Setelah RO 2, Kini Giliran Atlantica Online yang Tutup Layanannya

Atlantica Online Tutup

Satu minggu setelah kabar Ragnarok Online 2 tutup, kali ini Gemscool yang mengkonfirmasikan penutupan Atlantica Online. Apa alasan yang membuat Atlantica Online tutup?

Satu minggu terakhir sepertinya cukup menyedihkan bagi industri MMORPG PC di Indonesia. Baru genap satu minggu setelah Lyto mengumumkan bahwa mereka menutup layanan Ragnarok Online 2 Indonesia dan memindahkan para pemainnya ke server internasional, kabar buruk kali ini datang dari salah satu publisher papan atas Indonesia lainnya, Gemscool. Hari ini, Gemscool mengkonfirmasikan bahwa salah satu game mereka yang sudah cukup lama mengudara di Indonesia, Atlantica Online tutup layanannya.

Hal ini disampaikan oleh Gemscool melalui fanpage dan forum resmi mereka. Dalam pernyataan resmi tersebut, Gemscool mengungkapkan bahwa keputusan menutup layanan Atlantica Online Indonesia ini adalah murni kesepakatan kedua belah pihak, baik Gemscool selaku publisher game ini di Indonesia, maupun Nexon dan NDOORS selaku developer.

Berikut adalah kutipan pernyataan resmi dari Gemscool

“Terima kasih telah berkelana di dunia Atlantis dan membuat kenangan yang indah bersama kami selama 6 tahun terakhir. Kami sangat bersyukur boleh mendapatkan kesempatan untuk melayani dan bertualang bersama Atlantians sehingga sangatlah sulit bagi kami untuk menyampaikan berita ini.

Layanan Atlantica Online yang telah berjalan dari 21 Juni 2010 oleh Gemscool akan dihentikan dikarenakan penilaian kedua belah pihak Publisher dan Developer bahwa Service Atlantica Online di Indonesia tidak dapat bertahan”

atlantica online tutup

Sayangnya, kedua belah pihak tidak mengkonfirmasikan apa yang membuat mereka mengakhiri game yang sudah enam tahun membuka layanan di Indonesia ini. Namun menurut pengamatan kami, salah satu hal yang mempengaruhi penutupan layanan Atlantica Online ini adalah adanya bug yang tidak dibenahi oleh developer, terutama bug yang mempengaruhi beberapa fitur game seperti menempa senjata dan ekonomi (jual beli). Celah ini akhirnya dimanfaatkan beberapa pemain “nakal” untuk menggunakan cheat, dan membuat kacau mata uang di dalam game karena mengalami inflasi. Karena cheat merajalela, banyak pemain yang akhirnya meninggalkan game ini, dan membuat developer dan publisher memutuskan untuk menghentikan layanannya.

CBT Kedua Tree of Savior Indonesia Segera Digelar, Kini TANPA Beta Key!

CBT kedua Tree of Savior akan segera bergulir, dan kini TANPA menggunakan Beta Key. Yap, semua orang kini bisa bermain tanpa terkecuali!
Baca Juga

Kapan layanan Atlantica Online tutup? Gemscool memberikan jangka waktu tiga bulan dari sekarang sebelum mereka menutup layanan game ini sepenuhnya, alias hingga 20 Juli 2016 mendatang. Setelah lewat tanggal tersebut, seluruh layanan game ini akan berhenti, termasuk website resmi dan juga forumnya. Terhitung juga mulai 20 April 2016, layanan Atlantica Online berubah menjadi free to play, termasuk juga menghapus item mall-nya.

Sebagai kompensasi penutupan layanan game ini, Gemscool pun memberikan beberapa insentif menarik bagi gamer yang akan “berpindah” memainkan Tree of Savior. Yap, dalam minggu ini Gemscool akan mulai menggelar fase CBT dari Tree of Savior, dan bagi para gamer Atlantica Online yang memainkannya, Gemscool sudah menyiapkan hadiah G-Cash dan item-item menarik. Kamu bisa membaca informasi lebih detail di pernyataan resmi Gemscool.

Selamat jalan Atlantica Online Indonesia…


SHARE
Previous articleWillem Dafoe Menyusul J.K. Simmons ke Justice League!
Next articleMengenal Steller, Media Sosial yang Lagi Nge-Hits di Kalangan Anak Gaul
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.