Foto Nintendo NX BOCOR! Konsol Hybryd yang Akan Mengkanibal Wii U dan 3DS

Nintendo-NX

Nintendo NX Bocor! Inilah Wujud Mesin Game Pesaing PlayStation 4 dan Xbox One!

Tampaknya Nintendo sudah tidak sabar menggairahkan kembali persaingan konsol game. Nintendo NX ini bukan hanya akan berkompetisi dengan PS4, namun juga perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Seperti apa hasilnya?
Baca Juga
[clearboth]

Sesuai yang kami prediksikan sebelumnya, kita memang mendengar kabar lainnya mengenai Nintendo NX (masih kode, bukan nama akhir). Jika sebelumnya melalui bentuk seperti apa kontrolernya, yang saat itu foto Nintendo NX masih tertutupi lapisan plastik untuk menyamarkan seperti apa penampilannya, maka kali ini semuanya terbuka. Kontroler Nintendo NX benar-benar nyata, begitu futuristis, seakan bukan benda yang eksis dari Bumi, atau dari abad ini… Oke, mungkin terdengar lebay, namun desain kontroler oval ini kembali menegaskan jika Nintendo NX itu nyata, memang tidak biasanya untuk sebuah pengendali konsol video game. Cukup dengan basa-basinya, seperti di bawah ini lho desainnya:

Foto Nintendo NX #1

Nintendo-NX-Spec-2
Mirip seperti paten yang diajukan Nintendo…

Gambar bocoran kontroler ini mamang bukan versi purwa rupa, melainkan developer kit yang sudah diberikan kepada para developer untuk menguji software mereka untuk Nintendo NX. Penjelasan lainnya dari foto-foto ini, hanya sisi atas dari kedua (yang sepertinya) analog stick yang bisa bergerak. Yang sisi bawah tetap posisinya. Semacam Circle Pad-nya Nintendo 3DS, namun bergerak di sepanjang sisi bawahnya.

Kemudian di sisi atas ada roller, seperti scroll whell-nya mouse, yang bisa digeser menggunakannya jari telunjuk kalian (yah, yang paling logis menggunakan jari telunjuk).

Foto Nintendo NX #2

Nintendo-NX-Spec-3
Seperti kepala robot dari masa depan… eh, ada Wii Mote tuh nongol!

Ada feedback getaran juga untuk setiap tombol di sini, yang mirip seperti konfigurasi feedback getaran pada smartphone saat ini (seperti pada iPhone terbaru, dan juga Huawei Mate 7). Sejauh ini, tidak disebutkan ada fungsi getar.

Kami juga menemukan port audio 3.5mm di sisi bawahnya.

Foto Nintendo NX #3

Nintendo-NX-Spec-4
Dan jika benar di tengahnya itu layar sentuh yang sangat lebar, juga masuk dengan prediksi sebelumnya, jIka Nintendo NX bakal memadukan aspek portable sebuah handheld (kontroler ini bisa dibawa kemana-mana) dan juga konsol game… Ya, Nintendo siap membunuh 3DS dan Wii U mereka!

Nintendo dan Foxconn Siapkan 20 Juta Nintendo NX, Dirilis Awal Tahun 2016!

Nintendo berambisi mengejar ketertinggalan dengan target 20 juta NX didistribusikan hingga akhir tahun 2016!
Baca Juga

Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, bentuknya sesuai dengan desain yang diajukan patennya oleh Nintendo pertengahan 2015 lalu (buka ulasan sebelumnya di sini untuk mengetahui seperti apa desain patennya). Melalui NX, Nintendo ingin memadukan fungsi portable sebuah handheld (dalam hal ini 3DS) dengan konsol game (yang saat ini diwakili Wii U), dalam usahanya untuk mengikuti trend yang berkembang saat ini, dimana pasar lebih menginginkan tipikal game casual yang bisa dimainkan dimana saja (dipopulerkan oleh smartphone melalui mobile game). Namun jelas Nintendo juga tidak ingin meninggalkan bisnis konsol game mereka, maka strategi saat ini justru memadukan keduanya. Kabarnya, NX akan dikonfirmasikan Juni 2016 ini (kemungkinan selama E3 2016), dan rencananya mulai dijual pertengahan tahun ini atau akhir tahun 2016 mendatang. Saat itu terjadi, kami yakin pasar 3DS dan Wii U bakal dikanibal oleh platform game hybrid ini! Bahkan Wii U pun sudah dihentikan produksinya oleh Nintendo lho!

Nintendo-NX-2

Nintendo NX, Calon Platform Game Nintendo, Diduga Gunakan OS Android!

Tenang, ini hanya salah satu cara Nintendo menarik kembali developer game agar mau membuat game untuk mesin game mereka, bukan untuk memproduksi smartphone mereka sendiri.
Baca Juga

Pertengahan Maret 2015 lalu, Nintendo bikin geger dengan mengkonfirmasikan kerjasama mereka dengan DeNA, yang selama ini identik dengan game sosial dan mobile di Jepang. Kabar tersebut ramai menjadi buah bibir, apalagi dengan kenyataan sebelumnya Nintendo selalu mengelak ketika ditanya apakah mereka bakal terjun ke bisnis game mobile. Namun sepertinya Nintendo punya rencana lain. Mereka akhirnya membuka diri menerima eksistensi game mobile yang tak terbendung di Jepang, dan mengkonfirmasikan persetujuan mobile gaming dengan DeNA. Selain konferensi pers yang begitu mengejutkan tersebut, karena bahwa Nintendo akhirnya mau merelakan ikon-ikon mereka muncul di platform mobile, yang tak kalah menarik adalah ketika bos Nintendo, Satoru Iwata juga sekilas menyebutkan satu proyek sistem baru Nintendo, yang sementara ini disebut dengan kode “NX.”

Siap-Siap Jual Wii U, Konsol Next-Gen Nintendo NX Diluncurkan Juli 2016!

Padahal Sony dan Microsoft baru aja jual PlayStation 4 dan Xbox One, Nintendo segera ngajak berantem lagi dengan lawan konsol next-gen yang baru!
Baca Juga

Berlanjut pada awal Desember 2015, kami mendengar rumor jika distribusinya bakal mencapai 10-12 juta unit Nintendo NX selama tahun 2016 (lebih rendah dari target Nintendo mengapalkan 20 juta unit sepanjang 2016 nanti), untuk tetap menjaga posisi Nintendo di tengah persaingan dengan kedua kompetitornya. Dan untuk mencapai target tersebut, produksi masal dimulai akhir kuartal pertama 2016 mendatang. Demikian seharusnya kita akan mendengar pengumuman eksistensi konsol baru Nintendo ini paling lambat selama event E3 2016. Kemudian yang ditunjuk untuk merakitnya adalah Foxconn Electronics (Hon Hai Precision Industry), atau pabrikan yang sama yang juga merakit Nintendo Wii U. Sejauh ini, Foxconn membantah segala pertanyaan berhubungan dengan platform baru Nintendo tersebut. Selain Foxconn, pemasok lainnya seperti Foxconn Technology, Macronix, Pixart Imaging, Coxon Precise Industrial, Nishoku Technology, Delta Technology, Lingsen Precision Industries dan Jentech juga diduga mendukung Nintendo dengan memproduksi komponen untuk Nintendo NX.


SHARE
Previous articleMengenal Lebih Jauh Sosok Presiden Perdamaian yang “Peace, Love and Gaul”
Next article3 Game VR Buatan Indonesia Ini Jadi Jawara Dicoding-Lenovo VR Challenge!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.