Sony Bikin Studio Baru untuk Fokus ke Industri Game Mobile!

Sony ForwardWorks Mobile

Ingin fokus terjun ke industri game mobile, Sony akhirnya membentuk studio baru bernama ForwardWorks. Jangan heran jika nantinya bakal ada Uncharted di Android!

Tidak bisa dipungkiri, industri game mobile saat ini mungkin bisa dibilang industri game yang paling “hot”. Pangsa pasarnya pun terus meningkat, dan para developer yang mengembangkan game untuk pasar mobile ini pun juga beragam. Mulai dari developer indie perseorangan, hingga developer besar dengan jumlah karyawan ratusan atau ribuan pun membuat game untuk mobile. Besarnya pasar game mobile ini pun rupanya juga menarik minat Sony, dimana akhir Maret ini, mereka mengungkapkan siap terjun ke industri tersebut secara penuh!

Bukan Sony sendiri yang terjun ke industri mobile, melainkan satu studio baru yang mereka bentuk bernama ForwardWorks. Fokus ForwardWorks sendiri adalah untuk mengembangkan game khusus mobile (Android atau iOS). Yang menarik, karena masih merupakan “anak” dari Sony, game-game yang dikembangkan oleh ForwardWorks nantinya juga akan menggunakan IP dan karakter milik Sony. Yah, sebut saja mungkin nantinya bakal ada Uncharted mobile!

Sony ForwardWorks Mobile
PlayStation Mobile, langkah Sony ke mobile yang tamat meskipun baru seumur jagung

Game Mobile Nintendo Miitomo Segera Dirilis! Paduan Unik Facebook dan The Sims!

Semacam Tomodachi Life, namun kini kalian memainkannya menggunakan smartphone...
Baca Juga

Untuk mengawali kerjanya, game-game ForwardWorks pertama kali hanya akan fokus di dua pasar saja, Jepang dan Asia. Meskipun tergolong studio baru (bahkan baru akan diresmikan minggu depan, 1 April 2016 yang juga menandai tahun fiskal baru di Jepang), namun nama-nama yang jadi petinggi di sini adalah nama-nama yang sudah kenyang pengalaman di Sony. Contohnya saja, bos Sony Japan Atsushi Morita akan menjadi Presiden di studio baru ini. Dia akan dibantu dengan dua sosok berpengaruh di Sony lainnya, Andrew House (CEO Sony) dan Hiroshi Ueda (SVP Sony) yang akan duduk di board director-nya.

Peluncuran ForwardWorks yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 April 2016 ini nantinya akan bertepatan juga dengan perubahan nama Sony Computer Entertainment, menjadi Sony Interactive Entertainment. Dengan perubahan nama ini sudah jelas, Sony ingin merambah ke lebih banyak elemen hiburan lagi dibandingkan sebelumnya. Sony juga akan mengikuti jejak produsen konsol lainnya, Nintendo yang juga sudah masuk ke ranah game mobile dengan Miitomo-nya. Sejak diluncurkan minggu ketiga Maret 2016 lalu, Miitomo yang baru rilis di Jepang pun langsung merajai puncak chart iTunes di sana.

Sony ForwardWorks Mobile
Miitomo

Sebenarnya, ForwardWorks sendiri bukan langkah pertama Sony untuk industri game mobile. Sebelumnya mungkin kamu masih ingat, di tahun 2012 lalu Sony meluncurkan PlayStation Mobile untuk tablet dan smartphone yang menggunakan sertifikasi PlayStation. Namun sayang, usianya hanya dua tahun sebelum akhirnya dihentikan layanannya pada Maret 2015.

Kehadiran perusahaan-perusahaan sebesar Sony dan Nintendo ke ranah game mobile ini tentu bisa jadi pelecut semangat bagi developer indie untuk semakin intens berkompetisi dengan menghadirkan ide-ide yang inovatif. Yap, jika tidak bisa menghasilkan ide yang inovatif, tentu akan kalah bersaing dengan Sony dan Nintendo yang notabene sudah memiliki IP dengan jutaan penggemar di seluruh dunia dan juga dana pengembangan (plus marketing) game yang besar.

Bagaimana menurutmu tentang langkah besar dari Sony dengan ForwardWorks ini? Silahkan share di kolom komentar ya!

Sumber


SHARE
Previous articleFilm Animasi Kolaborasi Ducati dan Capcom, Resident Evil Vendetta
Next articleInilah Daftar Easter Egg dan Cameo Batman V Superman!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.