10 Tokoh Anime dan Game Ini Terinspirasi Sosok Legendaris Bruce Lee

tokoh anime

Setidaknya ada 10 tokoh anime dan game yang karakteristiknya terinspirasi dari sosok legenda martial art, Bruce Lee.

Siapa yang tidak mengenal sosok legenda martial art dan aktor bernama Bruce Lee? Ia merupakan karakter paling berpengaruh di tahun 1970-an, dengan julukan Lee Xiao Long (Lee si naga kecil). Dikenal sebagai aktor film aksi yang memiliki kemampuan bela diri sesungguhnya. Lee juga merupakan salah satu murid dari Yip Man, guru besar Wing Chun yang baru-baru ini dikenalkan melalui film berjudul Ip Man. Saking hebatnya dalam menguasai bela diri, ia menciptakan aliran bela diri sendiri yang ia namai sebagai Jeet Kune Do. Dalam bertarung dan membawakan perannya, Bruce Lee memiliki ciri khasnya sendiri seperti berteriak, menggunakan kaos bela diri berwarna kuning, atau celana hitam. Selain itu ia juga dikenal sebagai pengguna senjata nunchaku terbaik sepanjang masa. Kepopulerannya membuat banyak ilustrator dan desainer menciptakan tokoh anime dan game dimana terinspirasi dari sosok Bruce Lee. Tak hanya bentuk fisiknya saja atau jurusnya yang sama, beberapa tokoh anime dan game tersebut bahkan menggunakan nama marga “Lee” atau “Li.” Nah kali ini duniaku.net sudah merangkum bahwa setidaknya ada 10 karakter anime dan game yang terinspirasi dari sosok Bruce Lee!

1

Kenshiro

tokoh anime

Tokoh anime pertama yang terinspirasi dari Bruce Lee adalah Kenshiro dari manga Fist of the Northstar. Awalnya karakter Kenshiro adalah sosok anak muda yang ahli bela diri Taizanji Kenpo. Namun akhirnya direvisi oleh Buronson, menjadikannya sosok lelaki kekar macho yang karakteristiknya merupakan gabungan dari sosok Bruce Lee dan karakter fiksi Max Rockatansky dari serial Mad Max. Alhasil, jadilah Kenshiro berbadan kekar, beralis tebal, berkostum ala Max, dan wajahnya mirip Bruce Lee. Ia juga merupakan ahli bela diri dengan tinju cepat ala Bruce Lee.

2

Kim Dragon

tokoh anime

Kim Dragon merupakan karakter game yang terinspirasi dari Bruce Lee yang muncul di game World Heroes dirilis tahun 1993. Salah satu game fighting SNK yang cukup sukses kala itu. Nama Kim Dragon diartikan sebagai Naga Emas, menjadi karakter asal Cina yang bisa kamu gunakan. Sosok tampilan Kim Dragon sangat mirip dengan karakter Bruce Lee di filmnya, hanya memakai celana coklat panjang. Selain itu, Kim juga memiliki serangan pukulan cepat yang mirip dengan kemampuan Kenshiro dari manga Fist of North Star!

3

Liu Kang

tokoh anime

Di tahun yang sama, Midway Games merilis game fighting berjudul Mortal Kombat. Disana ada salah satu karakter bernama Liu Kang, sosok pria asal Tiongkok yang bisa menembakan api. Diceritakan ia memakai jenis bela diri Jun Fan, nama tersebut diambil dari nama lahir Bruce Lee yaitu Lee Jun Fan. Lalu di seri Mortal Kombat 2011, jenis bela diri yang dikuasai Liu Kang berubah menjadi Jeet Kune Do.

4

Fei Long

tokoh anime

Pada tahun 1993, pihak Capcom juga membuat karakter playable baru untuk serial Street Fighter mereka bernama Fei Long yang berarti Naga Terbang. Nama tersebut diambil dari nama beken Bruce Lee, Lee Xiao Long. Fei Long ini diceritakan lahir di Hong Kong, dan memiliki gaya bela diri Jeet Kune Do, sama seperti Bruce Lee. Untuk tampilannya, jangan diragukan lagi, sama persis! Apalagi potongan rambut dan alis tebalnya.

5

Marshall Law

tokoh anime

Pada tahun 1994, Namco membuat game fighting berjudul Tekken, dan salah satu playable karakternya terinspirasi dari Bruce Lee bernama Marshall Law. Sejalan dengan perkembangan Tekken, Law memiliki latar belakang cerita yang unik, ia adalah seorang koki asal Amerika-Cina yang memiliki gaya bertarung Jeet Kune Do. Di Tekken 7, penampilan Law sedikit berbeda dengan Bruce Lee, ototnya terlihat sangat besar dan kekar, serta wajahnya juga berbeda.

Lanjut ke halaman 2…