Rasakan Sensasi Bertarung Pakai Lightsaber Lewat Pengalaman VR Star Wars Ini!

Trials on Tatooine Star Wars VR

Pernah bermimpi menjadi Jedi, menggenggam Lightsaber dan menggunakannya dalam pertempuran? Mimpimu sebentar lagi menjadi nyata lewat pengalaman Virtual Reality baru Star Wars yang diperkenalkan Disney dan ILMxLab, Trials on Tatooine!

Sebentar Lagi, Kamu Bisa Jadi Pilot Millenium Falcon di Disneyland!

Bagaimana ya rasanya jadi kru pesawat ikonik Star Wars ini bersama Han Solo dan Chewbacca?
Baca Juga

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi Virtual Reality (VR) menjadi salah satu tren yang paling banyak diperbincangkan dalam Game Developer Conference (GDC) 2016 kemarin. Banyak elemen industri hiburan yang memperkenalkan pengalaman VR yang akan mereka rilis ke pasaran. Salah satunya adalah Disney, yang memperkenalkan dua pengalaman VR untuk Star Wars. Pertama sudah kami beritakan kemarin, adalah Millenium Falcon VR yang menempatkanmu dalam kokpit pesawat ikonik Star Wars tersebut dan menembaki musuh. Dan yang kedua dikenalkan adalah sebuah pengalaman VR lain yang disebut dengan Trials on Tatooine!

Sama seperti Millenium Falcon VR yang akan hadir di Disneyland dan Walt Disney World, Trials on Tatooine ini dikembangkan oleh Disney bekerja sama dengan ILMxLab. Bedanya, jika Millenium Falcon VR hanya bisa kamu nikmati di Disneyland dan Walt Disney World, Trials on Tatooine ini bisa kamu mainkan di rumah, dengan menggunakan perangkat VR tentu saja. Dalam demo yang ditampilkan selama GDC 2016 kemarin, tampak pengalaman VR ini hadir di booth Vive, dimana para pengunjung bisa mencicipi pengalaman ini menggunakan alat VR milik HTC tersebut.

Trials on Tatooine Star Wars VR

Trials on Tatooine menempatkanmu sebagai Jedi di planet Tatooine, salah satu planet ikonik di Star Wars sekaligus rumah dari Luke Skywalker. Seperti dalam video yang ditampilkan di bawah ini, pengalaman VR ini dimulai dengan munculnya opening roll khas Star Wars, lantas diikuti dengan sebuah adegan Millenium Falcon yang terbang mendekati Tatooine. Lalu, akan terdengar suara dari Han Solo (sayangnya bukan suara Harrison Ford, pemeran aslinya) yang mengatakan bahwa dia mengirimkan paket untuk kita, yaitu robot ikonik Star Wars, R2-D2 lengkap dengan suara beep-beep ikoniknya.

Selanjutnya, muncul pasukan TIE Fighter yang menembaki Millenium Falcon kita hingga rusak. Sesuai dengan instruksi Han Solo, kamu pun harus memperbaiki pesawat tersebut dengan cara mencari ke sekeliling pesawat bagian mana yang rusak, lantas memperbaikinya dengan menekan beberapa tombol. Terakhir, R2-D2 akan memberimu sebuah lightsaber, dan kamu pun mulai bisa “beraksi” layaknya Jedi, mengayunkan kontroler ke kiri dan ke kanan layaknya kamu menggenggam sebuah lightsaber sungguhan! Kamu harus menangkis tembakan dari Stormtrooper dan TIE Fighter yang datang, atau memantulkan blaster mereka agar mengenai penembaknya.

Trials on Tatooine Star Wars VR

Demo ini berakhir setelah semua musuh dikalahkan, dan Millenium Falcon kembali terbang untuk petualangan selanjutnya. Meskipun demo ini hanya berlangsung selama kurang lebih 10 menit, namun demo ini sudah menunjukkan besarnya potensi dari Trials on Tatooine nantinya. Bukan tidak mungkin, ke depannya di pengalaman VR ini kamu bisa melakukan lebih dari sekedar mengecek Millenium Falcon dan mengalahkan Stormtrooper dengan lightsaber. Mungkin nantinya kamu juga bisa berhadapan dengan Sith Lord satu lawan satu, seperti adegan dalam filmnya?

Trials on Tatooine Star Wars VR

Yang paling menarik, pengalaman VR ini bisa dimainkan di mana saja, termasuk di rumah. Namun tentu saja, kamu harus membeli dulu peralatan VR agar bisa memainkannya. Sayangnya, Disney maupun ILMxLab masih belum mengkonfirmasikan kapan tanggal rilis dari Trials on Tatooine ini. Namun yang jelas, pengalaman VR yang ditampilkan secara sinematik ini terlihat lebih sebagai sebuah wahana di taman hiburan, dibandingkan game yang biasa kamu mainkan.

Sumber