Kado Ultah Agate Studio: Investasi Rp 13 Miliar Plus Kantor dan Dua Brand Baru!

ulang tahun ketujuh agate studio

Pada tanggal 1 April 2016 kemarin, salah satu studio papan atas Indonesia yang berasal dari Bandung, Agate Studio merayakan ulang tahun ketujuh mereka. Yap, tidak terasa mereka sudah tujuh tahun berkarya dan berkontribusi untuk industri game di Indonesia. Ulang tahun ketujuh Agate Studio ini pun terasa sangat spesial, karena mereka mendapatkan “kado” bukan hanya satu, melainkan tiga sekaligus!

Kado pertama adalah markas baru yang masih berada di daerah Bandung. Bahkan, pesta ulang tahun ketujuh ini dilakukan di markas baru, dengan mengundang beberapa partner mereka yang ada di Bandung dan sekitarnya. Event perayaan ini pun dimanfaatkan Agate Studio untuk berbagi pengalaman, mengapresiasi kerja sama dengan partner, serta mengkonfirmasikan beberapa informasi baru seputar bagaimana masa depan dari studio ini di industri game Indonesia.

ulang tahun ketujuh agate studio

Perayaan ulang tahun dan open house markas baru ini pun berlangsung sangat meriah, dengan dekorasi yang penuh warna. Ada satu sesi khusus yang digelar dalam perayaan ini, yaitu sebuah sesi awarding yang disebut dengan “Agate Achievement Unlocked” untuk para kru Agate Studio yang berprestasi. Award ini diserahkan kepada beberapa kru dari total kurang lebih 70 kru yang menggawangi Agate Studio saat ini.

ulang tahun ketujuh agate studio

Sedangkan kado kedua yang didapatkan oleh Agate Studio adalah investasi. Yap, momen ulang tahun ini juga dimanfaatkan Agate Studio untuk mengkonfirmasikan bahwa mereka sudah mendapatkan investasi pra seri A dari Maloekoe Ventures, sebuah venture capital asal Indonesia. Besaran dari investasi tersebut adalah sebesar US $ 1 juta atau kurang lebih Rp 13 miliar. “Selama tiga tahun terakhir, kami telah berkembang secara organik dengan menggunakan biaya sendiri (self funded),” ungkap Arief Widhiyasa, CEO dari Agate Studio. “Melalui dua divisi bisnis kami, Serious Games (B2B, B2B2C & B2G) serta Entertainment Games (B2C) yang tumbuh dan menguntungkan, kami merasa bahwa kami tetap tidak tumbuh cukup cepat, dan membutuhkan kapital strategis untuk memaksimalkan peluang pasar yang kita lihat untuk melaju ke level berikutnya. Kami melihat investasi ini adalah sebuah langkah strategis, sehingga kami bisa memiliki armada yang kuat untuk tumbuh secara agresif di semua divisi kami,” paparnya.

ulang tahun ketujuh agate studio

Artoncode-Agate Bentuk Koalisi Triple A, Siap Bangun Ekosistem Industri Game Indonesia!

Langkah pertama: membangun pusat pendidikan game di Indonesia untuk hasilkan talenta-talenta baru!
Baca Juga

Maloekoe Ventures pun tidak kalah antusias, dan menyebut Agate Studio sebagai salah satu game developer papan atas Indonesia yang memiliki tim yang solid. “Kami berharap bisa bekerja bersama mereka untuk melanjutkan pertumbuhan pesat mereka di pasar regional dan global,” ungkap Adrien Gheur, Managing Partner dari Maloekoe Ventures saat ditanyai mengenai bagaimana tanggapannya terhadap kerja sama ini.

Sedangkan kado ketiga adalah konfirmasi kehadiran dua brand baru di keluarga Agate Studio. Pertama, ada Bloodstone Entertainment yang akan fokus kepada game-game mid-core. Kedua, ada Dreamhat Games yang akan fokus untuk game-game kasual dan super-kasual. Selain itu, Agate Studio juga memiliki satu sub-brand lain, Agate LevelUp yang fokus kepada industri Serious Game seperti game untuk pemasaran perusahaan, pelatihan, simulasi, dan edukasi.

ulang tahun ketujuh agate studio

Lebih lanjut, Arief pun membeberkan rencana ke depan dengan adanya markas dan brand-brand baru, serta investasi ini. “Misi kami selalu sama, kami ingin berkontribusi secara proaktif untuk mempromosikan kebahagiaan dunia. Itulah mengapa kami memutuskan untuk terjun langsung di industri Serious Game dan Entertainment Game. Kedua industri tersebut sangat krusial untuk progress misi kami. Kami sangat beruntung bisa menemukan sebuah investor yang memiliki misi sama. Misi umum kami adalah kami ingin menjadi pemain terkemuka di regional dengan standar kualitas dunia,” papar Arief lebih lanjut.

Selamat untuk Agate Studio, semoga di usia yang baru, brand dan kantor baru, serta investasi ini bisa semakin memacu untuk berkarya dan berkontribusi lebih banyak lagi untuk industri game Indonesia!


SHARE
Previous articleDetail Mode Game dan Hero Baru Vainglory 1.16 yang Belum Kalian Ketahui!
Next articleIni Baru Gamer Level Dewa! Dia Bisa Tamatkan Dark Souls 3 Hanya dalam Waktu 1 Jam!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.