Seperti Ini Jadinya Jika Kalian Masuk ke Dalam Dunia Sword Art Online VR IBM!

Sword Art Online The Begining NerveGear-IBM-The-Beginning

NerveGear “Palsu” dan Sword Art Online: The Begining Ternyata Mengecewakan!

Setidaknya lumayan lah untuk sebuah strategi marketing! Jika sukses, bakal beneran diproduksi... jika gagal, seterusnya akan tetap menjadi prototype saja!
Baca Juga

Istilah virtual reality (VR) dalam video game sudah lama kita dengar, dan teknologi tersebut seakan menjadi impian terpanjang industri game. Apalagi setelah beberapa inovasi yang mencoba mengenalkan cara bermain baru dengan menggunakan layar kedua yang langsung dihadapkan pada mata kita tersebut harus gagal. Lantas, selanjutnya berbagai produsen teknologi pun mencoba terus mengeksplorasi VR, dan tahun 2016 ini bisa dikatakan menjadi titik baru dimana ada beberapa alat virtual reality yang dipastikan hadir, atau baru memulai masa pengembangan. Seperti yang dilakukan IBM saat ini, mereka berusaha mewujudkan dunia virtual reality dalam manga, anime dan game Sword Art Online VR di dunia nyata melalui sebuah NerveGear IBM, dan sebuah game berjudul Sword Art Online: The Begining!

nervegear sword art online prototype

Lihat Bagaimana Aksi Para Kirito Dunia Nyata Mencoba NerveGear IBM

Jika Oculus Rift, PlayStation VR, HTC Vive, atau Samsung Gear VR belum mampu mewujudkan dunia virtual reality Sword Art Online yang kalian inginkan, bagaimana dengan NerveGear IBM yang satu ini?
Baca Juga

Fase ‘Alpha’ Sword Art Online: The Begining sendiri sudah diselenggarakan pada 18 Maret hingga 20 Maret 2016 lalu. Fase Alpha ini pun sekadar menguji seperti apa purwa rupa NerveGear yang dikembangkan IBM tersebut, oleh 208 orang pemain. Mereka menjajal seperti apa rasanya menggunakan NerveGear jadi-jadian ini, yang sebenarnya masih berbasis pada alat virtual reality lainnya yang tidak lama lagi bakalan dijual, yaitu Oculus Rift (khususnya, versi purwa rupa DK2). Bedanya, di sini IBM menambah alat lain, berupa sensor yang bisa mendeteksi pergerakan kakimu, dan juga menggunakan Kinect v2 yang dimiliki konsol game Xbox One. Kami sudah memperlihatkan pada kalian seperti apa penampilan para alpha tester mencoba demo Sword Art Online: The Begining proyek aplikasi / game massively multiplayer online virtual reality RPG yang sejatinya bakal menjadi wujud penerapan NerveGear IBM ini dalam artikel sebelumnya.

IBM sendiri merilis video progress pengembangan perangkat virtual reality ini kemarin. Dalam video Sword Art Online: The Beginning VR Project Development Video di bawah, khususnya mulai menit ke 1:50, kalian bisa melihat sekilas seperti apa gameplay-nya. Tampilan in-game-nya mungkin memang bukan yang terbaik, dan pengendaliannya sendiri juga sama seperti tipikal game dan perangkat VR yang sudah dikenbangkan untuk konsol dan PC saat ini, seperti Oculus Rift, PlayStation VR dan HTC Vive.

Atau langsung saja klik video di bawah, kami mengambil bagian gameplay in-gamenya untuk kalian. Lihat bagaimana pemain berinteraksi dengan obyek dalam game, dia masih perlu menggerakkan tangannya, bergerak seakan mengayunkan pedang / senjata untuk menyerang musuh, dan ya, pastinya bakal capek jika melakukan hal tersebut selama 1 jam saja.

Sword Art Online VR Gameplay

Sword-Art-Online-The-Beginning_2016_03-16-16_003

Berbicara mengenai dunia Sword Art Online tidak bisa terlepas dari teknologi yang menjadi basis cerita petualangan Kirito dan kawan-kawannya di dunia ghaib virtual reality, yaitu teknologi FullDive. Kami sudah mengulas banyak sebelumnya, seperti bahwa teknologi “menyelam” kedua virtual reality ini tidak hanyaterbatas pada NerveGear dan AmuSphere saja, karena ada beberapa generasi pengembangan mesin FullDive lainnya.

NerveGear sendiri adalah mesin FullDive generasi kedua yang dikembangkan oleh Argus, perusahaan yang juga menciptakan Sword Art Online, dan merupakan mesin FullDive pertama yang diproduksi secara masal untuk kepentingan komersil. NerveGear berbentuk menyerupai helm yang menutupi hampir seluruh bagian kepala, dan bekerja dengan mem-bypass sepenuhnya semua sinyal saraf dari otak ke tubuh manusia, dan menggantikannya dengan sinyal-sinyal buatan untuk mensimulasikan lima indera manusia ke otak. Selain itu, NerveGear memancarkan sinyal microwave elektromagnet dengan frekuensi tinggi dan memiliki baterai cadangan yang sudah terinstalasi di dalamnya. Fakta inilah yang kemudian menjadi faktor penentu yang meyebabkan 10.000 player terjebak di game virtual reality Sword Art Online (Aincrad), sebuah istana melayang dengan 100 lantai.

Sword-Art-Online-The-Beginning_2016_03-16-16_001

Penjelasan mengenai NerveGear tersebut sepertinya cukup rumit yah, karena mem-bypass sepenuhnya kesadaran manusia. Namun pada kenyataannya, proyek NerveGear yang saat ini dikembangkan IBM di Jepang jauh dari kenyataan tersebut. Yah, masih untung mereka sadar dan menghindari rasa malu dengan menyebutnya sekadar “NerveGear Prototype” saja!

Sumber


SHARE
Previous articleJepang Ubah Gadis Cerita Dongeng Barat Menjadi Moe! Bagaimana Hasilnya?
Next articleYo-kai Watch 3 Bakal Mengadu Hantu Jepang Lawan Amerika! Menang Mana Ya!?
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.