PS4K Tidak Sendirian! Microsoft Siapkan Xbox neXt, Xbox One Baru yang Lebih Gahar!

Konsol game lama-lama bisa seperti hape saja, tiap tahun bisa-bisa ada varian baru, dengan upgrade minim. Mungkin nanti bakal ada juga konsol modular, untuk menyiasati agar bisa dengan mudah di-upgrade seperti PC.

PS4K Tidak Sendirian! Microsoft Siapkan Xbox neXt, Xbox One Baru yang Lebih Gahar!

PS4K Tidak Sendirian! Microsoft Siapkan Xbox neXt, Xbox One Baru yang Lebih Gahar!

[read_more id="244979"]

Baru beberapa minggu lalu kita mendengar kabar jika Sony sudah ancang-ancang menyiapkan penerus PlayStation 4. Memang itu sekadar rumor, dan kami pun sudah menegaskan agar kalian jangan terburu-buru menganggapnya benar! Namun jika PS4K Tidak Sendirian! Microsoft Siapkan Xbox neXt, Xbox One Baru yang Lebih Gahar!

Oke, seperti PlayStation 4, Xbox One belum juga berulang tahun yang ketiga! Terlalu dini sepertinya, memproduksi penerusnya. Namun Microsoft sudah memberikan petunjuk. Seperti melalui pemimpin divisi Xbox Microsoft, Phil Spence, bulan lalu selama Xbox Spring showcase event mengatakan jika pihaknya ingin membuat Xbox One seperti PC. Wujud rencana tersebut adalah dengan menerapkan Xbox One Backward Compatibility dan aplikasi Universal Windows yang bisa berjalan di konsol tersebut di atas platform Universal Windows. Dia juga menyinggung kemampuan hardware Xbox One yang memungkinkan game yang sama berjalan di konsol yang akan datang dan juga game terdahulu bisa dijalankan di Xbox One melalui platform universal tersebut (yah, semacam emulator), dan saat itulah juga disebutkan rencana upgrade hardware untuk Xbox One.

Sama seperti PlayStation 4, yang saat ini disebut-sebut bakal mendapatkan upgrade PS4.5 dengan kemampuan resolusi grafis 4K, nama Xbox neXt ini dihubungkan dengan kemampuan konsol game rumahan tersebut untuk menandingi satu kelebihan yang sudah dinikmati gamer PC, output grafis 4K! Menurut Spencer, solusi upgrade mereka memungkinkan Xbox One bisa menikmati teknologi baru tersebut, tanpa memaksa kalian membeli konsol baru. Jadi sekadar upgrade hardware? Ini yang belum jelas. Sama seperti PlayStation 4.5, Xbox neXt ini belum diketahui sekadar upgrade, atau varian baru Xbox One.

PS4K Tidak Sendirian! Microsoft Siapkan Xbox neXt, Xbox One Baru yang Lebih Gahar!

Nama Xbox neXt ini sendiri muncul setelah spekulasi berdasar pernyataan Phil Spencer mulai menyebar. Seorang karyawan divisi Xbox Microsoft, Xbox Visual Design Lead, David Gardner, menuliskan sebuah proyek yang misterius pada akun Linkedin-nya, yaitu Xbox neXt. Menurut resumenya, Gardner sebelumnya mengerjakan beberapa proyek desain visual, termasuk Xbox One, Xbox 360, dan Xbox Smartglass.

Xbox neXt belum pernah kami dengar sebelumnya. Bisa jadi Gardner memang sedang mengerjakan proyek baru yang berhubungan dengan Xbox, entah itu penerus Xbox One, atau upgrade Xbox One. Kita belum bisa memastikan. Namun yang pasti, Microsoft selama ini tidak ingin meninggalkan Sony berpesta sendirian. Tidak mungkin PlayStation 4K dengan kemampuan grafis resolusi Ultra HD 4K dan upgrade GPU (ini juga masih rumor) dijual di pasaran tanpa saingan!

Bagaimana menurut kalian gamer Citizen Duniaku, apakah memang benar Microsoft sedang menyiapkan versi baru Xbox neXt ini?

Microsoft sendiri memang penjualan konsolnya masih jauh di bawah PS4, dan mengenalkan varian baru mutlak harus dilakukan, terutama jika benar Sony juga berencana segera merilis PS4K. Jika tidak, Xbox One bakal makin tertinggal penjualannya. Berdasarkan data terbaru, PS4 saat ini penjualannya mencapai 40 juta unit, atau 2x lebih banyak dibandingkan Xbox One-nya Microsoft, dan 3x lebih banyak dibandingkan Wii U-nya Nintendo.

PS4K Tidak Sendirian! Microsoft Siapkan Xbox neXt, Xbox One Baru yang Lebih Gahar!

Namun jika benar adanya, yang pasti, Nintendo yang saat ini perlu memikirkan kembali strategi pemasaran mereka, mengingat Wii U mereka juga sudah dihentikan produksinya, dan Nintendo NX masih belum jelas eksistensinya. Mungkin selama E3 2016 atau Gamescom 2016 mendatang kita akan mendengar kebenaran rumor ini. Stay tuned!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU