Universitas Ini Sediakan Kelas Otaku, Syarat Daftar: Kuat Berjam-jam Nonton Anime!

kelas otaku

Siapa Bilang Otaku Bakat Alami! Semua Bisa Menjadi Otaku Profesional di Sekolah Anime Ini!

Mau menjadi otaku profesional yang terkenal di Akibahara? Tuntut ilmunya segera di sekolah Anime Tokyo yang satu ini. Dijamin bakal menjadi otaku sukses!
Baca Juga

Kelas otaku? Kedengarannya bakal jadi sebuah kelas yang menyenangkan ya, terutama bagi kamu yang memang mengaku sebagai otaku sejati. Bayangkan saja, ada tugas nonton anime, di kelas pun yang didiskusikan adalah anime yang sudah ditonton hari sebelumnya. Nah, di Jepang sendiri ada sebuah universitas yang menyediakan kelas otaku ini. Tujuannya adalah mengajak para mahasiswanya untuk lebih memberikan apresiasi terhadap kebudayaan modern ini, sekaligus menganalisa trennya.

Tapi, apakah mengikuti kelas otaku ini semudah dan seasyik sesuai dengan bayangan kita? Ternyata tidak sepenuhnya mengasyikkan lho!

Baru-baru ini, salah satu mahasiswa universitas tersebut (sayangnya seperti dikutip via Rocketnews, tidak disebutkan apa nama universitasnya) mengunggah silabus dari kelas otaku tersebut. Rupanya cukup rumit, dan sepertinya kelas ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang mengaku benar-benar paham dengan anime dan manga, tidak untuk orang awam yang menikmati anime mainstream saja, katakanlah seperti Dragon Ball atau Doraemon. Atau yang hanya sekedar menikmati nonton anime dan baca manga saja, tanpa tertarik untuk membedahnya lebih dalam.

kelas otaku

Berikut adalah sedikit translasi dari silabus di atas.

“Di kelas ini, kita akan melihat anime sebagai sebuah subyek film dan seni, mempelajari tren dan menganalisa karya-karya penting dari era 2000-an, termasuk juga karya-karya anime yang lebih lama seperti Gundam dan Evangelion. Beberapa judul lain yang akan dianalisa antara lain: Star Driver, Code Geass, Lucky Star, Durarara!!, Monogatari Series, Tiger & Bunny, Penguindrum, dan PSYCHO-PASS. Kita juga akan mendiskusikan budaya moe, social gaming, budaya fujoshi, cosplay dan simbolisasi dalam manga.

*Perhatian: kelas ini dikhususkan untuk orang yang sangat familier dengan anime dan manga. Kamu harus fasih sebagai otaku/fujoshi untuk mengikuti kelas ini.

Kebutuhan ekstrakurikuler:

  1. Kamu harus menonton 20 atau lebih episode anime dalam seminggu, terutama menontonnya hingga larut malam.
  2. Kamu harus embaca 10 buku atau lebih dalam sebulan, termasuk materi referensi yang diberikan di kelas, baik dengan membeli atau meminjamnya di perpustakaan.
  3. Kamu harus punya pengalaman atau saat ini masih berkecimpung di budaya visual (film, anime).
  4. Kamu harus bisa menggunakan internet dan media sosial.

*Peringatan: #1 adalah prasyarat untuk kelas ini”

kelas otaku

Nonton 20 episode anime dalam seminggu? Sepertinya cukup mudah ya, karena kamu cuma perlu nonton 2-3 episode saja setiap harinya. Mengingat satu episode anime rata-rata berdurasi sekitar 20-30 menit, maka kamu hanya perlu menyisihkan waktu 1-1,5 jam di malam hari untuk menontonnya. Yang bikin sulit adalah mungkin adanya kebutuhan untuk menganalisa dan mempelajari trennya. Kalau cuma menikmati anime sih sekali tonton saja sudah bisa, akan tetapi jika ada tugas untuk mempelajari dan menganalisa, sepertinya kamu butuh menonton anime-anime ini lebih dari satu-dua kali. Kira-kira apakah kamu bakal muntah-muntah jika nonton anime lebih dari 4 jam setiap harinya?

Nanti yang sudah lolos kelas otaku ini apa ya gelarnya? Sarjana Otaku atau S.Ot? Atau Sarjana Anime alias S.An? Hehehe..


SHARE
Previous articleIni Buktinya Kalau Doctor Strange Superhero Terkuat Marvel Cinematic Universe!
Next articleSaking Ngefansnya, Obama Menonton Game of Thrones Season 6 Sebelum Tayang
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.