IN.GAME Festival 2016 Siap Digelar, Ajang Kumpul Lebih dari 50 Studio Game Indonesia!

in.game festival 2016

Dalam waktu dekat, developer game indie di Indonesia akan berkumpul di Yogyakarta untuk mengikuti event tahunan Indie Game Festival 2016 atau yang biasa dikenal dengan IN.GAME Festival 2016. Sedikit berbeda dengan tahun lalu, acara yang digelar oleh komunitas developer game Yogyakarta atau GameLan ini akan berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 20 hingga 24 April 2016 besok di Yogyakarta.

Apa saja sih rangkaian acara dalam IN.GAME Festival 2016 ini?

Beberapa acara yang akan diselenggarakan dalam IN.GAME Festival 2016 adalah Workshop Day, Game Jam, Expo, IN.GAME Talk, dan IN.GAME Award. Workshop Day akan membuka rangkaian IN.GAME Festival pada 20 April 2016. Setidaknya ada 3 workshop yang berkaitan dengan dengan game development telah dipersiapkan oleh panitia, yang akan mengambil lokasi di STMM MMTC Yogyakarta. Hari kedua hingga keempat akan diselenggarakan game jam di Jogja Digital Valley. Game jam adalah kegiatan kolaborasi membuat game bersama-sama selama 48 jam atau 2 hari penuh.

Dan puncaknya, sekitar 57 studio game dari seluruh Indonesia akan berkumpul di Yogyakarta pada Minggu 24 April 2016. Mereka akan memamerkan karya mereka dalam event IN.GAME Expo yang masih satu rangkaian dengan event IN.GAME Festival 2016 ini. Berlokasi di Auditorium Kampus 3 Gedung Bonaventura Universitas Atmajaya Yogyakarta, event pameran ini akan digelar seharian penuh dari pukul 09.00 hingga 17.00. Studio-studio game ini berasal dari berbagai kota diantaranya dari Surabaya, Bandung, Jakarta, Malang, Semarang, Bangkalan, Surakarta, Salatiga, Sidoarjo, Bogor, Kediri, dan Yogyakarta. Tidak hanya game mobile dan PC yang dipamerkan, namun ada juga developer yang memamerkan game fisik (non digital) seperti boardgame dan cardgame.

in.game festival 2016

Sepanjang gelaran expo ini juga akan dilaksanakan sesi sharing dari Ekuator Games dan Gotta Games. Ekuator Games sendiri adalah studio game asal Bandung yang berhasil dalam kampanye crowdfunding di Kickstarter dan sukses meluncurkan game PC mereka yang berjudul Celestian Tales: Old North di platform Steam. Sedang Gotta Games adalah developer game indie asal Jakarta yang pada Oktober lalu berkesempatan unjuk gigi diajang PAX Australia 2015. Tentunya pada kesempatan kali ini Gotta Games akan membagikan pengalaman mereka hingga berhasil memamerkan karya mereka di salah satu event game terbesar tersebut.

in.game festival 2016

Bukan hanya developer game yang mendapat panggung di IN.GAME Expo kali ini, akan ada diskusi panel mengenai sound engineering yang akan dimoderatori oleh Lintang Enrico yang dikenal sebagai developer dari Gamelan DJ. Selain pameran dan sesi sharing, diakhir acara akan diadakan penyerahan IN.GAME Awards yang akan dibagi dalam 7 kategori yaitu Best Gameplay, Best Game Audio, Best Game Narration, Most Innovative Game, Best Boardgame dan Audience Choice Award.

IN.GAME Festival 2016 Bakal Hadir 5 HARI! Daftarkan Dirimu Segera!

Pestanya developer game indie Indonesia, IN.GAME Festival 2016 akan segera digelar. Segera daftarkan dirimu dan game-mu untuk mengikutinya!
Baca Juga

IN.GAME Festival 2016 ini merupakan salah satu upaya dari komunitas developer game Indonesia untuk memasyarakatkan game development serta mensosialisasikan keberadaan developer game indie di Indonesia beserta karya-karyanya. “Game merupakan salah satu media ekpresi yang mampu memberikan ruang interaksi yang lebih antara kreator dan penikmatnya,” ungkap Frida Dwi atau yang akrab disapa dengan UB, panitia dari IN.GAME Festival ini. “Pesan yang disampaikan tidah hanya didengar dan dilihat namun juga mengajak penikmat karya ini untuk berinteraksi didalamnya. Banyak potensi yang bisa digali dari media yang kita sebut game ini. Nilai ekonominya pun bisa dibilang sangat menarik. Di negara maju, game merupakan salah satu penyumbang pemasukan terbesar di sektor industri kreatif,” jelas UB lebih lanjut.

Selain komunitas developer game Yogyakarta alias GameLan, acara ini juga didukung oleh komunitas developer game dari kota lain seperti seperti SMG (Semarang), GADAS (Surabaya), GDB (Bandung), GDM (Malang), BGDE (Bali), Salad (Salatiga), Magadev (Makasar) dan juga Asosiasi Game Indonesia (AGI). Tertarik untuk hadir untuk mencicipi game-game buatan developer game Indonesia, atau mungkin mengikuti rangkaian acara IN.GAME Festival 2016 lainnya? Silahkan daftarkan dirimu melalui tautan di bawah ini.

IN.GAME Festival 2016: Link Pendaftaran (GRATIS!)


SHARE
Previous articleWaduh, The Division Ternyata Masih Dipenuhi oleh Bug!
Next article10 Tokoh Anime dan Game Ini Terinspirasi Sosok Legendaris Bruce Lee
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.