Dark Horizon, Buku Pelajaran Bahasa Inggris Tersuram di Dunia

Dark Horizon - Shin's Life

Di antara seluruh buku-buku pelajaran Bahasa Inggris di dunia, Dark Horizon mungkin ada yang paling suram, mengedepankan kehidupan kelam tokohnya. Kok bisa?

Peringatan: walau gambar-gambar yang ada di artikel ini sudah dipilih sedemikian rupa, konten yang terkandung dalam beberapa masih memiliki umpatan kasar dan situasi dewasa. Untuk anak-anak, dianjurkan untuk tidak melanjutkan membaca tanpa bimbingan orang tua.

Hingga hari ini, mungkin beranda media sosialmu masih juga diisi oleh satu-dua pos mengenai Ellen Baker. Guru moe dari buku New Horizon ini memang menggemaskan, hingga fan art-nya pun bertebaran di mana-mana. Ada yang NSFW, ada yang SFW.

Ellen Baker - By Poyosuke

Karya: Poyosuke

Untuk sekarang, kita akan beralih ke buku pelajaran Bahasa Inggris lain yang sangat jauh dari nuansa cerah dan ceria di New Horizon-nya Ellen Baker. Nama buku pelajaran itu adalah Dark Horizon, dan seperti judul artikel ini, mungkin ini adalah buku pelajaran Bahasa Inggris paling suram yang pernah diciptakan.

Yang lebih kacau lagi, Dark Horizon diisi oleh karakter-karakter New Horizon sebelum eranya Miss Ellen Baker, yakni Miss Ann Green dan murid-muridnya. Inilah wujud Ann Green di New Horizon.

Dark Horizon - Ann Green

Dark Horizon seakan mengambil masa bertahun-tahun setelah Ann Green kehilangan pekerjaannya dan murid-muridnya lulus. Akhirnya, yang didapatkan pembaca adalah halaman menyedihkan di bawah ini.

Dark Horizon - Character Introductions

Dalam usianya yang ke-38, Miss Ann Green terlihat lebih tua dari seharusnya. Tak mengherankan mengingat dalam profilnya tertulis ia biasa mencampurkan alkohol dan obat tidur, seakan cari mati, serta memiliki minuman favorit vodka.

Nasib buruk pun menimpa murid-murid Ann. Lihat gambar di New Horizon, dan kamu akan menemukan seorang bocah Australia yang terlihat bersemangat. Di Dark Horizon, di usianya yang ke-25, Mike Davis harus menjadi gelandangan hanya untuk bertahan hidup. Dan sama seperti gurunya, ia harus berpaling kepada alkohol untuk melarikan diri dari kenyataan betapa mengerikannya hidupnya saat ini.

Buku Bahasa Inggris ngaco ini mengajarkan kepada pembacanya kosakata yang tepat, dalam Inggris dan Jepang, untuk situasi-situasi dewasa. Gambar di atas artikel menunjukkan contoh percakapan seseorang yang sedang dikejar gangster penagih utang. Ada juga contoh percakapan di pub, seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini.

Dark Horizon - Bar Talk

Hanya dalam dua halaman, pembaca diperlihatkan pada referensi alkohol, umpatan kasar, hingga impotensi. Kumpulan persoalan dewasa yang begitu berlebihan hingga terasa lucu dan membuat depresi sekaligus.

Kenapa kehidupan Ann Green menjadi seperti sekarang? Bagian itu juga ditulis dalam buku pelajaran Bahasa Inggris ini, menyajikan sosok jahat yang dihantui hasrat untuk bunuh diri.

Dark Horizon - Ann Green 2

Ellen Baker – Guru Moe Yang Tiba-Tiba Ngetren!

Walau kamu tidak tahu namanya, mungkin kamu sudah melihat wajah Ellen Baker di newsfeedmu. Ya, guru moe dari buku Bahasa Inggris ini memang sedang ngetren!
Baca Juga

Kisah kehidupan yang begitu muram, kamu bisa menyangka buku ini ditulis oleh Todd Solondz.

Kalau kamu belum sadar, buku ini sebenarnya hanya parodi dari New Horizon lama. Dark Horizon digarap oleh Brian Reyes, komikus asal New York. Meski parodi, Reyes mampu menyajikan terjemahan yang tepat dari Inggris ke Jepang hingga sebenarnya – mengesampingkan skenario absurd di dalamnya- buku ini benar-benar bisa digunakan sebagai bahan pelajaran.

Sekarang, mengingat Miss Ellen Baker sedang digunjing kontroversi karena penampilan moe-nya membuat banyak ilustrator menciptakan fan art NSFW… jangan heran kalau ibu guru manis itu akan menjadi bintang dari sekuel Dark Horizon di masa depan nanti.

Untuk sekarang, Dark Horizon telah tersedia dalam Season 1 dan Season 2. Cek Amazon kalau kamu ingin belajar Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, sekaligus ngakak lewat buku ini.


SHARE
Previous articleGame One Piece Terbaik Ini Bocorkan Penampakan Luffy Ketika Sudah Tua Renta!
Next article7 Kisah Unik dan Menarik Soal Pesepak Bola dan Video Game
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.