Ellen Baker – Guru Moe Yang Tiba-Tiba Ngetren!

Karya: <a href='"http://www.pixiv.net/member.php?id=9300932"' onclick="trackOutboundLink('"http://www.pixiv.net/member.php?id=9300932"'); return false;">"Poyosuke"</a>

Karya: Poyosuke

Kalau kamu punya teman yang menyukai budaya Jepang, mungkin sejak tiga-empat hari terakhir newsfeed-mu sudah diisi oleh wajah Ellen Baker. Siapa sebenarnya guru Bahasa Inggris yang sangat moe ini?

Mungkin ada di antara kamu yang menyangka Ellen Baker adalah tokoh dari anime atau manga baru. Kalau begitu, dugaan kamu salah. Guru Bahasa Inggris cantik ini sebenarnya berasal dari buku pelajaran New Horizon edisi 2016-2019. Mengejutkan? Memang. Biasanya, New Horizon memang terlihat seperti ini.

Ellen Baker - New Horizon

Dengan ilustrasi dalam seperti di bawah. Bahkan guru pengajar yang disajikan pun adalah Miss Ann Green, wanita asal Kanada.

Ellen Baker - Ann Green

Namun untuk New Horizon, Ann Green seakan sudah pensiun dan murid-muridnya telah lama lulus. Mereka pun digantikan oleh guru baru dan generasi siswa-siswi baru. Karakter-karakter yang tampil pun berubah menjadi seperti di bawah ini.

Ellen Baker - New Horizon 2016 2019 2

Cuitan dari @haiyore_audio di atas lah yang memulai fenomena Ellen Baker di dunia media sosial global. Pengguna Twitter itu mengomentari gambar buku pelajaran Bahasa Inggris milik adiknya yang sangat imut. Terutama Ellen Baker, sang guru Bahasa Inggris, yang sukses langsung menjadi favoritnya.

Gambar-gambar moe di atas merupakan hasil karya ilustrator Denchubou (電柱棒). Denchubou juga membuat buku New Horizon edisi orang dewasa, yang sampulnya bisa kamu lihat di bawah.

Ellen Baker - New Horizon 2016 2019

Popularitas Ellen Baker pun langsung meledak. Ratusan fan arts-nya mulai bertebaran di internet, mulai dari yang SFW hingga NSFW. Pose bisbol yang ia lakukan di salah satu gambar di buku pun sampai mengundang meme yang memperlihatkan dia siap bertarung. Lihat saja gambar di bawah ini, di mana dia menghadapi Ann Green yang posisinya dia gantikan.

Ellen Baker Vs Ann Green

Karya: Tomato

Bila kamu bersahabat dengan teman-teman yang tepat, kamu hanya perlu memelototi akun media sosialmu untuk melihat fan art-fan art baru dari guru yang satu ini. Untuk sekarang, arus gambar yang berkaitan dengan Ellen masih cukup kencang.

Ilustrasi Civil War Versi Anime Populer Ini Dijamin Keren!

Menyambut akan dirilisnya Captain America: Civil War di Jepang, beberapa judul manga pun menampilkan ilustrasi bergaya konflik Cap Vs Iron Man!
Baca Juga

Menanggapi fenomena ini, Denchubou selaku ilustrator Ellen diwawancarai oleh Buzzfeed Jepang. Denchubou sebenarnya senang menanggapi popularitas mendadak ini. Dia berharap para siswa akan semakin tertarik mempelajari Bahasa Inggris, namun ia juga khawatir kalau popularitas luar biasa ini justru akan mengganggu fungsi edukasi yang seharusnya dimiliki bukunya.

Pada akhirnya, Ellen dan murid-muridnya tetap adalah bintang dari buku pelajaran sekolah. Denchubou khawatir popularitas Ellen justru akan membuat orang tua murid menganggap buruk duluan bukunya. Kekhawatiran yang valid mengingat gambar-gambar NSFW Ellen pun masih berkembang bersama dengan fan art-fan art yang lebih normal.

Ellen Baker - Fan Art

Orang tua di Jepang mungkin tidak separanoid di Indonesia, namun pasti ada batasan yang bisa menguji kesabaran mereka. Bila batasan itu terlampaui, kasihan juga bila Ellen dan murid-muridnya harus ditarik dari peredaran dan kembali digantikan oleh ilustrasi yang lebih aman.

Kalau kamu tertarik dengan karya-karya Denchubou, kamu bisa mencoba mencari bukunya di Amazon Jepang.

Mengingat ada banyak ilustrator berbakat di Indonesia, yang dapat dengan mudah membuat karakter moe seperti Ellen, apakah kamu berminat untuk melihat penerbit lokal menempuh metode New Horizon ini? Ataukah kemungkinan karakter-karakter pengajar diplesetkan ke dalam skenario dewasa membuat kamu enggan memikirkan kemungkinan itu terwujud?


SHARE
Previous articleDeretan Legenda Sutradara Anime, Tanpa Mereka Anime Tak Akan Pernah Ada!
Next articleDotEmu Bangkitkan Titan Quest, Game Hack & Slash Bergaya Diablo Untuk Mobile
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.