iflix, Jadi Ini Alasan Telkom Ngotot Blokir Netflix!

iflix - Telkom

Telkom memutuskan bekerja sama dengan iflix, platform streaming film dari Malaysia! Inikah alasan sejati Telkom memblokir Netflix?

Pengguna Indihome dan bagian paketnya mungkin tidak bisa menyaksikan Netflix. Mulai 11 April lalu pun saluran dari MNC Group dihapus dari tayangan Usee TV, seperti yang bisa kamu lihat dari berita di Detik. Namun itu bukan berarti pengguna layanan Telkom akan kehilangan satu-persatu hiburan dari paket internet mereka, karena Telkom akan menjadi partner iflix untuk pasar Indonesia!

Seperti dilaporkan oleh Yahoo Singapura, dilaporkan kalau iflix telah resmi mengamankan kerja sama dengan Telkom untuk masuk ke pasar Indonesia.

iflix adalah perusahaan penyedia layanan streaming film dan serial televisi asal Malaysia. Fans yang ingin merasakan kemudahan streaming film ala Netflix namun terbentur oleh blokir yang dilakukan oleh Telkom pun kini akan memiliki solusi.

Terlihat jelas kalau iflix menggunakan metode yang berbeda dari Netflix dalam memasuki pasar Indonesia. Selain membentuk kerja sama resmi dengan Telkom, perusahaan ini pun telah menunjuk Cam Walker untuk menjadi pimpinan dari cabang Indonesia, seperti dikabarkan oleh Tech in Asia. Dengan dua langkah itu, perusahaan asal Malaysia ini bergerak cepat untuk mengamankan posisi dari regulasi-regulasi Indonesia agar tak terkena hambatan dan kontroversi yang menimpa Netflix.

iflix - Telkom 2

Begini Penampilan Scarlett Johansson di Film Ghost in the Shell!

Begini penampilan Scarlett Johansson di film Ghost in the Shell! Bagaimana menurut pendapatmu? Cocok tidak dia jadi Motoko Kusanagi?
Baca Juga

Tak mengherankan kalau ketimbang bernegosiasi dengan Netflix, yang hingga kini belum ada indikasi memenuhi tuntutan Telkom, raksasa komunikasi Indonesia ini akhirnya memutuskan bekerja sama dengan iflix. Terutama setelah kerja sama terbuka yang perusahaan video-on-demand asal Malaysia itu ambil.

Lalu, bagaimana efek kerja sama ini terhadap pengguna Netflix? Dikhawatirkan kalau kerja sama istimewa yang Telkom lakukan ini akan digunakan sebagai dasar untuk memblokir total Netflix. Hal yang akan cukup sakit, terutama mengingat Netflix sudah memblokir pula akses melalui VPN. Hari di mana Netflix diblokir total adalah hari Netflix berhenti sepenuhnya beroperasi di Indonesia. Dan semakin hari, itu adalah kemungkinan yang semakin terasa mungkin, walau belum terjadi hingga saat ini.

Setidaknya, dari segi koleksi film, iflix pun tidak kalah bila dibandingkan Netflix Indonesia. Seperti yang bisa kamu lihat di gambar promonya, layanan ini juga menyajikan serial Korea, serial TV berkualitas seperti Luther, hingga film-film box office dari Hollywood. iflix pun memiliki keunggulan tersendiri, yakni kamu mampu mengunduh film-film pilihanmu untuk dinikmati secara offline.

Untuk kamu-kamu yang berminat menggunakan iflix, pengguna dari Indonesia sudah bisa melakukan registrasi di situs resminya. Layanannya pun kini telah dilengkapi pula dengan Bahasa Indonesia. Namun kamu masih harus menunggu dulu hingga jasa ini mulai beroperasi.

Dengan akan hadirnya iflix dan sudah hadirnya Hooq, kompetisi layanan streaming film di Indonesia semakin memanas. Pada akhirnya, siapakah yang akan keluar sebagai pemenang?


SHARE
Previous articleSaking Ngefansnya, Obama Menonton Game of Thrones Season 6 Sebelum Tayang
Next article6 Hal yang Membuat Semifinal Liga Champions 2016 Bakal Seru!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.