Deretan Legenda Sutradara Anime, Tanpa Mereka Anime Tak Akan Pernah Ada!

sutradara animeKeseruan-keseruan anime yang biasa kamu tonton, baik itu jalan ceritanya atau karakter ikonik yang membuat kamu jatuh cinta tentu tak serta merta tiba-tiba muncul di TV. Butuh proses panjang dalam mengerjakan sebuah film animasi, khususnya anime dari mulai pembuatan plot cerita sampai ditayangkan di TV. Di sinilah peran director atau sutradara yang sangat bertanggung jawab. Meskipun bisa dibilang sutradara anime mungkin tidak seterkenal karakter-karakter yang telah ia ciptakan, namun tanpa mereka tidak akan pernah ada anime yang bisa kamu tonton. Nah untuk menghargai jasa para sutradara anime ini, Duniaku telah mengumpulkan deretan sutarada anime terbaik yang harus kamu tau;


1

Noburo Ishiguro


sutradara animeNoburo Ishiguro lahir pada tanggal 24 Agustus 1938. Sejak kecil, ketertarikan Noburo terhadap dunia seni sudah terlihat. Terbukti saat remaja ia bergabung dengan sebuah grup musik yang mengusung genre Hawaii music. Latar belakang seorang musisi ini cukup berpengaruh ketika Noburo menjadi sutarada anime. Kemampuan ia membaca lembaran musik dan teori-teori mengenai dunia musik cukup membantu ia dalam membuat beberapa anime seperti The Super Dimensional Fortress Macross. Beberapa karya anime lainnya yang cukup sukses dibuat Noburo adalah Space Battleship Yamato, Megazone 23, Legend of Galaticos Heroes dan terakhir Tytania yang ditayangkan tahun 2008. Noburo Ishiguro meninggal pada 20 Maret 2012 diusianya yang ke 73 karena infeksi paru-paru.


2

Hideaki Anno


hideaki annoKarir Hideaki Anno sebagai animator dimulai ketika ia bekerja sama dengan Hayao Miyazaki untuk menyelesaikan film Nausicca of The Valey of the Wind tahun 1984. Pertama kali dia bekerja sebagai sutarada animasi adalah saat pembuatan film Royal Space Force: The Wings of Honneamise tahun 1987. Disusul anime Gunbuster dan Nadia: The Secret Blue Water. Namun anime seris Neon Genesis Evanglion lah yang membuat nama Hideaki Anno menjadi terkenal. Anime tersebut menyuguhkan berbagai filosis yang mendalam dan merupakan ciri khas seorang Anno. Pada tahun 2006, Hideaki Anno meninggalkan Ginax, studio yang membesarkan namanya dan membuat studio animasi sendiri yang bernama Khara. Untuk menghargai kehebatan Hiddeaki Anno sebagai sutaradara anime, ada sebuah asteroid yang diberi nama dirinya yaitu, 9081 Hideakianno.


3

Mamoru Oshii


sutradara animeMamoru Oshii lahir di Tokyo 8 Agustus 1951. Nama Mamoru Oshii mulai dikenal ketika ia menyutradai animasi Ghost in Cell tahun 1995. Menceritakan cyborg perempuan yang berusaha mencari makna dan jati diri yang sebenarnya. Kedalaman cerita dan nilai artistik tinggi dalam setiap scene membuat anime ini masuk jajaran anime top. Bahkan merupakan anime pertama yang bisa masuk top billboard video tahun 1996 dan dianggap sebagai karya klasik dan masterpiece dari Mamoru Oshii. Karya-karya Oshii kebanyakan dipengaruhi oleh film maker Eropa seperti Federico Fellini, Ingmar Bergman, Michaelangelo Antonioni dan masih banyak lagi. Berbagai penghargaan pun diberikan berkat film-film animenya seperti Best Animated film untuk Patlabor 2: The Movie tahun 1993 dan The Sky Crawlers tahun 2004.


4

Katsuhiru Otomo


katsuhiroKatsuhiro Otomo lahir di Miyagi 14 April 1954. Namun sejak lulus dari sekolah tepatnya tahun 1973, Katsuhiro memutuskan untuk meninggalkan Miyagi dan pindah ke Tokyo berharap menjadi manga artist. Manga pertama yang ia publish berjudul A Gun Report. Nama Katuhiro Otomo mulai melambung ketika ia menciptakan film anime Akira. Bahkan saking suksesnya anime tersebut, banyak yang menilai jika Akira adalah Salah satu anime terbaik yang pernah ada. Untuk menyelesaikan anime ini pun Katsuhiro tidak main-main. Ia menghabiskan 8 tahun dan kurang lebih terdapat 2000 halaman yang dibuat.


5

Hayao Miyazaki


hayao miyazakiHayao Miyazaki merupakan salah satu sutradara anime yang selalu membuat karya-karya mengesankan sampai sekarang. Meskipun ia sekarang menyatakan pensiun, namun banyak karyanya yang cukup bagus, bahkan bagi orang yang tidak begitu familiar dengan anime pun akan menyukainya. Miyazaki memiliki keunikan tersendiri ketika menciptakan sebuah anime, ia menyatakan lebih menyukai cara tradisional dibandingkan menggunakan CGI sebagai tools dalam menggarap filmnya. Atas kehebatannya sebagai Sutradara anime, banyak yang menjuluki dirinya sebagai Walt Disney dari Jepang. beberapa Karya sukses Miyazaki adalah Spirited Away dan Howl’s Moving Castle.


6

Osamu tezuka


osamu-tezuka-with-worksBisa dibilang Osamu Tezyuka yang lahir tahun 1928 merupakan pioner dari anime-anime yang kita lihat sekarang ini. Karena ia memberikan ciri khas saat menggambar karakter dengan mata yang besar. Teknik ini pun mempengaruhi animator-animator terkenal seperti Walt Disney dan Max Fleischer dalam membuat film animasi. Karya terbaik dari Osamu Tezuka adalah ketika ia menciptakan film Tetsuman Atom atau lebih dikenal sebagai Astro Boy. Karena kejeniusannya dalam dunia animasi, Osama Tezuka sering disebut sebagai God of Manga.


7

Yoshiyuki Tomino


tominoDikenal sebagai orang dibalik pencipta serial franchise Gundam, Yoshiyuki Tomino memulai karir dibawah naungan Mushi Production, Perusahaan yang berjasa dibalik kesuksesan anime Astro Boy. Tomina bekerja dengan Osamu Tekuza sebagai penulis storyboard pada anime legendaris tersebut. Bisa dibilang Tomino adalah jagoannya dari anime bergenre mecha atau Sci-fic. Beberapa karya anime mecha Tomino diantaranya Brave Raideen, Voltes V, dan tentu saja franchise Gundam yang sangat melegenda hingga sekarang.


8

Sinichiro Watanabe


sinichiroSutradara anime yang lahir tahun 1965 ini mulai dikenal banyak orang ketika ia menciptakan anime Cowboy Bebop tahun 1998. Mesikupun pada perjalanan awal Cowboy Bebop dianggap kurang digemari orang-orang karena terlalu banyak unsur kekerasan sehingga hanya 7 episode yang ditayangkan di TV Jepang. Namun lambat laun anime ini bisa diterima dan menjadi favorit banyak orang. Bahkan Cowboy Bebop menjadi anime pertama yang ditayangkan TV kabel Amerika tepatnya di channel Cartoon Network. Beberapa karya anime Watanabe lainnya adalah The Animatrix, A Detective Story, Samurai Champloo, Genius Party dan lain-lain


9

Satoshi Kon


satoshiSatoshi Kon mulai masuk ke dalam dunia manga sejak ia masih kuliah. Bahkan setelah lulus dari kuliah, ia langusng menjadi assisten dari Sutradara anime terkenal yaitu Katsuhiro Otomo. Banyak belajar dari seniornya, akhirnya Satoshi bisa menyutradai film anime pertamnaya yang berjudul Perfect Blue. Konon Perfect blue ini juga menginspirasi alur cerita dari film Black Swan. Namun di film kedua lah Satoshi Kon menuai kesuksesan. Lewat budget yang terbatas, Satoshi Kon dapat membuat film Millenium Actrees (2002) lebih sukses ketimbang film pertama yang ia garap. Di tahun 2008, Kon membuat film yang berjudul Paprika, salah satu karya Kon yang sukses baik di negaranya sendiri Jepang dan juga Amerika. Sayangnya, itu merupak film terakhir yang yang sutradarai, karena pada Agustus 2010 Satoshi Kon meninggal dunia karena kanker pankreas.


SHARE
Previous articleBegini Cara Mudah untuk Main Game PS4 di PC!
Next articleEllen Baker – Guru Moe Yang Tiba-Tiba Ngetren!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca