PS4K Tidak Sendirian! Microsoft Siapkan Xbox neXt, Xbox One Baru yang Lebih Gahar!

Forza-Motorsport-6-XboxOne1

Inikah PS5? Versi Baru PS4.5 Segera Dirilis, Microsoft dan Nintendo Siaga Merah!

PS4 sudah menjadi konsol game terlaris di dunia! Namun tampaknya Sony belum puas, dan mereka ingin posisinya makin kuat. Siapkah kalian mendapatkan penerus PlayStation 4 akhir tahun ini yang specnya jauh lebih gahar?
Baca Juga

Baru beberapa minggu lalu kita mendengar kabar jika Sony sudah ancang-ancang menyiapkan penerus PlayStation 4. Memang itu sekadar rumor, dan kami pun sudah menegaskan agar kalian jangan terburu-buru menganggapnya benar! Namun jika melihat rumor sebelumnya, yang menyebutkan jika Sony menyiapkan varian baru PlayStation 4 dengan dimensi yang lebih kompak ternyata berakhir benar, dan kita mendapatkan PS4 CUH-1200 yang lebih hemat listrik, maka bisa jadi rumor, gosip, atau kalian bisa juga menyebutnya sebagai hoax tersebut bisa menjadi kenyataan. Dan kini, lagi-lagi kami mendengar rumor lainnya muncul di ranah industri game konsol. Microsoft sepertinya tidak ingin diambat lamban merespon perkembangan, dan mereka diduga juga menyiapkan penerus Xbox One, yang sementara ini disebut sebagai Xbox neXt! Sekali lagi, take this rumour with a grain salt…!

game xbox one terbaik 2015

Oke, seperti PlayStation 4, Xbox One belum juga berulang tahun yang ketiga! Terlalu dini sepertinya, memproduksi penerusnya. Namun Microsoft sudah memberikan petunjuk. Seperti melalui pemimpin divisi Xbox Microsoft, Phil Spence, bulan lalu selama Xbox Spring showcase event mengatakan jika pihaknya ingin membuat Xbox One seperti PC. Wujud rencana tersebut adalah dengan menerapkan Xbox One Backward Compatibility dan aplikasi Universal Windows yang bisa berjalan di konsol tersebut di atas platform Universal Windows. Dia juga menyinggung kemampuan hardware Xbox One yang memungkinkan game yang sama berjalan di konsol yang akan datang dan juga game terdahulu bisa dijalankan di Xbox One melalui platform universal tersebut (yah, semacam emulator), dan saat itulah juga disebutkan rencana upgrade hardware untuk Xbox One.

Sama seperti PlayStation 4, yang saat ini disebut-sebut bakal mendapatkan upgrade PS4.5 dengan kemampuan resolusi grafis 4K, nama Xbox neXt ini dihubungkan dengan kemampuan konsol game rumahan tersebut untuk menandingi satu kelebihan yang sudah dinikmati gamer PC, output grafis 4K! Menurut Spencer, solusi upgrade mereka memungkinkan Xbox One bisa menikmati teknologi baru tersebut, tanpa memaksa kalian membeli konsol baru. Jadi sekadar upgrade hardware? Ini yang belum jelas. Sama seperti PlayStation 4.5, Xbox neXt ini belum diketahui sekadar upgrade, atau varian baru Xbox One.

Xbox-neXt-1

Nama Xbox neXt ini sendiri muncul setelah spekulasi berdasar pernyataan Phil Spencer mulai menyebar. Seorang karyawan divisi Xbox Microsoft, Xbox Visual Design Lead, David Gardner, menuliskan sebuah proyek yang misterius pada akun Linkedin-nya, yaitu Xbox neXt. Menurut resumenya, Gardner sebelumnya mengerjakan beberapa proyek desain visual, termasuk Xbox One, Xbox 360, dan Xbox Smartglass.

Xbox neXt belum pernah kami dengar sebelumnya. Bisa jadi Gardner memang sedang mengerjakan proyek baru yang berhubungan dengan Xbox, entah itu penerus Xbox One, atau upgrade Xbox One. Kita belum bisa memastikan. Namun yang pasti, Microsoft selama ini tidak ingin meninggalkan Sony berpesta sendirian. Tidak mungkin PlayStation 4K dengan kemampuan grafis resolusi Ultra HD 4K dan upgrade GPU (ini juga masih rumor) dijual di pasaran tanpa saingan!

Bagaimana menurut kalian gamer Citizen Duniaku, apakah memang benar Microsoft sedang menyiapkan versi baru Xbox neXt ini?

Microsoft sendiri memang penjualan konsolnya masih jauh di bawah PS4, dan mengenalkan varian baru mutlak harus dilakukan, terutama jika benar Sony juga berencana segera merilis PS4K. Jika tidak, Xbox One bakal makin tertinggal penjualannya. Berdasarkan data terbaru, PS4 saat ini penjualannya mencapai 40 juta unit, atau 2x lebih banyak dibandingkan Xbox One-nya Microsoft, dan 3x lebih banyak dibandingkan Wii U-nya Nintendo.

Namun jika benar adanya, yang pasti, Nintendo yang saat ini perlu memikirkan kembali strategi pemasaran mereka, mengingat Wii U mereka juga sudah dihentikan produksinya, dan Nintendo NX masih belum jelas eksistensinya. Mungkin selama E3 2016 atau Gamescom 2016 mendatang kita akan mendengar kebenaran rumor ini. Stay tuned!


SHARE
Previous articleArena My Hero Academia: Battle For All Penuh dengan “Ledakan!”
Next articleJangan Ngaku Anak Basket Kalau Belum Pernah Nonton 8 Anime Basket Terbaik Ini!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.