prawirorejo


jumali prawireroredjoJumali Prawirorejo lahir tanggal 19 Juli 1965 dan memulai karirnya tahun 1991 sebagai dubber Indonesia di sinetron dan kartun. Sampai sekarang Jumali Prawirejo sendiri adalah pengisi suara dari karakter Squidward. Selain Squidward, beliau juga mengisi suara Diego (Ice Age) dan Shaggy (Scooby Doo).


6

Hana Bahagiana


dubber indonesia

Sama seperti Doraemon, pengisi suara Naruto juga adalah seorang wanita bernama Hana Bahagiana. Wanita kelahiran 17 Juni 1971 ini mengawali karir sebagai pengisi suara di salah satu serial telenovela. Selain Naruto, Hana juga menjadi dubber di beberapa anime seperti Monkey D. Luffy (One Piece), Kojiro Hyuga (Captain Tsubasa), Hida Lori (Digimon Adventure 02).


7

Ahmad Zulkifli Lubis


ahmad zulkifli

Ahmad Zulkifli Lubis atau lebih akrab dipanggil Iphie memiliki banyak pengalaman sebagai seorang dubber Indonesia. Suara dari Iphie telah mengisi berbagai karakter anime seperti Conan Edogawa (Detective Conan), Satoshi (Pokemon), Shingo Tsukino (Sailor Moon)


8

Wiwiek Supadmi


wiwiek-supadmi
Nah bagi kamu yang penasaran siapa dibalik suara Son Goku, Son Gohan dan Goten ketika masih kecil, maka Bu Wiwiek Supadmi-lah orangnya. Ternyata meskipun ibu-ibu, bisa menirukan suara anak kecil juga.


9

Agus Nurhasan


agus nurhasanAgus Nurhasan adalah sosok dibalik suara cempreng Suneo. Selain sebagai Dubber, Agus Nurhasan juga sering membagikan ilmu dan tips-tips menjadi seorang dubber bagi pemula di media sosial.


10

Darmawan Susanto


dubber indonesiaDarmawan Susanto adlaah pengisi suara sahabat karib Spongebob, yaitu Patrick. Suara khas Patrcik yang cenderung berat dan agak malas-malasan rupanya cukup mirip dengan karakter Mas Darmawan Susanto yang memiliki badan gemuk dan hobi makan makanan manis. Darmawan Susanto sendiri mengawali karirnya sebagai dubber sejak tahun 1995 dan telah mengisi berbagai karakter suara tokoh anime.


SHARE
Previous articleDan The Man, Game Platformer Karya Kreator Fruit Ninja
Next articleKamen Rider Amazon Bangkit Menjadi 2 Rider Baru
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca