Ini Nih 6 Alasan Kenapa Karakter Anime Menggunakan Topeng!

mask 1Sebagai suatu lambang kerahasiaan dan misteri, topeng adalah salah satu atribut unik dan ikonik dalam anime. Tak sedikit tokoh di anime yang menggunakan topeng untuk menutupi wajahnya. Mulai dari Kakashi dan Toby di anime Naruto, Sogeking di One Piece, Shishio di Samurai X dan masih banyak lagi. Bukannya tanpa alasan mereka selalu menggunakan topeng demi menutupu wajahnya. Makanya nih ada beberapa alasan kenapa karakter anime menggunakan topeng;

1

Menjaga Jati Diri


karakter anime menggunakan topengBagi karakter anime yang menginginkan jati dirinya tak gampang diketahui oleh orang lain, maka menggunakan topeng adalah jawaban yang tepat. Topeng yang digunakan sebagai penutup wajah, akan menyulitkan karakter lain untuk mengenalinya. Makanya kebanyakan karakter-karakter anime yang menggunakan topeng berwatak antagonis atau jahat. Seperti Kagetana Hiruka di serial anime Black Bullet.


2

Menutupi Luka


mask 2Bisa jadi karakter anime menggunakan topeng hanya untuk menutupi luka mengerikan yang ada diwajahnya. Supaya gak terlihat menyeramkan, makanya digunakan lah topeng.


3

Menjadikan Ciri Khas


kakashi-xtra-10Alasan selanjutnya kenapa karakter anime menggunakan topeng adalah hanya untuk menjadi ciri khasnya. Karena sebuah ciri khas sangat penting bagi karakter anime agar mudah diingat oleh penontonnya. Misalnya Rurouni Kenshin dengan tanda X dipipinya, atau kuririrn dengan kepala botaknya. Maka karakter anime yang menggunakan topeng, akan mejadikan topengnya tersebut ciri khas dalam dirinya dan membedakan dengan karakter lain.


4

Meningkatkan Kepercayaan Diri


kanekiBisa juga alasan memakai topeng karena untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Seperti topeng Kaneki di Tokyo Ghoul yang membuat ia lebih percaya diri dibandingkan jika tidak memakai topeng. Belum lagi topeng bisa meningkatkan alter ego yang ada di dalam si karakter anime. Misalnya topeng Sogeking di anime One Piece. Konon katanya, jika Ussop menggunakan topeng maka dia akan menjadi lebih percaya diri dan kuat. Dan sebutan ia pun berubah menjadi Sogeking.


5

Supaya Terlihat Keren


Mamoru_PencilboardNah topeng juga bisa digunakan sebagai atribut untuk meningkatkan pesona sang karakter anime. Dengan design topeng yang bagus, tentu saja akan menarik minat penonton untuk melihatnya. Contohnya Mamoru Chiba di serial anime Salior Moon. Ketika tidak menggunakan topeng, atau lebih tepatnya kaca mata seperti topeng, Chiba terlihat biasa aja. Tapi setelah berubah menggunakan topeng dan baju tuxedonya, Mamouro Chiba menjadi pahlawan super paling charming yang pernah ada di anime, meskipun ia tak memiliki kemampuan super yang menonjol.


6

Topeng Adalah Kekuatannya


tobiAlasan terakhir kenapa karakter anime menggunakan topeng adalah karena topeng tersebut sumber kekuatannya. Makanya ia mengandalkan topeng ketika melawan musuh-musuhnya. Contohnya adalah Tobi di serial Naruto. Mesku terkesan aneh, konon katanya topeng Tobi menyimpan kekuatan luar biasa, namun sejarah dibalik topeng tersebut masih belum jelas sampai sekarang.


SHARE
Previous articleApakah Ada Adegan Post-Credit Batman V Superman?
Next articleJenderal Three Kingdoms, Lu Bu Hadir dalam Update Terbaru Seven Knights!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca