ChemCaper Act 1 Rilis di Mobile, Saatnya Belajar Kimia Lewat RPG!

ChemCaper Act 1

Kimia bukan pelajaran yang jadi momok menakutkan lagi. Caranya, kamu bisa belajar kimia lewat RPG ChemCaper Act 1: Petticles in Peril ini! Game ini sepertinya tidak bakal dilarang untuk dimainkan di kelas selama pelajaran kimia ya!

Jika kamu terus mengikuti perkembangan berita industri game lokal, maka kamu pasti tahu judul ChemCaper ini. Yap, ChemCaper adalah sebuah game yang memadukan unsur pelajaran kimia ke dalam sebuah RPG yang dikembangkan oleh kolaborasi studio Indonesia dan Malaysia, Artoncode Indonesia dan Ace EdVenture. Game ini sendiri pun sempat menggelar kampanye Kickstarter untuk versi PC-nya, dan akhirnya sukses mendapatkan target US $50.000 (atau sekitar Rp 700 juta) yang dicanangkan dengan waktu lima hari kampanye tersisa.

Nah, sebelum memainkan versi PC-nya, Artoncode dan Ace EdVenture sudah memberikan menu “pemanasan” dengan merilis ChemCaper Act 1: Petticles in Peril untuk Android dan iOS. Dengan tagline sebagai RPG edukasi Kimia pertama di dunia, ChemCaper Act 1 ini tampak ingin menggabungkan unsur-unsur dari gameplay RPG dengan mata pelajaran Kimia yang sangat kental. ChemCaper sendiri dimainkan seperti tipikal RPG. Kamu akan bertualang, bertarung melawan boss(menggunakan sistem turn-based Active Time Battle ala Final Fantasy), menaikkan level, dan mendapatkan skill yang akan membantu dalam memulihkan dunia Reac Ta yang menjadi setting dari game ini.

ChemCaper Act 1

Ada beberapa fitur menarik yang disajikan oleh ChemCaper Act 1 ini. Pertama, kamu bisa menemukan sosok Petticles, semacam pet di dalam game untuk membantu sang karakter utama kita, Roub bertarung. Nah yang menarik, selama menggunakan dan mengkombinasikan Petticles ini, kamu akan belajar unsur-unsur dan juga ikatan kimia seperti pelajaran di sekolah! Bukan hanya itu, kamu juga bisa mempelajari reaksi kimia dengan membuat potion yang dibutuhkan. Tentunya dengan meramu pelajaran kimia dengan RPG semacam ini bisa membuatmu lebih cepat paham dan hafal bukan?

ChemCaper Act 1
Hayo, kalau kamu gak hafal reaksi kimia, gak bisa bikin potion lho!

Nuansa pelajaran Kimia benar-benar terasa di setiap aspek dari game ini. Bahkan hingga dunia dari ChemCaper sendiri dibuat menyerupai model dari tabel periodik, yang mungkin akan sangat membantumu dalam menghafal tabel tersebut! Indahnya grafis dan juga variasi gameplay yang ditawarkan oleh ChemCaper Act 1 ini pun diperkaya dengan musik yang dibuat oleh Norihiko Hibino. Yap, kamu tidak salah baca, yang membuat musik dalam game ini adalah sang komposer legendaris Metal Gear Solid dan Bayonetta!

ChemCaper Act 1

Tidak salah jika banyak pihak yang sangat mendukung ChemCaper saat kampanyenya beberapa waktu lalu, seperti HeadUp Games (developer dari Limbo), Obsidian Entertainment (developer Pillars of Eternity), Indieformer dan Geekdad. Bukan hanya itu, selama masa kampanye Kickstarter yang dimulai pada pertengahan Januari 2016 kemarin, ChemCaper juga mendapatkan banyak achievement menarik, seperti dipilih menjadi salah satu “Project We Love” oleh tim Kickstarter hanya dalam waktu 36 jam sejak memulai kampanye, dan terpilih menjadi satu diantara 5 proyek Kickstarter pilihan di bulan Januari.

ChemCaper Act 1

Lima Hari Jelang Berakhir, Kampanye Kickstarter ChemCaper Sukses Capai Target!

Lima hari jelang kampanye Kickstarter ChemCaper berakhir, game yang dikembangkan Ace EdVenture dan Artoncode ini berhasil mencapai target yang dicanangkan!
Baca Juga

Untuk Artoncode Indonesia sendiri, ChemCaper ini merupakan salah satu kesuksesan mereka di ranah crowdfunding, dan akhirnya bisa direalisasikan meskipun baru versi mobile-nya saja. Sebelumnya, mereka juga meraih kesuksesan dalam kampanye Kickstarter Winterflame: The Other Side dengan mendapatkan total Rp 750 juta. Dengan kehadiran ChemCaper Act 1 ini, kita tentu tinggal menunggu bagaimana sentuhan tangan dingin mereka dalam mewujudkan game yang dibuat bekerja sama dengan Vandaria Saga ini.

Meskipun baru dirilis di Indonesia kemarin, 22 Maret 2016, namun game ini sendiri sudah menjadi salah satu game populer di negara asal Ace EdVenture, Malaysia. Sejak pertama kali dirilis hingga sekarang, game ini pun menempati peringkat pertama Top Grossing kategori Education di iTunes App Store Malaysia. Bukan hanya itu, game ini pun juga menjadi salah satu buah bibir saat dipamerkan di Game Developer Conference (GDC) 2016. Sebagai informasi, game ini memang dirilis bersamaan dengan event developer game tahunan tersebut.

ChemCaper Act 1

Tertarik untuk belajar kimia dengan cara yang lebih menyenangkan bersama ChemCaper Act 1: Petticles in Peril ini? Kamu bisa membelinya sekarang juga di Google Play Store atau iTunes App Store melalui tautan di bawah ini. Oiya, bagi kamu yang sebelumnya sudah menjadi salah satu backer game ini di Kickstarter, kamu bisa mendapatkan game ini secara gratis!

Download ChemCaper Act 1: Petticles in Peril