Review Criminal – Aksi Thriller Ayah Superman Membantu Deadpool

criminal-poster05

Dalam film Criminal, Jonathan Kent sang ayah Superman membantu Deadpool untuk mencegah insiden internasional. Benarkah seperti itu premis filmnya? Cek saja review ini!

Bertabur Bintang

Terjadi masalah serius dalam misi Wade Wilson, alias Deadpool. Untuk mengatasi persoalan ini, Komisaris Gordon meminta bantuan dari Two Face. Two Face kemudian melibatkan Jonathan Kent, sang ayah Superman. Ada juga sosok Wonder Woman, yang di sini disajikan sebagai istri setia dari Deadpool…

Tentunya, yang di atas ini bukan benar-benar premis dari film Criminal. Namun… film ini benar-benar bertabur bintang. Ryan Reynolds sang pemeran Deadpool tampil di sini. Gal Gadot, yang kemarin memerankan Wonder Woman dengan sangat meyakinkan di Batman V Superman? Ada. Gary Oldman, yang di The Dark Knight Trilogy memerankan Komisaris Gordon? Ada. Tommy Lee Jones, yang sebelumnya sudah memainkan Agen K di Men in Black, Two Face di Batman Forever, serta Kolonel Philips di Captain America: The First Avenger? Ada juga.

Bahkan aktor utama film ini, Kevin Costner, juga pernah tampil di film superhero. Fan Superman mungkin mengingat penampilannya sebagai Jonathan Kent, ayah angkat sang manusia baja. Kalau kamu fan salah satu aktor di atas, maka kamu mendapatkan setidaknya satu alasan untuk menyaksikan Criminal.

CRIMINAL-03Didukung Akting Kuat Kevin Costner 

Premis sejati film ini adalah: misi Agen Bill Pope (Ryan Reynolds) mengalami masalah besar, dan berujung mengejutkan. Mengingat nasib dunia dipertaruhkan, Quaker Wells (Gary Oldman) harus menggunakan cara yang tidak konvensional. Cara ini melibatkan Dr. Franks, seorang genius yang mengembangkan teknologi untuk memindahkan kenangan dan memori seseorang. Namun eksperimen ini membutuhkan subyek khusus sebagai penerima ingatan.

Dr. Franks pun harus melibatkan orang lain: Jericho Stewart (Kevin Costner). Satu masalahnya: Stewart adalah psikopat sejati. Sejak awal ia menjadi pilihan utama karena otaknya mengalami kerusakan permanen, yang membuatnya tak mampu merasakan hal-hal seperti kesedihan, cinta, dan sejenisnya. Apakah orang seperti ini bisa dipercaya untuk menyelesaikan misi sensitif?

Kekuatan utama film Criminal adalah akting Kevin Costner. Aktor berpengalaman ini mampu menyajikan Jericho sebagai sosok protagonis yang fresh. Kebanyakan protagonis, bahkan anti-hero sekalipun, kerap kali bisa ditebak jalan pikirannya. Jericho tidak. Costner menyajikan Jericho sebagai sosok buas, lebih mirip hewan yang memiliki sedikit akal sehat ketimbang manusia yang benar-benar fungsional. Kamu tidak tahu apa yang akan ia lakukan dalam menghadapi satu situasi, terutama setelah otaknya semakin dikacaukan lagi.

Penampilan Ryan Reynolds di sini juga bagus. Aktor yang sempat terpuruk namun bangkit kembali lewat film Deadpool ini berhasil menyajikan sosok seorang pria berkeluarga yang berada dalam krisis. Ia tidak menyajikan sarkasme-sarkasme ala karakternya di Blade III, apa lagi lelucon sinting seperti di Deadpool, namun sejak karakternya muncul ia berhasil memastikan perhatian penonton terkunci kepadanya hingga akhir.

Bagaimana dengan deretan aktor lain di atas? Jujur… Gary Oldman dan Tommy Lee Jones tampil seadanya saja. Seakan mereka hanya berakting di sini untuk dapat bayaran semata, jadi mereka tak menunjukkan kualitas akting mereka yang berkaliber Oscar. Antara itu atau karakter mereka memang tak banyak diberi kesempatan untuk berkembang.

Sedangkan untuk Gal Gadot, karakter yang ditampilkannya di sini terlalu stereotip damsel in distress. Cukup bikin kening berkerut juga setelah dia tampil dengan bagus sebagai Wonder Woman.

Karena kedua antagonis utama (diperankan Jordi Molla dan Antje Traue) juga tampil generik, bisa dibilang Criminal hampir jadi one man show dari Costner.

1
2
REVIEW OVERVIEW
Skor Film
70 %

SHARE
Previous articleBingung Mau Nonton yang Mana Dulu Antara Civil War dan AADC2? Ini 5 Tipsnya!
Next articleYuk Intip Pameran Sailor Moon Sambil Kembali ke Masa Lalu!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.